Comscore Tracker

Melihat Semarak Perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di NTB

Yuk intip euforia perayaan HUT RI di NTB!

17 Agustus merupakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang setiap tahunnya dirayakan oleh bangsa Indonesia dengan beragam cara. Di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), HUT kemerdekaan Republik Indonesia disambut dan dirayakan dengan berbagai acara dan perlombaan yang digelar mulai dari Pemerintah Daerah hingga masyarakat umum.

Seperti apa semarak perayaan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun 2022 di Provinsi NTB? Berikut rangkumannya!

1. Kompak Kenakan Pakaian Adat pada Upacara HUT ke-77 RI di NTB

Melihat Semarak Perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di NTBdok.pribadi/Subhannur

Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia ke 77 di Provinsi NTB dilaksanakan di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Tampak Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah serta seluruh jajaran Forkopimda dan Kepala OPD hingga instansi/lembaga Provinsi NTB kompak mengenakan pakaian adat.

2. Peluncuran Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan di NTB

Melihat Semarak Perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di NTBdok.pribadi/Subhannur

Usai melaksanakan upacara bendera, Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr.H.Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc meluncurkan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GN-PIP) di Provinsi NTB pada Rabu, 17 Agustus 2022 sebagai rangkaian kegiatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 yang ditandai dengan penekanan tombol sirine.

GN-PIP meliputi 4 aksi nyata yakni:

1. Deklarasi komitmen bersama pelaksanaan operasi pasar secara serentak untuk stabilisasi harga pangan.

2. Perluasan kesepakatan kerja sama perdagangan antar daerah untuk menjaga keberlangsungan pasokan dan mengurangi disparitas harga antar daerah.

3. Gerakan urban farming merdeka 77.000 bibit cabai.

4. Program sosial BI berupa pemberian sarana dan prasarana pendukung pertanian.

3. Penyerahan Bendera Merah Putih Untuk Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih

Untuk memeriahkan HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2022, dilaksanakan penyerahan 10 juta bendera merah putih yang diterima secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTB Drs. H. L. Gita Ariadi, M.Si dan diserahkan oleh Ketua DPP IKAPTK NTB Hj. BQ .Zuhar Parhi di Lapangan Bumi Gora NTB, Selasa,16 Agutus 2022 dalam rangka mendukung Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih untuk memeriahkan HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: 10 Potret Terbaru Pesona Gunung Rinjani, Surganya para Pendaki!

4. Senam Bersama di Sepanjang Jalan Pejanggik Mataram

Seluruh unsur Pemerintah Provinsi NTB bersama masyarakat NTB memadati sepanjang Jalan Penjanggik (depan Kantor Bank NTB sampai dengan Kantor BKD Provinsi NTB) dalam rangka senam bersama pada Jumat, 12 Agustus 2022.

Ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyambut dan memeriahkan HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, bersama masyarakat turut hadir Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, serta Sekertaris Daerah NTB Lalu Gita Ariadi dan Wali Kota Mataram Mohan Roliskana.

5. Bendera Merah Putih Tumpah Ruah di Sepanjang Jalan

Melihat Semarak Perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di NTBdok.pribadi/Subhannur

Bendera merah putih berkibar di sepanjang jalan kantor Gubernur NTB yang dibawa oleh masyarakat NTB dan ASN Pemerintah Provinsi NTB yang hadir tumpah ruah memadati jalan usai acara senam bersama dilaksanakan pada Jumat, 12 Agustus 2022.

Gubernur NTB dalam kesempatan tersebut mengingatkan seluruh lapisan masyarakat makna mengibarkan bendera merah putih sebagai wujud rasa syukur atas kemerdekaan yang diraih dan dinikmati saat ini merupakan hasil pengorbanan para pahlawan yang sepatutnya dipertahankan dengan menjaga persatuan dan kesatuan.

6. Ragam Perlombaan Digelar Masyarakat NTB Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 77

Melihat Semarak Perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di NTBdok.pribadi/Eka Fitriani

Sementara itu, di seluruh penjuru NTB terpantau semarak perayaan HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang diisi oleh masyarakat NTB dengan beragam perlombaan, mulai dari lomba makan kerupuk, balap sendok kelereng, tarik tambang dan sebagainya. Adapula lomba gerak jalan, pawai baris berbaris dengan gerakan yang unik, lucu dan tak biasa hingga mengundang kehebohan masyarakat.

Adapula muda-mudi di Kabupaten Lombok Timur yang pawai sambil memungut sampah. Fashion Week dalam rangka HUT ke 77 Republik Indonesia pun tak ketinggalan menyemarakkan dalam gelaran Lotim Street Fashion Week di arena CFD Selong 14 Agustus lalu.

Di Lombok Barat, bendera merah putih berkibar di Sophialousia yaitu perbatasan Lombok Barat-Australia atau Pulau Sepatang yang terletak di Dusun Panggang, Desa Buwun Mas, Sekotong. Sementara itu di bawah laut NTB, upacara bendera dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan oleh para penyelam di bawah laut Pantai Pandanan, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara.

Itulah beberapa rangkuman ragam perayaan memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh masyarakat NTB yang turut menyemarakkan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77.

Baca Juga: Melihat Potret Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Gunung Rinjani

Eka Fitriani Photo Community Writer Eka Fitriani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya