Lalu Gita Ariadi Resmi Dilantik Jadi Pj Gubernur NTB

Prioritas sukseskan Pemilu dan MotoGP Indonesia di Mandalika

Jakarta, IDN Times - Sekda NTB Lalu Gita Ariadi resmi dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sebagai Penjabat (Pj) Gubernur NTB. Gita ditunjuk Presiden Joko 'Jokowi' Widodo sebagai Pj Gubernur NTB sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 74/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Pj Gubernur NTB.

Usai dilantik menjadi Pj Gubernur NTB, Gita menyatakan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 menjadi salah satu fokusnya. Pemilu dan Pilkada serentak 2024 di NTB harus berjalan dengan baik dan berkualitas.

"Kami bersama Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, dunia pendidikan, semua pihak dalam suatu orkestrasi harmonis. Bagaimana pesta demokrasi berlangsung dengan berkualitas di NTB," ujar Gita di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) Jakarta, Selasa (19/9/2023).

1. Lanjutkan program-program yang menjadi atensi pemerintah pusat

Lalu Gita Ariadi Resmi Dilantik Jadi Pj Gubernur NTBSerah terima jabatan dari gubernur sebelumnya ke pj gubernur (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain mengawal Pemilu dan Pilkada, Gita menyatakan dirinya akan melanjutkan program-program Gubernur dan Wakil Gubernur sebelumnya yang menjadi atensi pemerintah pusat. Antara lain memastikan perhelatan MotoGP Mandalika 2023 berjalan lancar dan sukses. Selain itu, akselerasi penanganan stunting, dan pengendalian inflasi.

"Bagaimana momentum penyelenggaraan pemerintahan dan pembinaan kemasyarakatan di NTB tetap berjalan dinamis dan terkendali. Kita harus menyukseskan pelaksanaan pemilu dan pilkada, dengan baik," ujarnya

Baca Juga: Tolak APHT, 6 Warga Paok Motong Dilaporkan ke Polisi

2. Pastikan pelaksanaan MotoGP 2023 berjalan sukses

Lalu Gita Ariadi Resmi Dilantik Jadi Pj Gubernur NTBPembalap Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder memacu kecepatan sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut berlangsung pada 18-20 Maret 2022. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Dalam waktu dekat ini, perhelatan MotoGP 2023 kembali digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB. Pelaksanaan MotoGP 2023 juga3mjadi salah satu atensi pemerintah pusat.

"Kami tentu akan koordinasi dengan ITDC dan MGPA. Teman-teman sudah mempersiapkan semua, saya bagian juga mempersiapkan itu kemarin. Kami tinggal melanjutkan koordinasi yang dilakukan selama ini dengan teman-teman agar MotoGP menjadi sukses," ucapnya.

3. Pesan Mendagri Tito Karnavian

Lalu Gita Ariadi Resmi Dilantik Jadi Pj Gubernur NTBMenteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat (5/9/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara, Mendagri Tito Karnavian mengatakan peran Pj Gubernur sangat penting. Untuk itu, ia meminta Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi yang dibwri kepercayaan oleh Presiden Jokowi supaya melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Mendagri juga mengingatkan Pj Gubernur tidak boleh membuat program strategis yang berbeda dari pejabat lama kecuali atas izin Mendagri. Untuk itu, ia meminta Pj Gubernur NTB agar rajin berkomunikasi dengan pejabat lama.

"Komunikasi dengan Forkopimda, tolong bangun hubungan yang baik. Tolong jaga kekompakan dengan para bupati/walikota yang ada," pintanya.

Baca Juga: Kapolda NTB Keluarkan Maklumat, Tindak Pihak yang Ganggu MotoGP 2023

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya