Comscore Tracker

Resort Terunik di Dunia Akan Dibangun Khabib Nurmagomedov di Lombok

Urus izin pemanfaatan tiga Gili di Lombok Timur

Mataram, IDN Times - Mantan juara dunia Ultimate Fighting Championship (UFC) Khabib Nurmagomedov bekerja sama dengan investor dalam negeri akan membangun resort terapung mobile terunik di dunia. Resort terapung mobile tersebut akan dibangun terletak di Gili Kapal, Gili Kondo dan Gili Bidara Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur.

"Beliau (Khabib Nurmagomedov) akan membuat resort terapung yang bisa mobile. Ini memang agak unik di dunia," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Mohammad Rum dikonfirmasi di Mataram, Rabu (2/3/2022).

1. Bangun resort terapung mobile

Resort Terunik di Dunia Akan Dibangun Khabib Nurmagomedov di Lombokilustrasi resort (telunasresorts.com)

Rum menjelaskan resort yang akan dibangun bisa mobile. Sehingga wisatawan yang nantinya menginap di resort tersebut bisa menyaksikan matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset). Karena resort yang dibangun bisa bergerak atau mobile.

Disebutkan ada tiga gili yang diajukan izin pemanfaatannya sebagai lokasi pembangunan resort. Yaitu, Gili Kapal, Gili Kondo dan Gili Bidara. "Sekarang lagi mengajukan izin pemanfaatan tiga gili itu," ungkap Rum.

Baca Juga: Juara Dunia UFC Khabib Nurmagomedov Dijadwalkan Datang ke NTB  

2. Izin pemanfaatan tiga gili dari Pemerintah Pusat

Resort Terunik di Dunia Akan Dibangun Khabib Nurmagomedov di LombokGili Kapal di Lombok Timur (Adhy Nata Facebook.com)

Rum menjelaskan izin pemanfaatan tiga gili tersebut tetap dari Pemerintah Pusat. Pemerintah daerah hanya mengeluarkan rekomendasi setelah keluarkan persetujuan teknis dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan).
"Karena memang kewenangan pemanfaatan pulau-pulau kecil ini tetap izinnya di Pemerintah Pusat. Khabib ini sebagai ownernya kerja sama dengan investor dalam negeri," jelas Rum.

Ditanya jumlah investasi pembangunan resort terapung tersebut, Rum mengatakan pihaknya belum berbicara soal angka. Tetapi yang jelas, nilai investasinya cukup besar.

3. Pembangunan resort ditargetkan rampung 2023

Resort Terunik di Dunia Akan Dibangun Khabib Nurmagomedov di LombokKepala DPMPTSP NTB Mohammad Rum (IDN Times/Muhammad Nasir)

Rum menambahkan proses pembangunan resort terapung tersebut mulai dilakukan pengurusan perizinan. Ditargetkan pada 2023 pembangunannya rampung.

Sebagai salah satu owner, mantan petarung UFC asal Rusia tersebut direncanakan datang meresmikan resort tersebut pada 2023. Gili Bidara, Gili Kapal dan Gili Kondo merupakan salah satu gugusan pulau-pulau kecil yang berada di Kecamatan Sambelia Lombok Timur atau perairan Selat Alas.

Gugusan pulau-pulau kecil di Lombok Timur ini merupakan tempat yang sangat indah untuk snorkeling. Untuk mencapai Gili Bidara, Gili Kondo maupun Gili Kapal membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari Kota Mataram menggunakan kendaraan roda empat. Setelah sampai di Desa Labuhan Pandan Kecamatan Sambelia, kemudian menyeberang ke Gili Bidara dengan menggunakan perahu nelayan yang dapat dipesan untuk transportasi.

Baca Juga: Bantah Wajibkan ASN Beli, Gubernur: 59.000 Tiket MotoGP Sudah Laku!

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya