Comscore Tracker

Kunjungi Mandalika, Jokowi Tekankan Lima Poin sebelum Balapan MotoGP

Persiapan dalam menyambut balapan MotoGP

Lombok Tengah, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menggelar rapat terbatas di Raja Hotel Kuta Lombok Tengah di Nusa Tenggara Barat (NTB) usai meninjau fasilitas Sirkuit Mandalika, Kamis (13/1/2022). Evaluasi dalam kunjungan ini, Presiden pun menekankan lima poin penting segera dituntaskan sebelum tes pra musim balapan MotoGP pada 18 hingga 19 Maret 2022 nanti. 

"Saya ingin memastikan bahwa persiapan pelaksanaan MotoGP 2022 di Mandalika betul-betul terlaksana dengan baik, tanpa ada isu-isu yang gak baik ikut numpang di situ," kata Jokowi.

Event balapan MotoGP tinggal sebulan lagi digelar. Sedangkan MotoGP series Indonesia tinggal dua bulan. Melihat sisa waktu yang ada, semua sekarang berkejaran dengan waktu. Ia menyebutkan lima hal yang harus menjadi atensi.

1. Layanan Bandara Internasional Lombok

Kunjungi Mandalika, Jokowi Tekankan Lima Poin sebelum Balapan MotoGPPresiden Jokowi didampingi Gubernur NTB Zulkieflimansyah meninjau kesiapan Bandara Internasional Lombok jelang perhelatan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika. Foto Diskominfotik NTB

Presiden memberikan penekanan pertama kaitan dengan layanan di Bandara Internasional Lombok yang menjadi pintu masuk bagi para pembalap, ofisial tim balap maupun penonton. Ia meminta pihak terkait memastikan bahwa penerimaan di bandara tidak ruwet dan semuanya harus bisa serba cepat.

Tetapi harus dipastikan semuanya aman COVID-19. 

Disebutkan ada tiga isu yang harus dipastikan berjalan baik di layanan bandara. Yaitu masalah slot penerbangan yang harus betul-betul dihitung. Kemudian loading dan unloading logistik bagi tim yang berlaga di MotoGP.

"Jangan sampai isu kecil-kecil seperti kemarin di Superbike ada kesalahan membongkar logistik tanpa seizin tim. Sehingga suaranya menjadi ke arah negatif," kata Presiden.

Selain itu mengenai kelancaran selama di bandara. Mulai dari keimigrasian, protokol kesehatan, bea cukai diminta semuanya dilakukan secara profesional.

Ia juga meminta agar kebutuhan sarana transportasi dari bandara menuju Mandalika benar-benar dihitung. Sesuai perkiraan, balapan MotoGP Mandalika akan menarik sebanyak 63 ribu penonton dari dalam maupun luar negeri. 

"Mengelola 63 ribu orang bukan barang mudah. MotoGP penggemarnya sangat banyak di Indonesia," ungkapnya.

Baca Juga: Disnakeswan NTB Bantah Ada Pembantaian Anjing Liar di Mandalika

2. Pembenahan landscape dan pelebaran jalan depan sirkuit

Kunjungi Mandalika, Jokowi Tekankan Lima Poin sebelum Balapan MotoGPFoto udara bentuk salah satu tikungan lintasan sirkuit saat pengerjaan lapisan atas badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit, di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/12/2020). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Kedua, Presiden Jokowi memberikan penekanan soal penataan landscape dan pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika atau ruas Kuta - Keruak. Ia menyebutkan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melaporkan pembangunan sarana jalan tersebut akan tuntas di penghujung bulan Februari 2022. 

"Mulai dari penataan jalan, penghijauan kawasan sepanjang jalan. Kemudian perluasan dan penataan jalan menuju Mandalika. Juga pelebaran jalan Kuta -Keruak yang sudah dimulai," katanya.

Kemudian juga penataan pemukiman warga sekitar kawasan Mandalika seperti homestay, warung berjualan, suvenir, warung makanan, semuanya agar ditingkatkan. 

Sehingga wajah Sirkuit Mandalika akan berubah selama pelaksanaan MotoGP.

3. Pembenahan fasilitas di dalam sirkuit harus dipercepat

Kunjungi Mandalika, Jokowi Tekankan Lima Poin sebelum Balapan MotoGPPresiden Jokowi mengendarai motor pribadinya untuk mengecek kesiapan fasilitas dan infrastruktur pendukung MotoGP 2022 dari Bandara Internasional Lombok menuju kawasan Mandalika. Foto Diskominfotik NTB

Selanjutnya yang ketiga, Jokowi juga meminta agar dilakukan percepatan pembenahan fasilitas dan infrastruktur di dalam Sirkuit Mandalika. Pembenahan dilakukan jangan mepet hampir bersamaan dengan pelaksanaan balapan. 

"Kemarin (saat Superbike) agak kelihatan bermasalah sistem drainase yang tidak bisa menampung kalau curah hujan tinggi. Ini juga hati-hati," ujarnya mengingatkan.

Demikian pula pembangunan tribun penonton dilakukan secepatnya. Sekaligus juga pengecekan kebutuhan listrik selama berlangsungnya event balapan dan relokasi warga berada di dalam area Sirkuit Mandalika. 

4. Pembayaran fee gelaran MotoGP

Kunjungi Mandalika, Jokowi Tekankan Lima Poin sebelum Balapan MotoGPPresiden Jokowi mengendarai motor pribadinya untuk mengecek kesiapan fasilitas dan infrastruktur pendukung MotoGP 2022 dari Bandara Internasional Lombok menuju kawasan Mandalika. Foto Diskominfotik NTB

Hal keempat yang tidak juga kalah penting, Jokowi meminta laporan soal pembayaran fee untuk pagelaran balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Persoalan ini sudah diputuskan dalam pelaksanaan rapat-rapat sebelumnya. 

"Saya juga ingin mendapatkan laporan mengenai pembayaran fee untuk MotoGP. Karena sudah diputuskan di rapat sebelumnya," tutur Jokowi.

5. Kesiapan hotel dan restoran di Lombok

Kunjungi Mandalika, Jokowi Tekankan Lima Poin sebelum Balapan MotoGPPresiden Jokowi didampingi Gubernur NTB Zulkieflimansyah meninjau sarhunta berupa homestay di Dusun Ebangah dan Gerupuk, Desa Sengkol, Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (13/01/2022). Foto BPMI Setpres

Dan yang terakhir menjadi poin perhatian Jokowi adalah soal kesiapan hotel dan restoran di Lombok dalam menyambut event balapan dunia MotoGP. Menurutnya, kesiapan fasilitas penunjang seperti hotel, homestay, dan restoran harus betul-betul memperoleh perhatian. 

Jokowi pun menyebutkan saat perhelatan World Superbike (WSBK) pada November 2021  lalu di mana kesiapan mereka masih dirasa kurang. Termasuk promosi destinasi wisata yang bisa dikunjungi sebelum dan sesudah gelaran MotoGP.

Baca Juga: Tinjau Mandalika, Istri Menpora Takjub dengan Keindahan Mandalika

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya