Warga NTB Dapat Diskon 80 Persen Pembelian Tiket MotoGP 

ITDC alokasikan 10.000 tiket untuk hari kedua dan ketiga

Mataram, IDN Times - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah warga lokal mendapatkan diskon harga tiket balapan MotoGP Mandalika sebesar 80 persen. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyediakan 10.000 tiket kelas festival atau general admission pada hari kedua dan ketiga untuk warga NTB.

"Jadi kita dapat diskon 80 persen. Kami sengaja belum menyampaikan karena belum dipegang tiketnya," kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah dikonfirmasi di Mataram, Senin (7/3/2022).

1. Harga tiket hari kedua Rp100 ribu dan hari ketiga Rp150 ribu

Warga NTB Dapat Diskon 80 Persen Pembelian Tiket MotoGP Sirkuit Mandalika tikungan 10 terlihat indah dari Bukit Pantai Seger Kuta Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gubernur menyebutkan sebanyak 10.000 tiket yang dialokasikan untuk warga NTB pada hari kedua dan ketiga balapan MotoGP Mandalika. Karena mendapatkan diskon sebesar 80 persen, maka harga tiket untuk hari kedua sebesar Rp100 ribu dan hari ketiga sebesar Rp150 ribu.

"Bukan hanya untuk ASN tetapi seluruh masyarakat, supaya ini tidak terlampau memberatkan. Tapi kami tidak berani mengumumkan karena tiketnya belum dipegang. Kalau ada hari ini, nanti kami bagi-bagi kepada yang biasa punya pengalaman menjual tiket," jelas Gubernur.

Baca Juga: Fans Marq Marquez Akan Disiapkan Stand Khusus di Sirkuit Mandalika

2. Pembelian tiket tidak difasilitasi OPD

Warga NTB Dapat Diskon 80 Persen Pembelian Tiket MotoGP Tribune penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika (facebook.com/Dr. Sitti Rohmi Djalilah)

Gubernur yang biasa dipanggil Bang Zul ini mengungkapkan diskon harga tiket MotoGP sebesar 80 persen tersebut berkat lobi dan negosiasi yang dilakukan. Sehingga warga lokal mendapatkan diskon yang relatif cukup besar.

Bang Zul menegaskan penjualan tiket tidak difasilitasi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tetapi, penjualan tiket tersebut akan diserahkan kepada pihak yang profesional atau biasa menjual tiket.

"Gak difasilitasi OPD. Nanti yang menjual yang profesional saja. Jadi yang sudah punya pengalaman. Kita OPD tak punya pengalaman jual tiket," terangnya.

Tadinya, kata Bang Zul, Pemda berencana meminjam uang di PT. Bank NTB Syariah untuk membeli tiket MotoGP. Terapi kalau lewat bank, prosedurnya agak merepotkan karena harus ada jaminan dan lainnya.

"Sehingga siapa yang punya pengalaman jual tiket, ada 10.000 tiket dijual ke masyarakat. Sebanyak 10.000 tiket ini untuk hari kedua dan ketiga," tandas Bang Zul.

3. Nonton balapan MotoGP dari bukit

Warga NTB Dapat Diskon 80 Persen Pembelian Tiket MotoGP tampilan salah satu sudut Pertamina Mandalika International Circuit (motogp.com)

Sebagaimana diketahui, ITDC menyediakan 10.000 tiket general admission saat gelaran MotoGP Mandalika pada 18 - 20 Maret mendatang. General Admission merupakan tiket non seating area. Dimana, penonton bisa memilih untuk menonton balapan dari beberapa bukit yang ada di area Sirkuit Mandalika.

“Dalam menyiapkan area General Admission, kami telah melakukan pemetaan dan overlay yang baik. Sehingga kami pastikan setiap penonton selalu memiliki akses ke UMKM, toilet, tenda medis, dan musala,” kata Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo.

Harga tiket sesuai dengan klasifikasinya sangat beragam. Tiket kelas general admission untuk harga normal dijual mulai dari Rp115.000 di hari pertama, hingga Rp575.000 untuk race day. Terdapat juga harga bundling di berbagai kelas tiket di hari kedua dan ketiga, hingga paket bundling 3 hari VIP Hospitality Suites (Duluxe Class dan Premiere Class) yang dapat dipesan melalui berbagai situs penjualan seperti Dyandratiket.com, Tiket.com, MyPertamina Apps, ITDC Xplorin, dan TiketApaSaja.com.

Baca Juga: Ini Jalur Alternatif Penonton MotoGP dari Mataram Menuju Mandalika 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya