Patung Jokowi Naik Motor Kawasaki W175 Akhirnya Dipasang di Mandalika

Gubernur Zul harap sebagai spot swafoto warga

Lombok Tengah, IDN Times - Patung atau Artwork Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo akhirnya dipasang pada Minggu (13/3/2022) setelah tiba di Sirkuit Mandalika pada Rabu (23/2/2022) lalu. 

Patung sebarat 3 ton itu secara resmi dipasang Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Dr H Zulkieflimansyah bersama Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri Minggu pagi, sekitar 07:00 WITA di depan pintu masuk Sirkuit Mandalika. 

1. Sebagai lokasi swafoto warga

Patung Jokowi Naik Motor Kawasaki  W175 Akhirnya Dipasang di MandalikaGubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah selfie di depan Patung Jokowi IDN Times/Ahmad Viqi

Gubernur Zul mengatakan, dengan dipasangnya patung Jokowi naik Kawasaki di depan Sirkuit Mandalika dipercaya menjadi pembangkit perekonomian warga. 

"Seperti saya katakan tadi sekarang ekonomi itu driven by selfie-selfie. Jadi perlu ada lokasi favorit untuk selfie," ujar Zul.

Gubernur juga mengaku patung Presiden Jokowi naik motor di Mandalika dipercaya akan menjadi lokasi swafoto favorit seluruh penonton yang menyaksikan event MotoGP di Sirkuit Mandalika tanggal 18-20 Maret 2022 nanti.

Baca Juga: Diangkut Dua Pesawat, Sparepart Motor Rider MotoGP Tiba di Mandalika

2. Tingkatkan jumlah kunjungan

Patung Jokowi Naik Motor Kawasaki  W175 Akhirnya Dipasang di MandalikaDua pegawai di Sirkuit Mandalika Selfi fi depan Patung Jokowi IDN Times/Ahmad Viqi

Pembuat Patung Jokowi melalui Juru Bicara Djuki Ridwan di Sirkuit Mandalika, Nuartha mengaku bangga karya Patung Jokowi dipajang di depan Sirkuit Mandalika. Nuarta juga mengaku, dengan adanya pemasangan Patung Jokowi itu bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke Lombok.

"Gak ada maksud lain selain membangun Lombok menjadi pulau Internasional," ujar Nuartha. 

Nuartha juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTB serta Bupati Lombok Tengah, Kementerian PUPR dan PT PP yang telah menyaksikan pemasangan Patung Motor RI 1 di depan Sirkuit Mandalika.

"Semoga bisa menjadi ikon baru di Mandalika. Harapannya Mandalika bisa mendunia menjadi salah satu destinasi pariwisata Indonesia," kata Nuartha.

3. Bupati pastikan tidak ada penolakan pemasangan Patung Jokowi

Patung Jokowi Naik Motor Kawasaki  W175 Akhirnya Dipasang di MandalikaBupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri IDN Times/Ahmad Viqi

Bupati Lombok Tengah H Pathul Bahri memastikan tidak ada penolakan terkait pemasangan Artwork Presiden Jokowi naik Kawasaki saat meresmikan Sirkuit Mandalika pada tanggal 12 November 2021 lalu. Pathul mengaku tidak ada lagi persoalan isu penolakan pemasangan patung Jokowi di Mandalika.

"Kami pastikan tidak ada masalah itu. Ini murni karya seni anak bangsa," kata Pathul.

Bersama Forum Koordinasi Perangkat Daerah Lombok Tengah ujar Pathul semua tokoh agama, tokoh masyarakat telah dikoordinasikan terkait pemasangan Patung Presiden Republik di Mandalika.

"Kami pastikan tidak ada yang menolak tidak ada persoalan dan tidak lebih dari karya seni anak bangsa," lagi-lagi pungkas Pathul. 

4. Warga merasa bangga

Patung Jokowi Naik Motor Kawasaki  W175 Akhirnya Dipasang di MandalikaGubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah ramai ramai selfie bareng warga dan pekerja di depan patung Jokowi IDN Times/Ahmad Viqi

Salah satu warga yang bermukim di Dusun Daye Desa Kuta Mandalika Alus Darmiah mengaku bangga dengan adanya Patung Jokowi di depan Sirkuit Mandalika. Dia mengaku, adanya patung Presiden RI itu akan mampu mendatangkan jumlah wisatawan yang datang ke Mandalika. 

Disoal adanya isu penolakan Patung Jokowi di Sirkuit Mandalika, Alus pun mengaku tidak mengetahui apa landasan adanya isu tersebut. "Kami percaya ini hanya sebuah seni. Kami percaya ini hanya sebagai replika saja," kata Alus 

Warga yang tinggal di depan Sirkuit Mandalika itu percaya adanya Patung Jokowi akan berdampak bagus pada jumlah kunjungan wisatawan ke Lombok, khususnya ke Sirkuit Mandalika.

"Semoga kami kebagian dampak secara ekonomi. Ini atas nama cuan saja," pungkas Alus. 

Baca Juga: Demi Foya-foya, Seorang Remaja di Lombok 10 Kali Curi Kotak Amal

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya