Tertunda Hampir 2 Tahun, L'Etape Indonesia Sukses Digelar di Mandalika

Suguhkan sensasi balap dengan panorama Lombok yang indah

Lombok Tengah, IDN Times - Setelah sempat tertunda akibat pandemik COVID-19 selama hampir 2 tahun, event sepeda internasional, L’Etape Indonesia by Tour de France resmi digelar, Minggu (20/2/2022) di Kuta Mandalika Lombok. Para pencinta olahraga balap sepeda jalan raya (road bike) di Indonesia bisa merasakan ketegangan dan sensasi ala balap sepeda legendaris, Tour de France.

Melalui L’Etape Indonesia by Tour de France yang dipersembahkan oleh penyelenggara Tour de France A.S.O (Amaury Sport Organization) bekerja sama dengan promotor olahraga asal Indonesia Rocca.

“Kami bersyukur akhirnya gelaran event internasional ini bisa digelar setelah tertunda hampir dua tahun," ungkap Event Direktur L'Etape Indonesia by Tour de France Zacky Badrudin dalam keterangan yang diterima IDN Times, Senin (21/2/2022).

1. Suguhkan sensasi balap ala pembalap sepeda Tour de France

Tertunda Hampir 2 Tahun, L'Etape Indonesia Sukses Digelar di MandalikaPeserta L'Etape Indonesia by Tour de France tiba di garis finish yang berada di depan Masjid Nurul Bilad Kuta Mandalika, Minggu (20/2/2022) (IDN Times/Muhammad Nasir)

Zacky mengatakan daya tarik balap sepeda legendaris Tour de France menjadi magnet khusus pencinta sepeda roadbike untuk mengikuti event ini. Tercatat 1.300 peserta terdaftar mengikuti acara L'Etape Indonesia by Tour de France di Mandalika.

Rocca sebagai promotor sport & management olahraga terdepan di Indonesia mencoba memberikan sensasi ala balap sepeda Tour de France lewat acara L’Etape Indonesia by Tour de France. Sensasi balap ala pembalap sepeda Tour de France disuguhkan oleh L’Etape Indonesia by Tour de France dengan keriaan dan inagurasi semirip aslinya.

Mulai dari inagurasi jersey poldakot legendaris untuk King of Mountain (KOM), jersey hijau untuk jawara sprint, dan jersey kuning untuk pemenang kategori secara keseluruhan. Tidak lupa inagurasi jersey putih untuk pebalap muda (youth category).

Baca Juga: 1.308 Peserta Ikuti L’Etape Indonesia Tour de France di Mandalika 

2. Menawarkan dua kategori lomba

Tertunda Hampir 2 Tahun, L'Etape Indonesia Sukses Digelar di MandalikaPeserta L'Etape Indonesia by Tour de France saat mencapai garis finish.(IDN Times/Muhammad Nasir)

Secara umum L’Etape Indonesia by Tour de France menawarkan dua kategori lomba. Yaitu The Race yang menempuh jarak 125 km dan The Ride yang menempuh jarak 80 km. Pemilihan jarak ini tentu disesuaikan dengan kondisi pebalap sepeda amatir yang ada di Indonesia.

"Besar harapan kami dengan acara L’Etape Indonesia by Tour de France juga bisa membangkitkan iklim sport tourism yang ada di Indonesia secara umum, dan kawasan Kuta Mandalika di Lombok secara khusus,” tukas Zacky.

L'Etape Indonesia by Tour de France diselenggarakan di area Kuta Mandalika Lombok yang menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata yang ditetapkan oleh pemerintah. Kawasan yang dijuluki The New Bali ini menawarkan pemandangan yang indah dan jajaran pantai berpasir putih.

“Kuta Mandalika menjadi salah satu fokus pariwisata yang dikembangkan oleh provinsi Nusa Tenggara Barat. Secara infrastruktur dan jalur, Kuta Mandalika siap menjadi penyelenggara event berskala internasional,” kata Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah.

3. Kemenparekraf dukung penuh event internasional dengan konsep sport tourism

Tertunda Hampir 2 Tahun, L'Etape Indonesia Sukses Digelar di MandalikaEvent Direktur L'Etape Indonesia by Tour de France Zacky Badrudin menyerahkan plakat dan hadiah kepada empat finished L'Etape Indonesia by Tour de France di Kuta Mandalika, Minggu (20/2/2022) (IDN Times/Muhammad Nasir)

Direktur Event Nasional dan Internasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Dessy Ruhati mengatakan pihaknya turut mendukung event berskala internasional dengan konsep sport tourism di kawasan pariwisata prioritas seperti Kuta Mandalika.

Karena gelaran event sport tourism di kawasan pariwisata prioritas seperti Kuta Mandalika memang menjadi target Kemenparekraf. Dengan harapan akan berdampak positif dan membangkitkan sektor pariwisata ekonomi kreatif di Indonesia.

"Event seperti ini patut kita dukung dengan tetap patuhi protokol Kesehatan sesuai CHSE yang berlaku," kata Dessy.

Dukungan penuh diberikan oleh para partners dalam hal ini Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola Kawasan The Mandalika. Kemudian Dinas Pariwisata, Kabupaten Lombok Tengah serta para pihak seperti Bank Mandiri, MS Glow, Telkomsel, Asuransi JAGADIRI, Cannondale, Santini, Shimano, 100%, Narmada, Pocari, Kosme Mask, Red bull dan Sunpride.

Baca Juga: 1.000 Camping Ground Disiapkan untuk Penonton MotoGP di Mandalika 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya