Tujuh Napi di Bima Berhasil Ditangkap, Tersisa Tiga yang Buron

Buntut kerusuhan di Rutan Bima di NTB

Kota Bima, IDN Times - Aparat penegak hukum di Nusa Tenggara Barat (NTB) masih memburu para narapidana yang kabur dalam peristiwa kericuhan di Rumah Tahanan (Rutan) Bima pada Selasa 1 Februari 2022 lalu. 

Dari 10 napi  berhasil kabur, 7 berhasil ditangkap di wilayah Bima. Para aparat pemburu napi ini merupakan gabungan personel Polres Bima Kota, Batalyon C Brimob NTB, Kodim 1608 Bima, Rutan Kelas IIB Bima, dan Polsek Rasanae Timur. 

"Semalam sudah berhasil kami tangkap 7 orang lagi," kata Kasi Humas Polres Bima Kota Iptu Jufrin Rama, Rabu (2/2/2022) melalui sambungan telepon.

1. Kronologi kejadian

Tujuh Napi di Bima Berhasil Ditangkap, Tersisa Tiga yang BuronMega provokator tahanan kabur di Rutan Kelas II B Raba Bima/dok. Istimewa

Sebelumnya, Kepala Rutan Kelas II B Raba Bima Muhammad Saleh mengatakan kronologi kericuhan yang terjadi di Rutan Raba Bima diduga karena ulah salah satu napi atas nama M Rifaid alias Mega. 

Napi ini diduga memprovokasi rekan-rekannya sehingga timbul kericuhan memicu kaburnya para tahanan Rutan Bima. 

"Kaca jendela dirusak oleh Mega bersama tahanan lainnya. Ada beberapa tahanan juga pukul anggota yang berjaga di rutan," kata Saleh. 

Ada pun jumlah petugas yang alami luka-luka berjumlah tiga orang. Ada yang luka di bagian kepala, tangan dan bagian tubuh lainnya akibat lemparan pot bunga dalam rutan.

Baca Juga: Harga Barang dan Jasa di NTB Naik, Nilai Tukar Petani Malah Turun 

2. Sempat merampas motor warga

Tujuh Napi di Bima Berhasil Ditangkap, Tersisa Tiga yang BuronIlustrasi motor kesayangan (IDN Times/Dwi Agustiar)

Tidak berselang lama, aparat berhasil mengamankan tujuh orang napi yang kabur dimasukkan ke Rutan Kelas II B Raba Kota Bima. Pihak rutan sempat mempublikasi 10 napi yang berhasil kabur, masing-masing inisial, S asal Donggo, Y asal Sila Rada, S asal Sape, R asa Desa Keli, R asal Kore, FH asal Desa Simpasai – Monta, A asal Tente Nisa, A asal Tangga Baru, D asal Sila, dan H Asal Kelurahan Jatibaru.

Di antara napi ini, tiga lainnya berhasil kabur dengan merampas sepeda motor milik warga Kelurahan Tanjung yang kebetulan melintas di depan Rutan Bima. 

3. Tiga orang tahanan masih dalam pengejaran

Tujuh Napi di Bima Berhasil Ditangkap, Tersisa Tiga yang Buron17 tahanan kabur di Kota Bima/dok. rutan-bima.blogspot.com

Aparat hukum di Bima sekarang memfokuskan pencarian terhadap tiga napi kabur yang masih tersisa ini. Mereka sudah mengantongi data-data lokasi di mana sekiranya mereka akan bersembunyi.

"Tiga di antara masih dalam pengejaran," kata Jufrin.

Seluruh tim di Porles Bima Kota, Batalyon C Brimob NTB, Kodim 1608 Bima, Rutan Kelas IIB Bima, Polsek Rasanae Timur untuk memburu ketiga tahanan yang berhasil kabur.

Untuk tahanan atas nama Mega yang menjadi provokator kaburnya 17 tahanan saat ini masih proses pemeriksaan di Rutan Kelas II B Raba Kota Bima.

Baca Juga: Harga Barang dan Jasa di NTB Naik, Nilai Tukar Petani Malah Turun 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya