Penanaman Pohon di Lombok Tengah untuk Cegah Deforestasi

Penanaman pohon pohon dilakukan di Desa Lantan Lombok Tengah

Lombok Tengah, IDN Times - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, NTB melakukan pencegahan deforestasi dengan menanam pohon. Penanaman pohon untuk mencegah pembalakan liar ini dipusatkan di Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ketua DPW Gelora Indonesia, NTB Lalu Pahrurrozi, mengatakan Partai Gelora melakukan penanaman 10 juta pohon secara serentak di 34 Provinsi sebagai bagian dari gerakan melawan perubahan iklim di Indonesia.

1. Untuk jaga perubahan iklim

Penanaman Pohon di Lombok Tengah untuk Cegah DeforestasiPartai Gelora Indonesia NTB tanam pohon di Desa Lantan/dok. Humas Partai Gelora

Pahrurrozi menyampaikan bahwa angka 10 juta pohon yang dicanangkan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Gelora Indonesia membawa misi dan harapan tercapainya 10 juta kader pada tahun 2024.

"10 juta pohon ini merupakan simbol penting dalam rangka mengupayakan tercapainya 10 juta kader Gelora di 2024," katanya, Minggu (28/11/2021) kemarin.

Penanaman pohon itu untuk menjaga lingkungan dari perubahan iklim yang semakin nyata dan terlihat.

"Meskipun sering dianggap remeh. Menanam pohon memberikan banyak manfaat dari mulai manfaat sosial, manfaat lingkungan hingga manfaat ekonomi,” kata Pahrurrozi.

2. Meningkatkan kualitas ekologi

Penanaman Pohon di Lombok Tengah untuk Cegah DeforestasiIlustrasi hutan (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Ketua DPD Gelora Kabupaten Lombok Tengah, H Efwin Akbariansyah menegaskan penanaman pohon yang dilakukan Partai Gelora Indonesia untuk meningkatkan kualitas ekologi.

"Kita di Partai Gelora, akan terus berkomitmen melakukan kegiatan sejenis. Hal ini menjadi syiar perubahan yang menjadi semangat sejalan dengan giroh partai," ucap Efwin.

Partai Gelora terangnya dapat membawa manfaat seluas-luasnya, tak hanya bagi masyarakat, tetapi juga alam yang menjadi tempat hidup Bersama yang harus dirawat.

3. Desa Lantan sebagai penyangga air di Lombok Tengah

Penanaman Pohon di Lombok Tengah untuk Cegah DeforestasiPartai Gelora Indonesia NTB tanam pohon di Desa Lantan/dok. Humas Partai Gelora

Kepala Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara Erwandi mengapresiasi jajaran DPW Partai Gelora Indonesia, NTB yang memberikan perhatian untuk perbaikan kualitas iklim dan lingkungan di desanya.

Sebagai desa penyangga kebutuhan air khususnya di Kabupaten Lombok Tengah kata Erwandi menanam pohon merupakan bentuk kepedulian terhadap kondisi kehidupan masyarakat adat ke depan.

Ke depan, kata Erwandi, Partai Gelora NTB harus terus berkomitmen membawa dampak dan narasi positif bagi masyarakat.

"Tidak hanya terhenti dengan program menenam pohon, tetapi bisa berlanjut untuk hal-hal lain di kemudian hari. Semoga ini hadir membawa arus perubahan bagi masyarakat," ucap Erwandi.

Baca Juga: BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya