2.690 Peserta Calon PPS di Lombok Timur Ikuti Tes CAT

Pemilu 2024 KPU Lombok Timur butuh 769 anggota PPS

Lombok Timur, IDN Times - Sebanyak 2.690 peserta calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Lombok Timur mengikuti tes tulis metode Computer Assisted Test (CAT), untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2023 mendatang. Ketua KPU Lombok Timur M Junaidi menyampaikan 2.690 peserta yang mengikuti tes CAT hari ini merupakan peserta yang telah dinyatakan lulus verifikasi administrasi pekan lalu.

"Seleksi ini akan berlangsung selama empat hari kedepan, dari tanggal 9- 12 Januari," terang Junaidi saat ditemui di SMKN 1 Selong lokasi tes CAT, Senin (9/1/2023).

1. Tes CAT sebagai bentuk keterbukaan KPU kepada peserta

2.690 Peserta Calon PPS di Lombok Timur Ikuti Tes CATdokumen pribadi

Tes PPS menggunakan metode CAT ini, kata dia, sebagai bentuk keterbukaan KPU Lombok Timur terhadap para peserta dan menghindari adanya isu liar yang beredar di tengah masyarakat. Karena melalui tes ini, para peserta langsung bisa melihat nilainya masing-masing setelah ujian selesai. 

Jumlah yang mengikuti tes pada hari pertama sampai hari ke-tiga sebanyak 720 peserta. Sementara pada hari keempat akan diikuti oleh 500 lebih peserta. 

"Tahapan tes CAT ini akan menentukan nilai tertinggi termasuk perangkingan, juga berdasarkan nilai tertinggi," sebutnya.

Baca Juga: Komisi II DPRD NTB Sidak Pembangunan Kawasan Industri Hasil Tembakau

2. Lombok Timur butuh 769 anggota PPS pada Pemilu 2024

2.690 Peserta Calon PPS di Lombok Timur Ikuti Tes CATdokumen pribadi

Kebutuhan anggota PPS di masing-masing desa di sebanyak 3 orang anggota, sehingga dari 254 desa yangvada total kebutuhan anggota PPS di Lombok Timur sebanyak 765 orang.

"Jumlah desa/kelurahan di Lombok Timur sebanyak 254, jadi tinggal dikalikan saja 3x254.  Maka jumlah itu yang akan menjadi kebutuhan kita untuk Pemilu 2024 mendatang," ujarnya.

Dikatakannya, seleksi CAT ini tidak ada keterikatan antara tes-tes yang lain. Tes CAT ini iuga bukan penentu kelulusan, namun masih ada tahap yang harus dilalui oleh para peserta sebelum resmi ditetapkan sebagai anggota PPS di masing-masing desa.

"Peserta yang dinyatakan lulus CAT ini selanjutnya akan mengikuti tes wawancara, baru setelah lulus wawancara maka ditetapkan sebagai anggota PPS," terangnya.  

3. 920 ribu masyarakat Lombok Timur telah masuk menjadi daftar pemilih

2.690 Peserta Calon PPS di Lombok Timur Ikuti Tes CATdokumen pribadi

Lebih jauh Junaidi menyampaikan, berdasarkan pemuktahiran data pemilih berkelanjutan (DPB), sebanyak 920.029 masyarakat Lombok Timur telah masuk menjadi daftar pemilih pada Pemilu tahun 2024 mendatang, Jumlah ini merupakan yang paling tinggi di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Tapi saat ini kami masih menunggu hasil DP4 yang diberikan oleh KPU RI dan itu nanti yang akan menjadi dasar kami untuk membuat daftar pemilih yang dibantu oleh daftar pemilih sementara (DPS) dari Tim Pantarlih," tutupnya. 

Baca Juga: Harga Anjlok, Pedagang Nanas di Lombok Timur Gigit Jari

supardi ardi Photo Community Writer supardi ardi

Saya suka menulis dan jalan-jalan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya