Dapat Grade A, Dorna dan Rider Beri Catatan untuk Sirkuit Mandalika

Ini beberapa hal yang masih perlu diperhatikan di sirkuit

Lombok Tengah, IDN Times – Sirkuit Pertamina Mandalika kini mendapat predikat grade A. Secara aturan, sirkuit kebanggaan Indonesia yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ini bisa menggelar event MotoGP, Superbike World Championship dan Idemitsu Asian Talent Cup.

Kendati diberikan nilai A, pihak Dorna Sport dan FIM tetap memberikan beberapa catatan. Termasuk catatan-catatan dari para pembalap yang mengaspal di sirkuit itu.

1. Bisa gelar MotoGP

Dapat Grade A, Dorna dan Rider Beri Catatan untuk Sirkuit MandalikaKondisi kesiapan lintasan Sirkuit Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association Priandhi Satria mengatakan proses homologasi yang dilakukan Pihak Dorna Sport dan FIM berlangsung alot sebelum free practice dimulai pada Jumat (18/3/2022) kemarin.

Proses homologasi Sirkuit Mandalika, ujar Priandhi, dihadiri langsung oleh Clerk of Course, perwakilan IMI, Race Director Mike Webbs, Managing Director Dorna, Carlos Ezpeleta dan Safety Advisor Dorna Loris Capirossi.

“Mereka mendiskusikan mengenai masukan para pembalap mengenai kondisi lintasan. Sebelum race dimulai,” kata Priandhi, Sabtu (19/3/2022).

Baca Juga: 300 UMKM Raup Rp1,2 Miliar Hari Pertama MotoGP, ini yang Paling Laris!

2. Pertamina Grand Prix siap digelar di Mandalika

Dapat Grade A, Dorna dan Rider Beri Catatan untuk Sirkuit MandalikaPembalap LCR Honda Takaaki Nakagami mengendarai sepeda motor menuju garasi tim saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Menurut Priandhi, lolosnya Sirkuit Mandalika menjadi grade A tidak lepas dari kontribusi semua pihak yang bekerja membahu pembangunan Sirkuit Mandalika.

MGPA pun berterima kasih kepada berbagai pihak atas nilai homologasi A yang diberikan FIM. Terkhusus, mereka berterima kasih pada Marsekal (Purn.) Hadi Tjahjanto selaku komandan lapangan.

"Tentu ini tidak lepas dari dukungan Pak Hadi Tjahjanto sebagai komandan lapangan, kementerian-kementerian terkait, semua pihak, agar kita bisa melakukan ajang ini Sabtu dan Minggu," ujar Priandhi.

3. Ada catatan khusus

Dapat Grade A, Dorna dan Rider Beri Catatan untuk Sirkuit MandalikaMarca

Menurut Priandhi, kondisi lintasan Sirkuit Mandalika yang baru memiliki daya cengkraman, dan kelengketan ban para rider terbilang bagus.

“Walupun ada friksi itu tidak masalah. Para rider merasa lebih nyaman dengan permukaan lintasan yang baru,” tegasnya.

Priandhi pun mengaku Dorna dan FIM bersama rider MotoGP memberikan catatan khusus untuk lintasan sepanjang 4,3 kilometer tersebut.

Catatan dari Dorna meminta agar kondisi gravel di semua sisi lintasan Sirkuit Mandalika untuk diperhalus. Dari masukan pembalap meminta agar pagar di depan paddock  dibesarkan.

“Mereka juga minta perbaikan sisi pengecatan garis menuju pit in poin out. Dan ada yang seperti masih ada lubang di pagar untuk memasang kamera untuk Dorna,” pungkasnya.

Baca Juga: Mario Aji Masuk Lima Besar Sesi Ke-3 Free Practice Moto3 di Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya