Wisatawan Cina Hilang di Labuan Bajo, Tim SAR Cari di Laut dan Darat

Korban diperkirakan hilang di sekitar Pantai Long Pink Beach

Manggarai Barat, IDN Times – Seorang wisatawan dari Negara Cina hilang saat berwisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Tim SAR Gabungan telah melakukan pencarian pada Selasa (3/10/2023). Pada Rabu (4/10/2023), Tim SAR akan melakukan pencarian di laut dan darat.

Korban bernama Yi Liu, seorang perempuan berusia 27 tahun yang hilang sejak pukul 10.00 Wita pada Selasa (3/10/2023). Ia hilang saat berwisata di sekitar Pantai Long Pink Beach, Labuan Bajo. Pada pencarian hari pertama Tim Sar Gabungan tak membuahkan hasil.

1. Lakukan penyisiran

Wisatawan Cina Hilang di Labuan Bajo, Tim SAR Cari di Laut dan DaratTim SAR gabungan briefing sebelum melakukan pencarian korban hilang (Dok SAR Maumere)

Tim SAR Gabungan melakukan pencarian dengan melakukan pentisiran di sekitar lokasi yang diperkirakan menjadi tempat hilangnya Yi Liu. Pencarian akan dilanjutkan pada hari ini, Rabu (4/10/2023).

“Tim SAR Gabungan yang melakukan pencarian hari pertama  terhadap korban dengan melakukan penyisiran di permaukaan laut Pantai Long Beach Labuan Bajo hingga penyisiran di darat sekitar lokasi kejadian masih belum membuahkan hasil dan akan dilanjutkan pada pencarian hari kedua (hari ini, red),” kata Kepala Kantor Basarnas Maumere Supriyantoi, Ridwan selaku SMC (SAR Mission Coordinator), Selasa (3/10/2023).

Baca Juga: 5 Makna Filosofis Barodak Rapancar pada Adat Pernikahan di Sumbawa

2. Kerahkan tim

Wisatawan Cina Hilang di Labuan Bajo, Tim SAR Cari di Laut dan DaratProses pencarian kapal oleh Tim SAR Maumere (Tim SAR Maumere)

Tim SAR mengerahkan tim untuk melakukan pencarian. Pencarian dilakukan menggunakan kapal Rib Pos SAR Manggarai Barat. Harapannya, pada hari kedua ini, korban berhasil ditemukan.

“Pencarian hari ini sudah di maksimalkan oleh Tim Gabungan dengan mengerahkan Kapal Rib Pos SAR Manggarai Barat dan Kapal-kapal Nelayan sudah dikerahkan untuk ikut membantu pencarian korban, Kita semua berharap agar korban segera di temukan pada pencarian hari kedua,” lanjut Supriyanto Ridwan.

3. Pencarian di laut dan di darat

Wisatawan Cina Hilang di Labuan Bajo, Tim SAR Cari di Laut dan DaratProses pencarian kapal oleh Tim SAR Maumere (Tim SAR Maumere)

Rencana operasi pencarian korban hari ini akan dilaksanakan dengan dua Tim SRU (SAR Rescue Unit). Tim SRU I akan melakukan pencarian di permukaan laut Pantai Long Pink Beach sejauh 3 NM dan TIM SRU II akan melakukan pencarian di darat sejauh 2 kilometer dari lokasi kejadian.

Sebagai informasi, kronologi hilangnya korban bermula pada pukul 08.30 Wita Kapal Wisata Qifadzah 03 yang membawa korban dan rombongan tiba di Pantai Long Pink Beach. Selanjutnya kapten kapal menyarankan  agar seluruh penumpang  turun di Pantai Long Pink Beach untuk menikmati keindahan alam Pantai Long Pink Beach.

Sekitar Pukul 10.00 Wita, seluruh wisatawan Kapal Wisata Qifadzah diinstruksikan untuk kembali ke kapal, namun saat pendataan manifest penumpang, korban tidak ada di tempat. Sementara itu, ditemukan hasil rekaman video bahwa pukul 09.16 Wita, korban terekam sedang berjalan di bibir pantai dengan menggunaan pakaian snorkeling.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Pantai di Sekitar Pusat Kota Bima

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya