Comscore Tracker

100 UMKM Nusantara Akan Ramaikan MotoGP Mandalika 2022 

UMKM kuliner minimal 70 persen

Mataram, IDN Times - Sebanyak 100 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari seluruh provinsi di Indonesia akan meramaikan MotoGP Mandalika 2022 pada 18 - 20 Maret mendatang. Angka tersebut belum termasuk UMKM lokal dari NTB yang juga disiapkan stand di kawasan Mandalika.

"Kalau jumlah UMKM Nusantara sudah pasti angkanya. Dari Kementerian Koperasi akan mengikutsertakan dari provinsi lain 100 UMKM," sebut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB, Ahmad Masyhuri dikonfirmasi IDN Times, Minggu (16/1/2022).

1. Lima titik stand UMKM di Mandalika

100 UMKM Nusantara Akan Ramaikan MotoGP Mandalika 2022 Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB, Ahmad Masyhuri (Foto : Istimewa)

Direncanakan, ada lima titik lokasi stand yang disiapkan sebagai lokasi berjualan UMKM saat MotoGP di Sirkuit Mandalika. Masyhuri menyebutkan satu titik di parkir timur, satu titik di parkir barat, dan tiga titik berada di dalam area Sirkuit Mandalika.

Dari lima titik lokasi stand yang direncanakan, Masyhuri belum memastikan jumlah UMKM yang akan bisa ditampung. Karena PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai pengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika belum memberikan informasi terkait ukuran lima titik lokasi yang menjadi stand berjualan UMKM.

"Baru dikasih tahu titiknya saja. Titiknya satu di parkir timur, dalam area sirkuit tiga titik, dan parkir barat satu titik," ungkap Masyhuri.

Baca Juga: Bea Cukai Antisipasi Kasus "Unboxing" Motor Balap Jelang MotoGP 2022 

2. Minimal 70 persen UMKM kuliner

100 UMKM Nusantara Akan Ramaikan MotoGP Mandalika 2022 Penonton juga banyak memburu baju kaos saat gelaran WSBK Mandalika 2021. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Masyhuri menuturkan pada pekan depan sudah ada gambaran dari ITDC. Dengan adanya gambaran luasan masing-masing titik stand maka pihaknya bisa memperkirakan jumlah UMKM yang dapat ditampung.

Dia menerangkan ada sedikit perbedaan jualan UMKM saat MotoGP, 18 - 20 Maret mendatang dibandingkan ketika gelaran World Superbike (WSBK) Mandalika pada November 2021 lalu. Saat gelaran MotoGP Maret mendatang, minimal tiga stand yang disiapkan di dalam area Sirkuit Mandalika diisi UMKM kuliner.

"Kalau sekarang saat MotoGP, minimal 70 persen itu kuliner untuk di dalam sirkuit. Yang 30 persen itu UMKM lainnya seperti kriya, wastra, kerajinan lokal," jelasnya.

3. Ubah tampilan stand UMKM

100 UMKM Nusantara Akan Ramaikan MotoGP Mandalika 2022 Stand UMKM saat gelaran WSBK Mandalika 2021. (iDN Times/Muhammad Nasir)

Perhelatan MotoGP, tampilan stand UMKM juga akan diubah, berbeda dengan saat gelaran WSBK 2021. Masyhuri mengatakan ada beberapa variasi yang akan dilakukan.

"Karena ada beberapa BUMN akan mendukung dalam pembinaan UMKM ini," tandasnya.

Dalam event WSBK 2021, sebanyak 330 UMKM lokal yang berpartisipasi di Kawasan Mandalika. Sebanyak 330 UMKM yang berpartisipasi sudah dikurasi dan terdaftar.

Keberadaan event internasional seperti WSBK dan MotoGP Mandalika sangat mempengaruhi animo dan antusiasme para UMKM lokal yang ada di NTB untuk kembali bangkit di masa pandemik COVID-19.

Baca Juga: Siapkan Kapal Pinisi, Penonton MotoGP Bisa Melancong ke Sumbawa

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya