Comscore Tracker

600 Atlet dari 22 Negara Telah Daftar Triathlon Ironman di Lombok 

Jumlah peserta ditargetkan 1.000 orang

Mataram, IDN Times - Sebanyak 600 atlet atau peserta telah mendaftar kejuaraan dunia triathlon Ironman 70.3 yang akan digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 8 Oktober mendatang. Sebanyak 600 peserta yang telah mendaftar berasal dari dalam dan luar negeri.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Yusron Hadi yang dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Senin (15/8/2022) menyebutkan sebanyak 600 peserta yang telah mendaftar berasal dari 22 negara, termasuk Indonesia. Ditargetkan jumlah peserta yang ikut kejuaraan dunia triathlon Ironman 70.3 Lombok Series ini sebanyak 1.000 orang.

"Atlet triathlon dari 22 negara sudah daftar. Kisaran 600 orang sudah daftar baik dari peserta mancanegara maupun dalam negeri," kata Yusron.

1. Dipusatkan di Senggigi Lombok Barat

600 Atlet dari 22 Negara Telah Daftar Triathlon Ironman di Lombok Pantai Senggigi. (dok. Dinas Pariwisata Lombok Barat)

Kejuaraan dunia triathlon Ironman 70.3 Lombok Series akan dipusatkan di Hotel Holiday Resort, kawasan pariwisata Senggigi, Lombok Barat. Yusron menjelaskan pihaknya sudah melakukan pengecekan lokasi.

Menurutnya, perlu ada lahan untuk area transisi di lokasi kejuaraan triathlon Ironman tersebut. Seperti area transisi dari renang ke sepeda dan lari yang berada di sebelah utara Hotel Holiday Resort Senggigi.

Kejuaraan dunia triathlon Ironman 70.3 merupakam event sport tourism yang kembali digelar setelah balap Motocross Grand Prix (MXGP) Samota lada Juni lalu. "Kini Ironman 70.3 hadir untuk yang pertama 8 Oktober 2022," terangnya.

Baca Juga: Sebelum WSBK 2022, Sirkuit Mandalika akan Diperbaiki dan Dipercantik 

2. Diharapkan memberikan dampak untuk pariwisata NTB

600 Atlet dari 22 Negara Telah Daftar Triathlon Ironman di Lombok Kepala Dispar NTB Yusron Hadi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Yusron berharap event ini akan terselenggara dengan aman dan sukses serta memberikan dampak yang besar untuk pariwisata NTB. Diharapkan melalui event ini akan memberikan dampak meningkatnya kunjungan wisatawan ke NTB.

"Besar harapan kami setelah event ini berlangsung para peserta akan memperpanjang waktu untuk menetap berlibur dan menikmati panorama keindahan Pulau Lombok,” harapnya.

Dengan adanya event sport tourism, diharapkan ke depan mampu menghadirkan wisatawan dalam jumlah yang besar. Serta tetap menjadi etalase pengembangan ekonomi kreatif dan geliat ekonomi masyarakat. Sehingga kegiatan pariwisata berdampak ke berbagai sektor lainnya.

3. Rute kejuaraan triathlon Lombok series

600 Atlet dari 22 Negara Telah Daftar Triathlon Ironman di Lombok Nethafani Octaria berhasil menjadi juara pertama nasional Indonesia Triathlon Series (ITS) 2020 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kegiatan ini akan dipusatkan di Hotel Holiday Resort yang berlokasi di Lombok Barat. Peserta akan berenang sejauh 1,9 Km dari pantai depan Hotel Holiday Resort selama satu putaran.

Selanjutnya akan bersepeda sepanjang 90,1 Km melalui jalur Senggigi menuju Kota Mataram hingga jalan bypass menuju Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) dan kembali ke Holiday Resort. Terakhir peserta akan berlari sepanjang 21,1 Km di sepanjang Jalan Senggigi.

Baca Juga: Balap MXGP 2023 Berpeluang Digelar di Kota Mataram 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya