Satu Peserta L'Etape Indonesia Kecelakaan, Alami Luka Robek di Kepala

Korban dirujuk ke RSUD Provinsi NTB

Lombok Tengah, IDN Times - Seorang peserta L'Etape Indonesia by Tour de France yang digelar di Mandalika mengalami kecelakaan, Minggu (20/2/2022). Korban atas nama Hitler Napitupulu (61) mengalami luka robek di kepala dan lebam di mata.

Peserta L'Etape Indonesia by Tour de France di Mandalika ini merupakan karyawan BUMN. Dia berasal dari Kecamatan Balikpapan Tengah Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

1. Alami kecelakaan di Jalan Raya Kuta - Selongbelanak

Satu Peserta L'Etape Indonesia Kecelakaan, Alami Luka Robek di KepalaKorban setelah dievakuasi ke fasilitas kesehatan terdekat dari tempat kecelakaan (Dok. Polres Lombok Tengah)

Kecelakaan satu pesepeda tersebut terjadi Minggu, 20 Februari 2022 sekitar pukul 09.00 WITA, bertempat di Jalan Raya Kuta - Selong Belanak. Tepatnya di turunan Hotel Artati Desa Mekar Sari Kecamatan Praya Barat Lombok Tengah.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono membenarkan peristiwa tersebut dan menceritakan kronologi kecelakaan korban. Dia mengatakan bahwa korban kehilangan kontrol sehingga terjatuh.

Baca Juga: 1.308 Peserta Ikuti L’Etape Indonesia Tour de France di Mandalika 

2. Alami luka cukup parah

Satu Peserta L'Etape Indonesia Kecelakaan, Alami Luka Robek di KepalaPolisi mendatangi lokasi kecelakaan (Dok. Polres Lombok Tengah)

Kapolres menceritakan kronologis kejadian kecelakaan satu pesepeda yang mengikuti L'Etape Indonesia by Tour de France di Mandalika. Sekitar pukul 09.00 WITA, di Jalan Raya Kuta - Selong Belanak. Tepatnya di turunan Hotel Artati Desa Mekar Sari Kecamatan Praya Barat korban kehilangan kontrol sehingga terjatuh.

Korban langsung dibantu warga dibawa ke Pustu Selong Belanak. Sesampainya di Pustu Selong Belanak, korban dirujuk menuju Puskesmas Mangkung menggunakan mobil ambulans.

Selanjutnya sekitar pukul 12.00 WITA, petugas Puskesmas Mangkung melakukan tindakan medis dengan memasang infus pada korban. Karena korban mengalami luka yang cukup parah yaitu luka robek di kepala dan lebam di sekitar mata.

Sehingga pihak Puskesmas Mangkung merujuk korban menuju RSUD Provinsi NTB menggunakan mobil ambulans. "Kondisi korban sejak mengalami kecelakaan sampai di bawa ke RSUD Provinsi NTB dalam kondisi sadar," terangnya.

3. Diikuti 1.308 peserta

Satu Peserta L'Etape Indonesia Kecelakaan, Alami Luka Robek di KepalaPesepeda L'Etape Indonesia by Tour de France saat sampai di garis finish yang berada di depan Masjid Nurul Bilad Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebanyak 1.308 peserta atau atlet balap sepeda amatir seluruh Indonesia mengikuti event L'Etape Indonesia by Tour de France di Mandalika. Para peserta akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam yang disajikan Pulau Lombok, NTB.

Direktur L'Etape Indonesia, Zacky Badrudin, Sabtu (19/2/2022) menjelaskan ajang L'Etape Indonesia merupakan salah satu bagian Tour de France. Dengan menyongsong sport tourism, di mana pembalapnya akan merasakan experience euforia Tour de France itu sendiri.

Dikatakan, ajang L'Etape digelar di 21 negara. Gelaran L'Etape Indonesia merupakan yang pertama diadakan untuk season 2022. L'etape Indonesia ini dilaksanakan di tengah kondisi pandemi. Sehingga penyelenggaraan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dan sesuai standardisasi CHSE.

Ia menyebutkan ajang ini memperlombakan dua kategori. Pertama, Long Distance berjarak 124 km yang dimulai dari Mandalika melintasi wilayah Praya Barat, Praya Kota, Praya Tengah, Pujut dan finish di Mandalika.

Kedua, kategori Short Distance berjarak 84 km dimulai dari Mandalika melintasi wilayah Praya Timur, Praya Tengah, Kopang, Kota Praya hingga Pujut dan selanjutnya finish di Mandalika.

Baca Juga: Zohri dan Tiga Pelari NTB Bela Indonesia di Sea Games Vietnam 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya