Comscore Tracker

10 Ibukota Kabupaten dan Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat 

Terdiri dari tiga suku yaitu sasak, samawa dan mbojo

Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki sejuta pesona. Ada 10 kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sering menjadi tempat tujuan wisata.

Dari 10 kabupaten dan kota di Provinsi NTB itu, terdapat tiga suku besar. Ketiganya adalah Suku Samawa, Suku Sasak dan Suku Mbojo. Berikut 10 kota yang ada di Provinsi NTB.

1. Kota Bima dan Kota Mataram

10 Ibukota Kabupaten dan Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat 

Kota pertama di NTB yang merupakan salah satu kota yang cukup ramai yaitu Kota Bima. Di kota ini merupakan pusat pergerakan ekonomi sebagian besar masyarakat NTB.

Maka dari itu tidak heran jika sepanjang tahun kota Bima ini banyak didatangi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Meskipun memiliki luasan wilayah hanya sekitar 1.2% namun bisa dikatakan kota tersebut cukup padat.

Selanjutnya yang tidak kalah terkenal dari sederetan kota-kota di NTB yaitu Kota Mataram. Di sini populasi penduduknya juga cukup tinggi.

Oleh sebab itu kota tersebut banyak didatangi oleh pendatang dan wisatawan. Biasanya sebelum menuju ke tempat wisata di kota atau pulau lain, banyak yang memutuskan singgah dan bermalam di kawasan Mataram.

2. Kota Woha dan Kota Dompu

10 Ibukota Kabupaten dan Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat Ilustrasi Peta Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Di Kabupaten Bima juga terdapat kota yang memiliki luasan cukup besar yaitu Kota Woha. Bahkan tercatat wilayah ini merupakan kota yang paling luas di daerah Nusa Tenggara Barat.

Kota berikutnya yang tidak kalah luas yaitu Kota Dompu yang berlokasi di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Kota ini juga merupakan salah satu alternatif tujuan wisata yang menarik.

Baca Juga: Lombok Writers Festival Dibuka, Gubernur Ingin Jadi Agenda Tahunan

3. Kota Gerung dan Kota Praya

10 Ibukota Kabupaten dan Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat id.wikipedia.org

Kemudian salah satu dari 10 kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat berikutnya yaitu Kota Gerung. Berlokasi di Kabupaten Lombok Barat, kota ini cukup ramai dan juga bisa dikatakan lumayan luas wilayahnya.

Berikut ada juga Kota Praya yang lokasinya ada di Kabupaten Lombok Tengah. Beberapa wisatawan ada pula yang tertarik untuk bermalam di kawasan tersebut sebelum berwisata ke tempat yang lain.

4. Kota Selong dan Kota Tanjung

10 Ibukota Kabupaten dan Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat Petugas menarik kabel bawah laut sistem kelistrikan destinasi wisata 3 Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air) di perairan Gili Trawangan. (Dok. Istimewa)

Ada juga Kota Selong yang berlokasi di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kota ini merupakan salah satu kota yang juga lumayan besar dan sudah cukup ramai penduduknya.

Apabila berkunjung ke wilayak KabupateN Lombok Utara maka tentunya akan menemukan kota Tanjung di daerah tersebut. Kota ini memiliki pemandangan alam yang indah serta penduduk yang sangat ramah saat dijumpai.

5. Kota Sumbawa Besar dan Kota Taliwang

10 Ibukota Kabupaten dan Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat 

Kota yang memiliki luasan terbesar dan hampir 35% dari wilayah NTB yaitu kota Sumbawa Besar. Sehingga tidak heran jika kota ini selalu ramai.

Terakhir ada kota Taliwang yang terletak tepatnya di Kabupaten Sumbawa Barat. Kota ini memiliki sejuta pesona juga untuk dijadikan referensi tempat wisata.

Bukan hanya itu saja, namun tentunya wilayah ini terkenal dengan wisata kulinernya ayam khas Taliwang. Maka dari itu jika berkunjung ke sini, jangan lupa sempatkan makan ayam Taliwang asli khas NTB.

Itulah 10 kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang tidak hanya nyaman untuk ditinggali namun juga memiliki banyak tujuan wisata. Maka dari itu jika ada waktu lebih di saat liburan, tidak ada salahnya merencanakan untuk berkunjung ke area tersebut.

Baca Juga: Peserta: Lombok Writers Festival 2022 Sangat Berkesan!

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya