ITDC : Kami Semakin Semangat Usai Dikunjungi Presiden di Mandalika

ITDC fokus benahi fasilitas sirkuit

Lombok Tengah, IDN Times -  Presiden RI Ir H Joko Widodo telah   melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satu agenda Presiden adalah melakukan pengecekan terhadap kesiapan  di NTB sebelum penyelenggaraan event MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika.

“Sejumlah pembenahan dan perbaikan di sirkuit yang menjadi syarat dan prasyarat homologasi menjelang MotoGP 2022 terus kami kerjakan. Dengan adanya kunjungan Bapak Presiden,  kami semakin bersemangat dalam mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya,” ujar  Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer,  Sabtu (15/1/2022).

1. Fokus pembenahan

ITDC : Kami Semakin Semangat Usai Dikunjungi Presiden di MandalikaPresiden Jokowi mengunjungi Sirkuit Pertamina Mandalika di KEK Mandalika (Dok ITDC)

PT ITDC sebagai pengelola Sirkuit Pertamina Mandalika saat ini tengah fokus melakukan pembenahan sebelum balap motor bergengsi dunia itu diselenggarakan. Beberapa pekerjaan proyek yang saat ini tengah disiapkan oleh ITDC, antara lain menambah kapasitas  penonton sejumlah lebih dari 50.000 seats. Ini ditargetkan selesai pada bulan Maret 2022 sebelum perhelatan MotoGP berlangsung.

Kapasitas penonton ini lebih banyak dibandingkan World Superbike 2021, guna mengantisipasi animo penonton yang tinggi terhadap event balap berkelas dunia ini.

Selain mengerjakan sejumlah pekerjaan proyek, ITDC Group juga tengah menyiapkan sejumlah kebutuhan utilitas pendukung penyelenggaraan MotoGP. Antara lain penyediaan air bersih dengan volume 4.800 m3, suplai tenaga listrik untuk sirkuit sebesar 5,19 KVa, penguatan kapasitas ICT mencapai 1.000 Mbps pada hari balap.

“Fokus kami saat ini adalah mempersiapkan penyelenggaraan Tes Pra- Musim MotoGP dan event MotoGP Februari dan Maret mendatang,” ujarnya.

Baca Juga: Kunjungi Mandalika, Jokowi Tekankan Lima Poin sebelum Balapan MotoGP

2. Presiden lakukan simulasi persiapan kedatangan kru balap

ITDC : Kami Semakin Semangat Usai Dikunjungi Presiden di MandalikaPresiden Jokowi mengunjungi Sirkuit Pertamina Mandalika di KEK Mandalika (Dok ITDC)

Sebelum meninjau KEK Mandalika, Presiden Joko Widodo telah melaksanakan simulasi pelaksanaan event MotoGP. Mencakup persiapan kedatangan kru balap, pembalap, serta penonton, penerapan protokol kesehatan, simulasi loading unloading barang, kesiapan transportasi, dan akomodasi. Di samping itu, kunjungan ini dilaksanakan juga untuk meninjau penataan lansekap dari Bandara Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Lombok menuju The Mandalika.

“Kami optimistis persiapan akan berjalan dengan baik dan kita siap menyelenggarakan MotoGP pada Maret mendatang,” ujarnya.

Abdulbar meyakini bahwa event MotoGP adalah sebuah event yang penting karena dapat menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional serta memberikan multiplier effect yang dapat dinikmati masyarakat. Dia berharap banyak dukungan dari masyarakat NTB, sehingga event ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi semua pihak.

“Selain itu, event ini juga akan menunjukkan kepada dunia bahwa kita mampu menyelenggarakan dan menjadi tuan rumah sebuah event internasional berskala besar di tengah masa adaptasi kebiasaan baru ini,” tutup Abdulbar.

3. Kunjungan presiden di Mandalika

ITDC : Kami Semakin Semangat Usai Dikunjungi Presiden di MandalikaPresiden Jokowi mengunjungi Sirkuit Pertamina Mandalika di KEK Mandalika (Dok ITDC)

Rombongan Presiden mengunjungi sejumlah lokasi di Mandalika. Antara lain: Sirkuit Pertamina Mandalika, Bukit 360, Kuta Beach Park, dan Bazaar Mandalika. Selama kunjungan, Presiden mendapatkan pemaparan mengenai progres persiapan yang telah dilakukan oleh ITDC Group bersama pihak-pihak terkait dalam menyambut perhelatan MotoGP pada Maret 2022 nanti.

Presiden RI didampingi ibu negara Iriana Joko Widodo, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dan sejumlah undangan lainnya.

Baca Juga: Jokowi Tiba di NTB untuk Cek Kesiapan Jelang Balapan MotoGP

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya