1.200 Kru dan Pembalap MXGP Akan Menginap di Samota

Sebanyak 12.663 kamar penginapan tersedia di Pulau Sumbawa

Mataram, IDN Times - Sebanyak 1.200 kru dan pembalap Motocross Grand Prix (MXGP) direncanakan akan hadir di Samota Kabupaten Sumbawa Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 24 - 26 Juni mendatang. Enam hotel yang berada di Kota Sumbawa Besar dan sekitar lokasi sirkuit telah dipesan untuk lokasi menginap seribuan kru dan pembalap MXGP.

"Sementara ini ada 6 hotel yang di-booking oleh panitia untuk menampung para kru dan pembalap tersebut," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB Yusron Hadi dikonfirmasi di Mataram, Jumat (15/4/2022).

1. Hotel di Pulau Moyo tidak digunakan kru dan pembalap

1.200 Kru dan Pembalap MXGP Akan Menginap di SamotaPulau Moyo (instagram.com/imilaaaa_)

Yusron mengatakan hotel atau penginapan yang ada di Pulau Moyo tidak digunakan oleh kru dan pembalap MXGP. Tetapi kru dan pembalap akan menggunakan hotel atau penginapan yang berada di Kota Sumbawa Besar dan sekitar area sirkuit MXGP Samota.

Ia menyebutkan hotel-hotel yang sudah dipesan untuk lokasi penginapan para kru dan pembalap MXGP Samota. Antara lain, Hotel Grand Samota, Hotel Grand Samawa, Hotel Seaside Sumbawa, Hotel Transit, Hotel 99 Sumbawa.

"Hotel yang di sekitar arena sirkuit dan Kota Sumbawa Besar saja. Kalau hotel di Moyo tidak dipakai oleh kru dan pembalap," kata Yusron. 

Baca Juga: Bangga! Hafiz Asal NTB Wakili Indonesia ke MTQ Internasional Amerika 

2. Jumlah akomodasi di Pulau Sumbawa 12.663 kamar

1.200 Kru dan Pembalap MXGP Akan Menginap di SamotaCamping ground yang dibangun Bobobox kerja sama dengan Eiger di Kawasan Beach Park Kuta Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Yusron menyebutkan jumlah akomodasi di Pulau Sumbawa berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan sebanyak 12.663 kamar. Akomodasi tersebut tersebar di 5 kabupaten/kota yang berada di Pulau Sumbawa.

Antara lain, Kabupaten Sumbawa 11.148 kamar, Sumbawa Barat 425 kamar, Dompu 356 kamar, Bima 74 kamar, dan Kota Bima 660 kamar. Sebanyak 12.663 kamar penginapan yang tersedia terdiri dari hotel bintang 1.157 kamar, hotel melati 968 kamar, homestay 284 kamar, bungalow 54 kamar, rumah warga 700 kamar dan 9.500 camping ground.

3. Perhelatan MXGP bertepatan dengan Festival Moyo

1.200 Kru dan Pembalap MXGP Akan Menginap di SamotaPacuan Kuda. (Dok. Pordasi).

Yusron menyatakan dalam menyukseskan MXGP Samota, pihaknya akan memfasilitasi dari sisi atraksi dan seni budaya lokal setempat. Kebetulan, kata Yusron, perhelatan MXGP Samota hampir bersamaan dengan Festival Moyo.

Festival Moyo sendiri akan digelar pada 21 Juni, sedangkan MXGP Samota pada 24 - 26 Juni 2022. "Jadi event ini akan menyambung, sehingga nanti akan ada atraksi misalkan Balapan Kebo, eksibisi pacuan kuda, pentas seni budaya, balapan sampan dan pameran desa wisata," ucapnya.

Nantinya, kata Yusron, juga akan dibuat paket wisata bagi para penonton MXGP Samota. Karena di kawasan Samota ada destinasi wisata atraksi ikan hiu paus.

Baca Juga: Tiket MXGP Samota Segera Dijual, Ini Bocoran Harganya 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya