Comscore Tracker

4.077 Kamar Hotel di Kota Mataram Siap Sambut Tamu MotoGP 2022

Kamar tersedia mulai dari homestay hingga hotel berbintang

Mataram, IDN Times - Hotel-hotel di Kota Mataram siap menyambut para tamu event MotoGP yang akan diselenggarakan di Sirkuit Pertamina Mandalika Maret 2022 mendatang. Sejumlah atraksi juga akan dipersiapkan untuk membuat tamu yang datang menjadi betah.

Sejumlah kamar hotel yang ada di Kota Mataram pada umumnya sudah siap untuk menyambut kedatangan tamu MotoGP 2022. Sebanyak 4.077 kamar sudah tersedia di Kota Mataram. Sebab diperkirakan jumlah kamar hotel dan homestay yang ada di Mandalika tidak akan cukup untuk menampung banyaknya wisatawan atau penonton yang datang saat event balap kelas dunia itu berlangsung.

1. Kamar bintang tiga disiapkan

4.077 Kamar Hotel di Kota Mataram Siap Sambut Tamu MotoGP 2022Ilustrasi hotel. (Instagram/@grandcandismg).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H Nizar Denny Cahyadi mengatakan, pemerintah Kota Mataram telah siap menyambut para tamu event MotoGP. Pada saat event World Superbike (WSBK) 2021, ribuan kamar hotel di Kota Mataram diklaim terisi.

"Sekarang masih dipakai 1.177 untuk antisipasi penanganan pasien COVID-19," ujar Denny di Mataram, Kamis (2/12/2021).

Dari 4.077 kamar yang tersedia, kata Denny, di antaranya kamar homestay, kelas melati hingga bintang tiga. Semuanya dikatakan layak untuk dijadikan tempat menginap bagi tamu MotoGP. Harganya juga relatif terjangkau.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Akan Dipakai untuk MotoGP, WSBK dan IATC Tahun 2022

2. Kamar melati terisi 20 persen saat event WSBK

4.077 Kamar Hotel di Kota Mataram Siap Sambut Tamu MotoGP 2022Plaza Hotel Lombok di Mataram/dok. Instagram lombokflazahotel

Denny mengaku, saat event WSBK tanggal 19 hingga 21 November 2021  hanya 2.000 kamar hotel terisi. Sesuai hasil evaluasi Pemkot Mataram kata dia, banyak kamar hotel non bintang hingga melati masih kosong. 

"Sekarang kita akan genjot untuk MotoGP. Bintang 3 ke atas pasti terisi semua," katanya.

Selama event WSBK sekitar 20 persen kamar, baik dari homestay hingga melati terisi 20 persen saja.

"Kita juga siapkan fasilitas. Saya kira fasilitas kita sudah bagus-bagus," jelasnya.

3. Penonton ditargetkan sebanyak 150.000 orang

4.077 Kamar Hotel di Kota Mataram Siap Sambut Tamu MotoGP 2022ilustrasi balapan MotoGP (motogp.com)

Sebelumnya, pemerintah Provinsi NTB menargetkan jumlah penonton untuk event balap motor paling bergengsi kelas Internasional ini capai 150.000 orang. Dari data yang diterima IDN Times, jumlah penonton untuk event WSBK dan IATC di Sirkuit Pertamina Mandalika hanya mencapai 20.000 penonton.

"Kita harapkan Mataram bisa kena dampak untuk MotoGP nanti. Kita harap juga tamu-tamu banyak yang menginap di Kota Mataram," kata Denny.

Baca Juga: Pemerintah Bayar Komitmen Fee Rp143 Miliar ke Dorna untuk MotoGP

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya