Ada Wisata Paralayang dan Surfing di Loang Baloq

Pengunjung dapat mencoba melakukan sejumlah atraksi wisata

Mataram, IDN Times - Setelah selesai direvitalisasi akhir 2021 lalu, Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq yang berada di Kecamatan Sekarbela Kota Mataram menghadirkan sejumlah atraksi wisata buatan seperti paralayang dan surfing. Bahkan, pengelola Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq juga akan menyediakan jetski atau ski air untuk memanjakan wisatawan yang berkunjung.

Pembangunan Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq diproyeksikan sebagai salah satu ikon baru di Kota Mataram. Revitalisasi Taman Hiburan Loang Baloq Kota Mataram mendapatkan dukungan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebesar Rp11 miliar pada 2021.

1. Gaungkan dua potensi Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq

Ada Wisata Paralayang dan Surfing di Loang BaloqWisata surfing di Pantai Loang Baloq (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tanjung Samudera, Tamrin saat berbincang dengan IDN Times, Rabu (2/2/2022) menjelaskan dua potensi wisata yang dimiliki Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq.

Pertama, potensi wisata religi dengan  adanya Makam Loang Baloq. Kemudian kedua adalah potensi wisata buatan yang sudah dipersiapkan bersama Dinas Pariwisata Kota Mataram.

"Untuk wisata buatan ini ada paralayang, surfing, jetski dan wahana air. Kami akan segera buatkan jadwal untuk wisata buatan ini," kata Tamrin.

Baca Juga: Taman Hiburan Loang Baloq, Ikon Wisata Baru di Kota Mataram 

2. Petakan potensi wisata di Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq

Ada Wisata Paralayang dan Surfing di Loang BaloqWisata paralayang di Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq (Foto Istimewa)

Tamrin mengungkapkan Pokdarwis Tanjung Samudera telah memetakan semua potensi wisata buatan yang ada di Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq. Setelah diresmikan pada 31 Januari 2022 oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana, pihaknya akan bergerak membuat jadwal pada hari apa saja wisata paralayang, surfing dan jetski dapat dinikmati oleh para pengunjung.

"Karena kalau berbicara wisata paralayang, disesuaikan dengan kondisi angin di sini," terangnya.

Dengan berbagai atraksi wisata buatan yang disiapkan, diharapkan Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq menjadi ikon wisata di NTB bukan saja Kota Mataram.

3. Geliatkan ekonomi masyarakat

Ada Wisata Paralayang dan Surfing di Loang BaloqKetua Pokdarwis Tanjung Samudera Tamrin (IDN Times/Muhammad Nasir)

Menurut Tamrin, revitalisasi Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq memberikan dampak bagi ekonomi masyarakat sekitar. Sejak sektor pariwisata terpukul akibat pandemik COVID-19 dalam dua tahun terakhir, ekonomi masyarakat mulai menggeliat dengan revitalisasi Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq.

"Kami sudah berada 4 bulan di sini. Kami bertekad, karena kita punya potensi wisata. Kenapa kita menjadi penonton, kenapa kita tidak berbuat. Sehingga kami kumpulkan pemuda di setiap lingkungan untuk membuat Pokdarwis," terang Tamrin.

Dengan revitalisasi Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq, wajah destinasi wisata di Kota Mataram tersebut langsung berubah. Dengan luas areal sekitar 3,6 hektare dilengkapi bangunan yang modern membuat Taman Loang Baloq tak pernah sepi dikunjungi. Terutama pada akhir pekan, jumlah pengunjung lebih dari 1.000 orang.

"Sekarang sudah berubah wajah Taman Loang Baloq dengan adanya revitalisasi ini. Dan sangat berdampak dengan menggeliatnya ekonomi masyarakat," ucapnya.

Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq dilengkapi 17 unit kios cendera mata, 27 lapak kuliner dan tiga toilet umum. Selain itu juga satu unit menara pandang, satu panggung utama, plaza depan panggung, tempat parkir, dan tujuh unit gazebo.

"Ada juga sentra kuliner ikan sebanyak 8 unit. Semua menu ikan laut ada di sana. Di samping lapak-lapak di luar juga ramai yang jualan ikan bakar," kata Tamrin.

Baca Juga: Viral Kasus Omicron di Lombok Timur, Kadikes: Belum Terkonfirmasi!

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya