Melonjak, Penumpang Bandara Lombok Mencapai 11.400 Orang Per Hari

Lonjakan terjadi sejak hari kamis

Lombok Tengah, IDN Times - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok mencatat adanya lonjakan jumlah penumpang. Jumlah penumpang mencapai 11.400 orang per hari. 

"Penumpang di Bandara Lombok saat ini mulai meningkat," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Arif Haryanto seperti dikutip dari Antara, Sabtu (19/3/2022).

Lonjakan penumpang ini merupakan imbas dari event MotoGP yang diselenggarakan di Sirkuit Pertamina Mandalika pada 18-20 Maret 2022. Antusias penonton yang berasal dari luar NTB juga cukup tinggi.

1. Penonton motogp membludak

Melonjak, Penumpang Bandara Lombok Mencapai 11.400 Orang Per HariMenteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo saat meninjau Sirkuit Pertamina Mandalika, Jumat 11 Maret 2022. (IDN Times/Umi Kalsum)

Penonton MotoGP Mandalika mulai berdatangan sejak dua hari yang lalu, yaitu Pada 17 Maret 2022. Arif Haryanto mengatakan bahwa jumlah penumpang di Bandara Lombok mencapai 8.200 orang yang terdiri dari 6.000 penumpang yang tiba dan 2.200 penumpang berangkat.

"Sedangkan tanggal 18 Maret, penumpang berjumlah 11.400 orang dengan rincian 8.900 penumpang tiba dan 2.500 penumpang berangkat," katanya.

Baca Juga: Tertipu Sewa 65 Kendaraan untuk MotoGP, Korban Rugi Rp600 Juta

2. Bandara beroperasi 24 jam

Melonjak, Penumpang Bandara Lombok Mencapai 11.400 Orang Per HariMarq Marquez dalam unggahannya di akun instagram pribadinya (IG Marq Marquez)

Sebelumnya General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Nugroho Jati, mengatakan bahwa untuk mendukung ajang MotoGP Mandalika Bandara Lombok dioperasikan 24 Jam. Sehingga pihaknya telah menyiapkan infrastruktur secara lengkap. Mulai dari landasan terminal area parkir maupun area keluar masuk dan pengelolaan
manajemen parkir.

"Rata-rata sehari ada peningkatan 100 penerbangan yang datang maupun berangkat. Naik 120 persen selama ajang MotoGP ini," katanya.

3. Lonjakan tertinggi sejak pandemik

Melonjak, Penumpang Bandara Lombok Mencapai 11.400 Orang Per HariIlustrasi warga negara asing menjadi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Arif Haryanto mengatakan jumlah penumpang di Bandara Lombok sebelum pandemi itu rata-rata 8.000 penumpang per hari dan pada saat pandemi jumlah penumpang rata-rata 3.500 orang per hari.

Kini, bekat event MotoGP di Mandalika, jumlah penumpang meningkat tajam. Terutama penumpang yang datang khusus untuk menyaksikan para pembalap berlaga di Sirkuit Pertamina Mandalika.

"Penerbangan terbanyak dari Jakarta, Denpasar dan Surabaya serta beberapa penerbangan lainnya," katanya.

Baca Juga: Mario Aji Lambaikan Tangan ke Penonton Setelah Naik Pole Position

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya