MGPA Datangkan 4 CoC Marshal dari Malaysia untuk WSBK Mandalika  

Belum ada Marshal Mandalika miliki lisensi FIM

Lombok Tengah, IDN Times - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mendatangkan sebanyak 4 Clerk of The Course (CoC) Marshal untuk ajang World Superbike (WSBK) Mandalika 2022. Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menjelaskan, MGPA belum memiliki lisensi yang telah disetujui oleh FIM atau organisasi internasional di bidang olahraga sepeda motor.

"Contohnya di pit in untuk marshal yang bertugas harus sudah memiliki sertifikasi dari FIM. Dimana, saat ini MGPA belum mempunyai marshal tersebut yang sudah mengikuti ujian," kata Priandhi, Rabu (8/11/2022).

1. Alasan mendatangkan 4 CoC Marshal dari Malaysia

MGPA Datangkan 4 CoC Marshal dari Malaysia untuk WSBK Mandalika  Direktur Utama MGPA Priandhi Satria. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Priandhi menjelaskan alasan MGPA mendatangkan 4 CoC Marshal atau pemimpin Marshal dari Sirkuit Sepang, Malaysia. Karena Marshal yang bertugas di pit in harus memiliki sertifikasi dari FIM. Sementara di Indonesia, belum ada Marshal yang memiliki sertifikasi FIM. Sehingga MGPA meminjam dari Malaysia.

"Harapan kami Ikatan Motor Indonesia bisa mengikuti ujian yang di mana targetnya tahun depan sudah bisa berlisensi sesuai kebutuhan WSBK dan MotoGP. Sehingga paling tidak di MotoGP 2023 bisa melaksanakan event sendiri dari sisi marshal," harap Priandhi.

Baca Juga: MGPA Pekerjakan 1.700 Volunteer untuk WSBK Mandalika 2022 

2. Marshal Mandalika akan mampu mandiri setelah tiga tahun

MGPA Datangkan 4 CoC Marshal dari Malaysia untuk WSBK Mandalika  Pelatihan Marshal Mandalika untuk persiapan WSBK 2022. (dok. MGPA)

Instruktur Marshal Ikatan Motor Indonesia (IMI), Donny Mahardjono menerangkan secara peraturan marshal Sirkuit Mandalika akan mampu mandiri setelah menyelenggarakan event selama tiga musim atau tiga tahun. Saat ini, marshal yang berasal dari NTB hampir 65 persen sudah pernah terlibat dalam WSBK Mandalika 2021 dan MotoGP Mandalika 2022.

Dikatakan, terdapat beberapa marshal yang baru direkrut oleh MGPA. Mereka diberikan training program sejak Sabtu (5/11/2022) dan hari Minggu (6/11/2022) telah diberikan training dalam ruangan.

3. Marshal akan diberikan petihan di lapangan

MGPA Datangkan 4 CoC Marshal dari Malaysia untuk WSBK Mandalika  Peralatan untuk Marshal Mandalika. (dok. MGPA)

Donny menambahkan, para marshal Sirkuit Mandalika akan diberikan pelatihan di lapangan hingga Kamis (9/11/2023) untuk memantapkan persiapan WSBK Mandalika 2022. Para marshal juga telah melakukan melakukan observasi mengelilingi Sirkuit Mandalika untuk mengetahui medan di lapangan.

"Mulai dari kondisi cuaca yang dihadapi hingga penempatan-penempatan pos marshal," ucap Dony.

Gelaran WSBK Mandalika akan berlangsung mulai Jumat (11/11/2022) hingga Minggu (13/11/2022). Sebanyak 750 kru dan pembalap WSBK akan hadir di Mandalika. Gelaran WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika ditargetkan akan memecahkan rekor jumlah penonton. Dimana, jumlah penonton ditargetkan sebanyak 50.000 orang.

Baca Juga: 750 Kru dan Pembalap WSBK Hadir di Mandalika, Gak Pakai Pesawat Carter

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya