Postingan Gubernur NTB di Akun Medsos Tuai Kritik Warganet

Gubenur berdalih karena isinya bagus

Mataram, IDN Times - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr H Zulkieflimansyah memposting jepretan foto tentang hewan cheetah dan impala  di akun media sosial Facebook, Kamis (23/12/2021). Postingan gubernur berbarengan dengan perayaan Hari Ibu yang jatuh pada Rabu 22 Desember 2021 lalu. 

Dalam postingan itu tampak segerombolan hewan predator cheetah sedang memangsa impala malang ini. 

"Foto ini berhasil memenangkan award untuk kategori best foto dekade tahunan di Jepang," tulis Gubernur Zul dalam postingannya tersebut. 

1. Diposting di Facebook pribadinya

Postingan Gubernur NTB di Akun Medsos Tuai Kritik WarganetFoto yang diunggah Gubenur di Facebook pribadinya/dok. Alison Buttigieg

Zul memang memposting tiga ekor cheetah memangsa seekor induk impala. Hewan mamalia ini tenang tenang meskipun para cheetah berusaha keras untuk memangsanya.

Disebutkan pula, bahwa foto tersebut hasil jepretan fotografer terkenal asal Kanada. Dalam caption postingan, ia menceritakan cerita di balik foto itu. 

"Rusa yang Anda lihat adalah seekor rusa betina yang memberikan dirinya mati dimakan cheetah," tulis Zul.

Baca Juga: Intip Gaya Santai Gubernur NTB Naik Motor ke Kebunnya di Sumbawa

2. Zul tulis caption foto untuk hari ibu

Postingan Gubernur NTB di Akun Medsos Tuai Kritik WarganetIDN Times/Sukma Shakti

Selain itu, Zul juga menuliskan bahwa sebenarnya cheetah tersebut mengincar kedua anak rusa. Sadar akan bahaya tersebut, sang induk pun mengorbankan nyawanya sendiri agar anak-anaknya punya kesempatan kabur menyelamatkan diri. 

"Agar fokus cheetah tertuju padanya sehingga kedua anaknya bisa lolos," lagi-lagi tulis Zul.

Si induk rusa ini, menurut Zul tak terlihat sedikit pun melawan dengan mengorbankan dirinya dimangsa.  

"Si induk rusa hanya terlihat tenang sambil matanya terus mengawasi kedua anaknya yang terus berlari meninggalkannya," kata Zul

"Kasih Ibu sepanjang jalan, kasih anak sebatas galah...." tulisnya.

3. Warganet beri klarifikasi

Postingan Gubernur NTB di Akun Medsos Tuai Kritik WarganetFoto yang diunggah Gubenur di Facebook pribadinya/dok. Alison Buttigieg

Alih-alih memperoleh simpati, postingan Gubernur Zul memperoleh respons dari banyak pihak. Salah satunya, pemilik akun Rizky Regina Kawirian memberikan klarifikasi terkait caption dan foto yang diunggah Gubenur NTB di Facebook pribadinya.

"...mohon maaf ini pak, saya memahami yg ingin disampaikan terkait dengan pengorbanan seorang ibu. Tapi ijin mengkoreksi, foto diatas mmg benar, tpi maaf ceritanya tidak sesuai dgn kenyataan yang ingin di sampaikan oleh photographernya Allison Buttigieg, dan sdh d klarifikasi di tahun 2017 di banyak media," komentar Rizky.

Ia pun meminta agar foto yang diunggah Gubernur NTB untuk segera dikoreksi agar data fotonya sesuai.

Setelah diunggah dan sempat tuai ragam komentar, Gubernur NTB  Zulkieflimansyah memberi klarifikasi terkait unggahannya itu.

Kepada jurnalis IDN Times, ia sengaja memposting foto tiga ekor cheetah dan impala itu karena menilai isinya bagus.

"Ya saya cuma share saja karena isinya bagus," katanya.

"Pesannya bagus menurut saya," imbuhnya. 

Dikutip laman http://www.alisonbuttigieg.com/cheetahkill/ Alison Buttigieg menjelaskan bahwa foto jepretannya tersebut diambil di Maasai Mara Kenya pada bulan September 2013 silam. 

Faktanya si induk cheetah, sedang mengajari anak-anaknya cara membunuh mangsa. 

Alih-alih membunuh mangsanya, anak-anak cheetah ini malah bermain-main dengan buruan ini. 

"Anak-anak cheetah itu berlatih beberapa keterampilan seperti menerkam dan tersandung yang mereka dapatkan dengan benar, tetapi mereka tampaknya tidak bisa mendapatkan cara mencekik impala secara efektif," tulis Alison.

Baca Juga: Dikes: Kesadaran Warga NTB Memilah dan Membuang Sampah Masih Rendah

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya