Proyek Kereta Gantung Rinjani Masih Berkutat pada Penyusunan Amdal 

Belum ada progres pembangunan sejak soft groundbreaking

Mataram, IDN Times - Usai dilakukan soft groundbreaking pada 18 Desember 2022, pembangunan proyek kereta gantung Rinjani di Desa Karangsidemen, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah, belum menunjukkan progres yang signifikan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB Mohammad Rum menjelaskan pada akhir Mei ini, investor asal Cina, PT Indonesia Lombok Resort akan tim datang ke Lombok untuk penyusunan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

"Kalau ada yang menyangsikan proyek kereta gantung ini berarti mereka setuju. Berarti mereka mendorong kereta gantung segera diwujudkan. Karena proyek kereta gantung ini tetap jadi. Mereka akhir bulan ini, tim dari Cina akan datang. Mereka memastikan memulai untuk penyusunan Amdalnya," kata Rum dikonfirmasi di Kantor DPRD NTB, Selasa (16/5/2023).

1. Penyusunan amdal butuh waktu 3 - 4 bulan

Proyek Kereta Gantung Rinjani Masih Berkutat pada Penyusunan Amdal Kepala DPMPTSP NTB Mohammad Rum. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Rum menjelaskan penyusunan amdal proyek kereta gantung Rinjani wajib dilakukan investor sebelum memulai kegiatan konstruksi. Dalam amdal, investor akan memaparkan desain proyek pembangunan kereta gantung dan masyarakat diberikan untuk memberikan masukan dan koreksi.

Setelah itu, amdal diajukan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk mendapatkan persetujuan. Rum menjelaskan penyusunan amdal proyek kereta gantung Rinjani membutuhkan waktu sekitar 3 - 4 bulan.

Untuk studi kelayakan atau feasibility study (FS) dan detailed engineering design (DED) sudah dituntaskan oleh investor. Bahkan, kata Rum, DED telah disempurnakan sebanyak tiga kali.

"Kalau Amdal disetujui semua disahkan oleh kementerian nanti investor tak boleh keluar dari Amdal itu untuk pembangunan. Ini demi menjaga kelestarian lingkungan yang ada di sekitar," terangnya.

Baca Juga: Jalan Rusak Parah, Gubernur NTB dan Bupati/Walikota Temui Menteri PUPR

2. Investor tagih janji Pemda bangun akses jalan 5 km

Proyek Kereta Gantung Rinjani Masih Berkutat pada Penyusunan Amdal ilustrasi jalan dan pohon (pexels.com/Pixabay)

Terkait pembangunan proyek kereta gantung Rinjani, kata Rum, investor menagih janji Pemprov NTB dan Pemda Lombok Tengah mengenai pembangunan akses jalan sepanjang 5 kilometer (km) menuju lokasi. Menurut Rum, pembangunan akses jalan ini memang menjadi kewajiban Pemda. Akses jalan sepanjang 5 km menuju lokasi perlu dilakukan pelebaran.

"Saya sudah kontak Sekda Lombok Tengah, minta ada pertemuan antara Pemprov dengan Pemda Lombok Tengah. Rencananya, saya akan setting besok sore di Kantor DPMPTSP bersama Dinas PUPR. Jalan akses ini untuk pengunjung nantinya bukan pada saat ini. Kalau dari sekarang dibangun juga bagus," terang Rum.

3. Investor sudah taruh uang jaminan investasi Rp5 miliar

Proyek Kereta Gantung Rinjani Masih Berkutat pada Penyusunan Amdal Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat soft groundbreaking proyek kereta gantung Rinjani bersama pimpinan PT. Indonesia Lombok Resort, 18 Desember 2022. (dok. Diskominfotik NTB)

Sebagai bentuk keseriusan investor membangun proyek kereta gantung Rinjani, PT. Indonesia Lombok Resort telah menaruh uang jaminan investasi sebesar Rp5 miliar di Bank NTB Syariah. Menurut Rum, PT. Indonesia Lombok Resort satu-satunya investor yang telah menaruh uang jaminan investasi sebesar Rp5 miliar di Bank NTB.

"Ini membuktikan mereka serius. Karena satu-satunya investor yang taruh uang jaminan investasi di Bank NTB Syariah Rp5 miliar," ucapnya.

PT. Indonesia Lombok Resort akan menggelontorkan dana sebesar Rp2,2 triliun. Karena selain membangun kereta gantung terpanjang di dunia, investor juga akan membangun dua resort mewah yang berada di sisi bawah dan atas. Di mana, untuk pembangunan kereta gantung investasinya sebesar Rp600 miliar, sedangkan sisanya untuk membangun dua resort mewah.

Baca Juga: Antrean Haji 32 Tahun, Kemenag Tak Setuju Warga NTB Disebut Miskin  

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya