Comscore Tracker

Banjir Rob Rendam Bandara SMS Bima, Penumpang ke Pesawat Pakai Bus

Rob genangi bandara selama satu jam

Bima, IDN Times- Banjir pesisir atau banjir rob tidak hanya menggenangi pemukiman warga di Kota Bima, tapi juga objek vital seperti bandara di Kabupaten Bima, Senin (13/6/2022). Bandara Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima sempat terendam banjir selama satu jam sehingga penumpang diangkut menggunakan bus menuju pesawat.

Pada video yang beredar yang diunggah pada akun Facebook Sirnawa Ibrahim, terlihat ketinggian air mencapai hingga lutut orang dewasa. Sejumlah orang yang diperkirakan penumpang, terlihat melipat celana panjang mereka ketika menerobos genangan rob. 

1. Banjir rob genangi sisi landasan dan sisi utara terminal

Banjir Rob Rendam Bandara SMS Bima, Penumpang ke Pesawat Pakai BusIlustrasi masyarakat melakukan perjalanan luar kota (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Kepala Bandara SMS Bima, I Kadek Sastrawan yang dikonfirmasi, Senin malam (13/6/2022) membenarkan kejadian tersebut. Banjir rob kali ini diakui menggenangi sisi landasan dan sisi utara terminal bandara.

"Iya, air laut pasang melebihi tinggi biasanya," jawab pria yang akrab disapa Kadek ini. 

Meski demikian, persoalan itu dapat teratasi dengan cepat. Sebab genangan banjir rob hanya berlangsung satu jam saja. Sehingga aktivitas di bandara kembali normal.

Baca Juga: Permudah Akses, Tiket MXGP Samota Dijual di 3.000 Titik 

2. Bandara Digenangi sekitar satu jam

Banjir Rob Rendam Bandara SMS Bima, Penumpang ke Pesawat Pakai BusIlustrasi gelombang tinggi (IDN Times/Mardya Shakti)

Kadek mengatakan bahwa banjir rob menggenangi bandara sekitar satu jam lamanya, mulai pukul 10.00 WITA hingga pukul 11.00 WITA. Meski demikian, proses penerbangan tidak terganggu. Proses penurunan dan menaikkan penumpang berlangsung lancar.

"Kita naikkan dan turunkan penumpang menggunakan bus bandara," jelas dia.

Para penumpang juga diyakini memaklumi musibah itu. Mereka diantar menggunakan bus menuju pintu kedatangan penumpang.

3. Antisipasi rob susulan

Banjir Rob Rendam Bandara SMS Bima, Penumpang ke Pesawat Pakai BusIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Mengantisipasi kemungkinan adanya rob beberapa hari kedepan, sejauh ini pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya menyiapkan bus untuk mengangkut penumpang dari terminal menuju pesawat. 

Selain itu juga jalan keluar air dipastikan lancar. Dengan demikian jika ada genangan atau banjir rob susulan, bisa cepat surut.

"Kami belum bisa pastikan untuk besok. Semoga tidak terlalu tinggi," harap Kadek.

Baca Juga: Hafiz Asal NTB Berangkat Ikuti MTQ Internasional di AS

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya