Comscore Tracker

Amy, Gadis Lombok Timur Jadi Winger Andalan Timnas Indonesia

Baiq Amiatun Shalihah ingin cetak gol di Piala Asia Wanita

Lombok Timur, IDN Times - Nama Baiq Amiatun Shalihah (30 tahun) mungkin belum banyak terdengar di tengah pencinta sepak bola wanita Indonesia. Pemain Tim Nasional (Timnas) Wanita Indonesia yang memiliki sapaan akrab Amy ini ternyata berasal dari Desa Loyok Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Kepada IDN Times, Amy mengaku sangat ingin membobol gawang Australia bersama Timnas Wanita Indonesia saat berlaga di Piala Asia di India pada 21 Januari 2022 mendatang.

1. Jadi Winger andalan Timnas Wanita Indonesia

Amy, Gadis Lombok Timur Jadi Winger Andalan Timnas IndonesiaPemain Timnas Wanita Indonesia Amy asal Lombok Timur/dok. Baiq Amiatun

Saat pertama bergabung menjadi pemain Timnas Wanita Indonesia, Amy awalnya menempati posisi ujung serang Timnas.  Namun, sejak awal 2019 lalu, posisi Amy selalu ditaruh di depan lini serang Timnas sepak bola wanita Indonesia.

"Awalnya jadi striker. Tapi seiring latihan, pelatih minta saya mengisi posisi Winger," kata Amy melalui sambungan telepon, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga: Jelang MotoGP, Jokowi Minta Vaksinasi Digenjot untuk Lombok Tengah

2. Siap bawa timnas wanita Indonesia di Piala Asia

Amy, Gadis Lombok Timur Jadi Winger Andalan Timnas IndonesiaBaiq Amiatun Shalihah pemain Timnas Wanita asal Lombok Timur/dok. Baiq Amiatun

Saat ini, jelas Amy, bersama pemain lain tengah melakukan latihan intensif sebelum berangkat ke Negara India. Selama berlatih, jelas Amy, dia selalu menaruh rasa optimistis bisa membawa harum nama Indonesia di kancah internasional.

"Di samping kita optimistis pada piala Asia, kita juga harus lihat lawan kita siapa dan paling penting ini tergantung rezeki," kata alumni siswi SMPN 2 Sikur ini.

Menurut Amy, lawan terberat pada Piala Asia Wanita yang digelar pada 19 Januari 2022 nanti adalah Australia. Selain Australia, kata Amy, ada Negara Thailand, Vietnam dan Jepang yang juga perlu diwaspadai.

"Mereka-mereka ini kuat dan punya pengalaman. Kita perlu waspada. Australia misalnya dan Jepang kan sudah masuk Piala Dunia Wanita," ujar Amy.

3. Amy ingin cetak gol di Piala Asia wanita

Amy, Gadis Lombok Timur Jadi Winger Andalan Timnas IndonesiaPemain Timnas Wanita Indonesia Amy asal Lombok Timur/dok. Baiq Amiatun

Berada pada posisi Winger kanan atau sebagai pemain pembantu serangan, Amy ingin mencetak gol pada laga melawan Australia. Selama berseragam Timnas Wanita Indonesia, Amy telah mengoleksi sebanyak 4 goal pada ajang piala AFF dan Olimpiade 2019 di Jepang.

Amy pun selalu berdoa, dengan adanya dukungan seluruh warga Indonesia agar perjalanan timnas wanita Indonesia mampu lolos di fase grup ajang Piala Asia di India. 

Berada di grup B bersama timnas Thailand, Australia dan Fhilipina kata Amy, dia berharap Timnas Indonesia bisa lolos keluar dari fase grup, minimal berada di bawah Timnas Wanita Australia.

Dari jadwal piala Asia Wanita, Indonesia akan berlaga melawan Australia pada tanggal 21 Januari. Kemudian melawan Thailand tanggal 24 Januari dan melawan Fhilipina pada tanggal 27 Januari 2022.

"Kita memang belum pernah jadi juara,  tetapi dengan kerja keras dan memiliki tekad serta latihan juga yang disiplin, mudahan Indonesia bisa terus melaju di Piala Asia nanti," harap Amy. 

Baca Juga: Tari Tradisional Gandrung Lombok Menyambut Prajurit Perang

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya