Pemkab Kupang Bangun Pasar Tradisional untuk Memudahkan Masyarakat

Lokasi pembangunan di Kecamatan Kupang Tengah

Kupang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) segera membangun pasar tradisional di Kecamatan Kupang Tengah yang bisa memudahkan warga mendapatkan kebutuhan pangan seperti sayur-sayuran dengan harga yang murah.

"Pemerintah Kabupaten Kupang segera membangun pasar tradisional yang berlokasi di wilayah perbatasan Kabupaten Kupang dengan Kota Kupang sehingga mudah diakses oleh warga dari Kota Kupang untuk membeli berbagai kebutuhan pangan dengan harga murah," kata Bupati Kupang Korinus Masneno diberitakan Antara di Kupang, Minggu, (31/12/2023).

1. Agar petani bisa memasarkan hasil pertanian

Pemkab Kupang Bangun Pasar Tradisional untuk Memudahkan MasyarakatWakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin melakukan pantauan harga sembako dan kebutuhan pokok di Pasar Johar Semarang, Kamis (28/12/2023). (dok. Pemkot Semarang)

Bupati Kupang Korinus Masneno mengatakan hal itu terkait upaya pemerintah Kabupaten Kupang dalam memudahkan para petani untuk memasarkan hasil usaha pertanian dengan harga yang lebih baik.

Menurut Bupati Korinus Masneno selama ini para petani dari Kabupaten Kupang menjual sayur-sayuran, beras dan jagung langsung ke para pedagang di pasar-pasar Kota Kupang dengan harga lebih murah lalu dijual oleh para pedagang dengan harga yang lebih tinggi sebagai contoh satu butir kelapa dijual petani seharga Rp2000/butir lalu dijual para pedagang di Kota Kupang Rp7000-8000/butir sehingga ada perbedaan harga yang sangat besar.

Baca Juga: Tingkatkan Layanan Air Minum Kota Kupang, SPAM Kali Dendeng Diresmikan

2. Harga jual kelapa para petani

Pemkab Kupang Bangun Pasar Tradisional untuk Memudahkan Masyarakatilustrasi kelapa dan tepung beras (freepik.com/Racool_studio)

Dia mengatakan, apabila dijual di pasar tradisional yang segera dibangun Pemerintah Kabupaten Kupang maka satu butir kelapa bisa dijual dengan harga Rp4000/butir sehingga para petani bisa diuntungkan.

"Kami ingin agar para pedagang maupun para konsumen dari Kota Kupang membeli langsung di pasar yang ada di Kabupaten Kupang . Para petani tidak lagi harus keluarkan biaya ongkos transportasi lagi untuk membawa sayur-sayuran ke Kota Kupang," kata Korinus Masneno.

3. Upaya melindungi para petani dan spekulan harga

Pemkab Kupang Bangun Pasar Tradisional untuk Memudahkan Masyarakatilustrasi petani di atas traktor (unsplash.com/Spencer Scott Pugh)

Ia mengatakan pembangunan pasar tradisional di Kecamatan Kupang Tengah itu sebagai upaya melindungi para petani dari para spekulan harga yang ingin mendapatkan keuntungan besar dari para petani.

Baca Juga: 9 Oleh-oleh Khas Kupang Paling Populer, Wajib Dibawa Pulang!

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya