1.300 Atlet Akan Ikuti Kejuaraan Dunia Ironman Triathlon di Lombok 

Peserta berasal dari 30 negara di dunia

Mataram, IDN Times - Sekitar 1.300 atlet triathlon dari 30 negara diperkirakan akan mengikuti kejuaraan dunia Ironman 70.3 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 8 Oktober mendatang. Event dunia ini tertunda selama 2 tahun akibat pandemik Covid-19.

"InsyaAllah dari hasil pertemuan kemarin sore dengan penyelenggara, Ironman 70.3 Lombok Series akan digelar pada 8 Oktober mendatang," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Yusron Hadi dalam keterangannya, Sabtu (11/6/2022).

1. Diharapkan memberikan dampak untuk pariwisata NTB

1.300 Atlet Akan Ikuti Kejuaraan Dunia Ironman Triathlon di Lombok Kepala Dispar NTB, Yusron Hadi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Yusron menerima kedatangan penyelenggara Ironman 70.3 yaitu perwakilan Indonesia Sports & Event Management (ISM) di Dinas Pariwisata Provinsi NTB pada Jumat (10/6/2022). Ia berharap event ini akan terselenggara dengan aman dan sukses serta memberikan dampak yang besar untuk pariwisata NTB.

“Diharapkan melalui event ini akan memberikan dampak meningkatnya pariwisata di NTB. Besar harapan kami setelah event ini berlangsung para peserta akan memperpanjang waktu untuk menetap berlibur dan menikmati panorama keindahan Pulau Lombok,” harapnya.

Dengan adanya event sport tourism, diharapkan ke depan mampu menghadirkan wisatawan dalam jumlah yang besar. Serta tetap menjadi etalase pengembangan ekonomi kreatif dan geliat ekonomi masyarakat. Sehingga kegiatan pariwisata berdampak ke berbagai sektor lainnya.

Baca Juga: Gubernur NTB Pastikan Ada BUMN Sponsori MXGP Samota 

2. Peserta dari 30 negara

1.300 Atlet Akan Ikuti Kejuaraan Dunia Ironman Triathlon di Lombok Perwakilan Penyelenggara Ironman Hamka (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, Perwakilan Indonesia Sports & Events Management (ISM), Hamka mengatakan event Ironman Triathlon akan digelar di Lombok pada 8 Oktober 2022. Event internasional ini akan diikuti peserta sekitar 1.300 atlet yang berasal dari 30 negara di seluruh dunia.

"Ironman ini kegiatan yang sudah sangat famous yang memadukan renang, sepeda dan lari. Kegiatan ini dirancang cukup bergengsi untuk para atlet triathlon dunia," kata Hamka.

3. Rute kejuaraan Ironman Triathlon

1.300 Atlet Akan Ikuti Kejuaraan Dunia Ironman Triathlon di Lombok stratford-herald.com

Kegiatan ini akan dipusatkan di Hotel Holiday Resort yang berlokasi di Lombok Barat. Peserta akan berenang sejauh 1,9 Km dari pantai depan Hotel Holiday Resort satu putaran. Selanjutnya akan bersepeda sepanjang 90,1 Km melalui jalur Senggigi menuju Kota Mataram hingga jalan bypass menuju Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) dan kembali ke Holiday Resort.

Terakhir peserta akan berlari sepanjang 21,1 Km di sepanjang Jalan Senggigi. Hamka menyebutkan saat ink jumlah pendadtar telah mencapai 490 orang, semuanya berasal dari luar negeri.

"Peserta kurang lebih 1.000 - 1.300 orang. Mereka pasti bawa keluarga dan official. Kami berharap ini terlaksana dengan baik," katanya.

Baca Juga: Malaysia Butuh 70 Ribu Pekerja Migran dari NTB 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya