Selain Sirkuit, Dorna juga 'Sidak' Bandara Internasional Lombok

Landasan pacu BIZAM diperpanjang hingga 3.300 meter

Praya, IDN Times - Dorna Sports, promotor ajang perlombaan MotoGP, melakukan peninjauan ke Bandara Lombok, Rabu (7/4/2021).

Managing Director Dorna Sports Carlos Ezpeleta, meninjaukesiapan fasilitas Bandara Internasional Abdul Majid (BIZAM) atau Bandara Internasional Lombok dalam menyambut gelaran adu balapan MotoGP Mandalika, Lombok, NTB.

Baca Juga: Tinjau Sirkuit Mandalika, Bos Dorna Masih Belum Beri Kepastian MotoGP

1. Proyek perpanjangan landasan pacu dikebut

Selain Sirkuit, Dorna juga 'Sidak' Bandara Internasional LombokManging Dorna Sports Carlos Ezpeleta (kiri, jaket hijau) mendarat di Lombok/dok. Humas ITDC

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) BIZAM Nugroho Jati memaparkan perkembangan proyek pekerjaan di Bandara Lombok untuk menyambut perhelatan MotoGP Mandalika kepada Carlos Ezpeleta, yang dalam kesempatan ini ditemani oleh dua legenda balap motor: Loris Capirossi selaku Race Direction Dorna dan Franco Uncini yang menjabat Safety Officer FIM.

Adapun proyek-proyek pengembangan bandara antara lain proyek perpanjangan serta peningkatan daya dukung landas pacu (runway), proyek perluasan apron sisi barat, serta proyek pengembangan fasilitas kargo.

2. Landasan pacu diperpanjang hingga 3.300 meter untuk sambut Pesawat muatan maksimal

Selain Sirkuit, Dorna juga 'Sidak' Bandara Internasional LombokPerwakilan FIM Franco Uncini dan Dorna Sports tiba di Lombok /dok. Humas ITDC

Saat ini kata Nugroho, landasan pacu BIZAM dalam tahap pengerjaan perpanjangan  dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter.

Selain itu, peningkatan daya dukung runway untuk mendukung operasional pesawat berbadan lebar (wide body) sekelas B777 dan pesawat kargo logistik MotoGP terus dilakukan. 

"Selain itu, kita mulai lakukan pula perluasan apron sisi barat, dari 25.553 meter persegi berkapasitas 18 pesawat narrow body dan 4 pesawat wide body akan diperluas menjadi 50.923 meter persegi berkapasitas 18 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body,” ujar Nugroho.

3. Kapasitas kargo di BIZAM mulai diperluas

Selain Sirkuit, Dorna juga 'Sidak' Bandara Internasional LombokLoris Capirossi selaku Race Direction Dorna Sports tiba di Lombok/dok. Humas ITDC

Untuk pengembangan fasilitas kargo kata Nugroho, luas pelataran terminal kargo akan diperluas menjadi 2.572 meter persegi.

Akses jalan menuju bypass yang terpisah dengan akses jalan umum ke terminal penumpang bakal diperlebar.  Sehingga, kata Nugroho, dapat mendukung kecepatan pengangkutan kargo dari BIZAM menuju Sirkuit MotoGP Mandalika dan sebaliknya. 

4. Perpanjangan landasan pacu ditarget kelar September 2021

Selain Sirkuit, Dorna juga 'Sidak' Bandara Internasional LombokPerwakilan FIM Franco Uncini dan Dorna Sports tiba di Lombok /dok. Humas ITDC

Khusus proyek landas pacu kata Nugroho, penyelesaiannya ditarget pada bulan September 2021.

"Kami upayakan percepatan agar dapat selesai pada Mei 2021," jelasnya.

5. Wide body ditarget bisa mendarat Juni 2021

Selain Sirkuit, Dorna juga 'Sidak' Bandara Internasional LombokManaging Director Dorna Sports Carlos Ezpeleta dalam kunjungannya ke Sirkuit Mandalika, NTB Rabu (7/4/2021) IDN Times/Ahmad Viqi

Kata Nugroho, setelah dilakukan verifikasi oleh Kementerian Perhubungan RI, runway sepanjang 3.300 meter ini sudah dapat beroperasi pada Juni 2021.

"Sehingga pesawat wide Body bisa landing,” kata Nugroho menambahkan. 

“Pihak Dorna Sports tadi menyampaikan bahwa sektor logistik pada pergelaran MotoGP menjadi faktor yang sangat penting sehingga harapannya proyek perluasan apron sisi barat, fasilitas terminal kargo, serta jalan akses kargo dapat berjalan dengan baik,” terangnya. 

6. 4 Boeing 747 Wide Body dijadwalkan mendarat di BIZAM

Selain Sirkuit, Dorna juga 'Sidak' Bandara Internasional LombokPembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika dilaporkan ke Dorna Sports/Dok. Humas ITDC

Pihak Dorna Sports, kata Nugroho, menyampaikan setidaknya akan ada empat pesawat Boeing 747 Jumbo Jet yang akan lalu lalang di BIZAM.

Dari BIZAM kata Nugroho, Boeing 747 membawa logistik Dorna Sports mencapai 370 ton. 

Bobot tersebut termasuk semua motor dari tiga kelas balap seluruh tim serta perlengkapannya. 

Baca Juga: Dorna Blusukan ke Lombok, Tinjau Proyek MotoGP Mandalika

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya