Catat! Pengendara Wajib Tunjukkan Tiket MotoGP saat Melintasi Area ini

Polisi siapkan 49 pos penyekatan

Mataram, IDN Times - Sebanyak 49 pos penyekatan dipersiapkan guna mengurai kemacetan kendaraan di ajang perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022.

"Titik pos penyekatan ada 49 pos di luar dan di dalam area sekitar Sirkuit Mandalika," kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, Rabu (16/3/2022).

1. Sebanyak 3.247 personel gabungan diterjunkan

Catat! Pengendara Wajib Tunjukkan Tiket MotoGP saat Melintasi Area iniPos penyekatan MotoGP Mandalika (Dok. Polda NTB)

Sebanyak 3.427 petugas gabungan TNI dan Polri akan memberikan pelayanan bagi para penonton MotoGP Mandalika. Termasuk dalam hal rekayasa lalu lintas.

Artanto mengatakan untuk pos yang berada di luar Mandalika lokasinya ada di Monumen Tembolak Mataram, Bundaran Giri Menang Square (GMS) Patung Sapi Lombok Barat dan di Intersection Labulia menuju pintu masuk ke Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Selain Anjing, Lintasan Sirkuit Mandalika juga Dihantui Biawak

2. Kendaraan pribadi akan diperiksa

Catat! Pengendara Wajib Tunjukkan Tiket MotoGP saat Melintasi Area iniPolisi memeriksa warga yang akan menuju kawasan Mandalika (Dok. Polda NTB)

Petugas akan memeriksa kendaraan pribadi yang melintasi pos penyekatan. Penonton yang telah menunjukkan tiket, kendaraannya akan ditempel stiker.

"Jadi penonton yang menggunakan kendaraan pribadi harus dikasih tanda. Tidak mungkin polisi harus bertanya kepada setiap pengendara," kata Artanto.

Selanjutnya, petugas yang berada di Bundaran Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) tinggal mengalihkan ke parkir barat atau timur dari Sirkuit Mandalika.

3. Polisi akan memilah kendaraan pribadi ke parkir barat dan timur

Catat! Pengendara Wajib Tunjukkan Tiket MotoGP saat Melintasi Area iniPenyelenggara memasang alur pengangkutan penonton menuju Sirkuit Mandalika berdasarkan kategori tiket (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sedangkan untuk pos yang ada di sekitar area Sirkuit Mandalika jelas Kombes Artanto, dimulai dari Bundaran BIZAM. Petugas akan memilah kendaraan pribadi yang akan menuju parkir barat atau parkir timur.

"Jika dia tiketnya untuk masuk gate 3, ada di parkir barat. Tapi kalau masuk pintu gate 1, VIP atau gate 2 dia menuju parkir timur," terangnya.

Gelaran MotoGP 2022 ini bakal dihadiri oleh sekitar 60 ribuan penonton yang berasal dari tanah air maupun luar negeri. MotoGP Mandalika 2022 menyediakan tribun penonton dalam empat kategori, yakni VIP hospitality suites, deluxe class, premium grandstand, dan standard grandstand.

Baca Juga: Antrean Panjang, Penukaran Tiket MotoGP di Mataram Membeludak

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya