UMKM Go Digital, Kemkominfo Bangun Kesejahteran Lewat Internet

Nursodik Gunarjo: IDN Times Community seperti oase

Lombok Utara, IDN Times – Direktur Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Kemkominfo) Dr Nursodik Gunarjo, M.Si menyerukan kepada pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menggunakan sambungan internet berjualan. Salah satu program dari PLN adalah UMKM Go Digital.

Nursodik mengatakan bahwa saat ini akses internet sudah bisa dirasakan di semua tempat. Sehingga dapat lebih memudahkan UMKM dalam memasarkan produknya, termasuk UMKM yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Saat ini kita bisa menggunakan internet untuk kesejahteraan. Kita tidak hanya memberikan akses internet saja, tetapi kita juga berikan pelatihan dan pendampingan,” ujarnya saat memberikan pemaparan pada kegiatan Lombok Writers Festival 2022 secara virtual, Kamis (10/3/2022).

1. Sebanyak 22.000 UMKM sudah gabung e-commerce

UMKM Go Digital, Kemkominfo Bangun Kesejahteran Lewat InternetMentor menjelaskan tentang penulisan produk umkm kuliner pada Lombok Writers Festival 2022 (IDN Times/Herka Yanis)

Nursodik menyebutkan bahwa sejauh ini sudah 22.000 UMKM bergabung dengan system e-commerce. Mereka menggunakan metode penjualan online dengan memanfaatkan koneksi internet.

“Yang patut kita catat adalah banyak yang bergerak di bidang pariwisata,” ujarnya.

Saat ini sudah ada lebih dari 23.000 produk UMKM yang dipasarkan secara digital. Hal ini tentu saja menjadi perhatian Kemkominfo. Karena penggunaan koneksi internet dalam memasarkan produk UMKM sudah semakin massif.

Baca Juga: Lombok Writers Festival 2022 by IDN Times Diselenggarakan di Gili

2. Gerakan 1.000 start up digital

UMKM Go Digital, Kemkominfo Bangun Kesejahteran Lewat InternetDirektur Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Kemkominfo) Dr Nursodik Gunarjo, M.Si saat memaparkan materi pada Lombok Writers Festival 2022 secara virtual pada Kamis (10/3/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Literasi digital dianggap sangat penting. Terlebih di era digital seperti saat ini, penggunaan media digital untuk memasarkan produk sangat penting. Tidak sedikit dari pedagang yang sukses memasarkan barangnya hanya dari rumah tanpa membuka atau menyewa toko.

“Dalam hal yang lebih besar lagi yaitu start up digital uctive. Gerakan 1.000 start up digital. Ini yang kemudian tentu saja diikuti juga. Supaya dari sisi SDM, bisa lakukan literasi digital,” ujarnya.

Kemkominfo saat ini sedang berusaha untuk meniadakan blank spot di seluruh wilayah di Indonesia. Sehingga bagi wilayah atau tempat yang miskin sinyal, bisa turut menikmati sambungan internet dan bisa memanfaatkannya dengan baik.

3. IDN Times Community sebagai wadah untuk promosi

UMKM Go Digital, Kemkominfo Bangun Kesejahteran Lewat InternetMentor dari IDN Times Community mendampingi para peserta Lombok Writers Festival 2022 yang diselenggarakan di Gili Trawangan Provinsi Nusa Tenggara Barat pada 9-10 Maret 2022. (IDN Times/Herka Yanis)

Nursodik mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Lombok Writers Festival 2022 yang diselenggarakan oleh IDN Times. Dia mengatakan bahwa ini merupakan wadah yang tepat bagi siapapun yang ingin mempromosikan apa yang ada di daerahnya.

Dalam kegiatan ini, Nursodik memaparkan tentang manfaat digital dalam membagikan potensi wisata dan kuliner Lombok. Harapannya, generasi millennial dan gen z di NTB bisa memanfaatkan dunia digital untuk mempromosikan potensi daerahnya. Sehingga perekonomian masyarakat semakin bangkit.

“Ini (IDN Times Community) seperti oase. Jika terus diisi, meski pelan kalau diisi terus menerus maka akan penuh. Maka kesan wisata Lombok akan terus tersampaikan kepada banyak pembaca,” ujarnya.

Baca Juga: Lombok Writers Festival Dibuka, Gubernur Ingin Jadi Agenda Tahunan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya