Polisi Evakuasi Penumpang Perahu yang Dihantam Gelombang di Bima

Korban sempat menyelamatkan diri di bukit

Mataram, IDN Times - Polres Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengevakuasi penumpang perahu yang dihantam gelombang tinggi di wilayah perairan Gili Banta saat mereka pulang memancing, Minggu (4/6/2023).

"Sebanyak sembilan penumpang perahu tersebut selamat," kata Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi dalam keterangan tertulisnya di Mataram.

1. Korban pergi memancing ikan

Polisi Evakuasi Penumpang Perahu yang Dihantam Gelombang di Bimailustrasi Toba sedang memancing ikan (pexels.com/Dongeng Kita)

Peristiwa kecelakaan laut tersebut bermula ketika para korban yang berjumlah 9 orang pergi memancing ikan menggunakan perahu di wilayah setempat. Selanjutnya, setelah selesai memancing dan mereka kembali pulang menuju pelabuhan Sape, namun saat masih di tengah laut tiba-tiba perahu yang ditumpangi dihantam ombak.

"Akibat peristiwa itu perahu korban tenggelam," katanya seperti dikutip dari Antara.

Salah satu dari penumpang yang berhasil selamatkan diri kemudian mengirim pesan singkat via handphone yang ditujukan pada Waka Polres Bima Kota Kompol Mujahidin.

"Berdasar informasi dari salah seorang penumpang perahu boat yang berhasil menyelamatkan diri dan tertolong hingga berada di pelabuhan Langgudu, Kabupaten Bima. Ada 8 lainnya yang masih berada di sekitar perahu boat yang tenggelam tersebut," katanya.

Baca Juga: Mahasiswa Desak Kapolda NTB Bebaskan 15 Pendemo yang Ditahan di Bima

2. Tim lakukan penyelamatan

Polisi Evakuasi Penumpang Perahu yang Dihantam Gelombang di BimaIlustrasi gelombang tinggi (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Tim penyelamat dari Polres Bima Kota yakni Sat Polairud, KP3 Laut serta personil gabungan lainnya, langsung bergerak menuju sekitar perairan Gili Banta untuk melakukan tindakan penyelamatan.

"Sebanyak 4 orang lebih dulu selamat dengan bantuan KM Feri yang melintas dari Pelabuhan Sape menuju Pelabuhan Labuan Bajo NTT," katanya.

3. Selamatkan diri di bukit

Polisi Evakuasi Penumpang Perahu yang Dihantam Gelombang di BimaUnspalsh/Breno Machado

Kemudian, KP3 Sape, Sat Polairud dan masyarakat serta Bhabinkamtibmas setempat berangkat dengan menggunakan dua unit perahu nelayan untuk menyelamatkan para korban. Semua korban saat itu berhasil menyelamatkan diri ke perbukitan di daerah setempat.

"Sebanyak 5 orang yang berhasil menyelamatkan diri dengan menggunakan boks ikan dan menepi ke perbukitan sekitar Gili Banta," katanya.

Baca Juga: Fenomena 'Full Moon', Pesisir Lombok dan Bima Terancam Banjir Rob 

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya