100 Peserta Ikuti IDN Times Virtual Campus Roadshow di UM Mataram

Milenial NTB diajak bergabung dalam IDN Times Community

Mataram, IDN Times – Sebanyak 100 peserta yang merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Mataram mengikuti kegiatan IDN Times Virtual Campus Roadshow 2022. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting pada Kamis (20/1/2022).

IDN Times Virtual Campus Roadshow ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa tentang Community Writer IDN Times. Selain itu, para peserta juga mendapatkan informasi dan dan kiat-kiat menulis dari Community Manager IDN Times.

Ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di kampus yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Harapannya, semakin banyak anak muda NTB yang mau menulis ide-ide kreatifnya.  

1. Sebagai wadah promosikan NTB

100 Peserta Ikuti IDN Times Virtual Campus Roadshow di UM MataramIDN Times Virtual Campus Roadshow 2022 yang diselenggarakan bersama Universitas Muhammadiyah Mataram pada Kamis (20/1/2022). (IDN Times/Dyah)

Setiap penulis yang tergabung dalam community writer IDN Times dapat melakukan submit artikelnya kapan saja dengan jumlah tak terbatas. Ini menjadi kesempatan yang baik bagi setiap peserta untuk bisa mengirim sebanyak-banyaknya artikel yang ditulis.

“Ini adalah ajang yang strategis untuk milenial di NTB untuk mempromosikan apa yang menarik. Apakah budaya, food, kuliner, pariwisata dan sebagainya. Kalian bisa membanjiri ranah internet kita dengan artikel yang berkaitan dengan NTB,” kata Editor in Chief IDN Times, Uni Lubis, Kamis (20/1/2022).

Uni mengatakan bahwa Provinsi NTB memiliki peluang untuk mendunia. Apalagi dalam waktu dekat akan ada gelaran kejuaraan dunia Motorcycle Grand Prix (MotoGP) di Sirkuit Pertamina Mandalika. Para penulis muda NTB dapat mengambil kesempatan ini untuk menulis sebanyak-banyaknya tentang Provinsi NTB.

“NTB akan menjadi tuan rumah yang paling top sedunia. Sehingga, mulai besok mulailah menulis,” ujarnya.

Uni juga mengapresiasi Universitas Muhammadiyah Mataram yang menjadi kampus pertama di NTB pada kegiatan IDN Times Virtual Campus Roadshow tahun ini. Dia berharap kolaborasi ini dapat terjalin dengan baik. Sehingga tercipta penulis-penulis milenial andal dari Universitas Muhammadiyah Mataram.

Baca Juga: SK Terbit Akhir Februari, 385 Pelamar Lulus Jadi CPNS Pemprov NTB  

2. Bergabung menjadi community writer

100 Peserta Ikuti IDN Times Virtual Campus Roadshow di UM MataramIDN Times Virtual Campus Roadshow 2022 yang diselenggarakan bersama Universitas Muhammadiyah Mataram pada Kamis (20/1/2022). (IDN Times/Dyah)

Para peserta diajak untuk bergabung menjadi community writer. Mereka diarahkan bagaimana penulisan yang sesuai dengan kriteria dan style IDN Times. Para peserta juga diajarkan cara agar artikel yang di-submit bisa terpilih untuk diterbitkan di website IDN Times.

“Teruslah berlatih menulis. Kalau ditolak satu kali, jangan cepat menyerah. Coba lagi, belajar lagi. Ajak temannya untuk membaca tulisannya, minta masukan dari mereka,” kata Community Manager IDN Times, Ernia Karina, Kamis (20/1/2022).

Ernia juga memberikan informasi tentang contoh penulisan yang menarik perhatian pembaca. Selain itu, para peserta juga diberikan tips dan trik menulis dan membuat artikel menjadi tulisan yang unik dan menarik.

Selama kegiatan berlangsung, beberapa peserta memberikan pertanyaan yang dijawab secara langsung oleh Ernia. Para peserta menunjukkan antusiasmenya pada kegiatan yang bertajuk Write and Publish ini.

Jika ingin bergabung menjadi bagian dari community writer IDN Times di NTB, bisa melalui link berikut https://bit.ly/WAGIDNTimesNTB

3. Pihak kampus memberikan apresiasi

100 Peserta Ikuti IDN Times Virtual Campus Roadshow di UM MataramIDN Times Virtual Campus Roadshow 2022 yang diselenggarakan bersama Universitas Muhammadiyah Mataram pada Kamis (20/1/2022). (IDN Times/Dyah)

Kegiatan ini dipandu oleh Kepala UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram, Iskandar, S.Sos, M.A. Hadir pula Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian dan Publikasi Universitas Muhammadiyah Mataram H. Syahril Idris, MA, Ph.D yang memberikan sambutan.

Syahril sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh IDN Times ini. Menurutnya, ini merupakan kesempatan yang baik bagi semua mahasiswa dan dosen untuk bisa mempublikasikan artikelnya. Bagi Syahril, menulis adalah sebuah keharusan bagi akademisi maupun mahasiswa.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Mudah-mudahan kerja sama ini langgeng dan mahasiswa dan dosen yang mau menulis bisa publikasi artikelnya di IDN Times nantinya,” ujarnya.

Syahril menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim IDN Times yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Dia berharap kegiatan ini bukan yang terakhir kalinya dilakukan di kampus Muhammadiyah Mataram.

Baca Juga: Gerakan Multipihak, Penduduk Miskin di NTB Turun 11.360 Orang 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya