Gempa Bumi Magnitudo 5,1 Terjadi di Kabupaten Lembata NTT

Tidak berpotensi tsunami

Mataram, IDN Times - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,1 terjadi di Kabupaten Lembata  Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (23/3/2023) dini hari ini. Kantor Berita Antara menyebutkan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya yang dipantau di Jakarta, menyebutkan, gempa tersebut terjadi pada pukul 03.23 WIB.

1. Tidak berpotensi tsunami

Gempa Bumi Magnitudo 5,1 Terjadi di Kabupaten Lembata NTTIlustrasi info tsunami (IDN Times/Arief Rahmat)

Adapun lokasi gempa berada di 8,84 Lintang Selatan (LS)-123,22 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 65 kilometer. Sedangkan pusat gempa berada di 50 kilometer Barat Daya Lembata. BMKG menginformasikan gempa yang terjadi di Lembata itu tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Gubernur NTB Gaungkan Promosi "NTB The Land of Infinite Experience"

2. Program BMKG dalam menyebarkan informasi gempa

Gempa Bumi Magnitudo 5,1 Terjadi di Kabupaten Lembata NTTANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

BMKG punya program perluasan informasi soal gempa kepada pelajar Kabupaten Kupang NTT lewat program wisata edukasi. Belum terkonfirmasi, apakah berita gempa ini pun turut disampaikan kepada masyarakat NTT

"Wisata edukasi ini memberi informasi tentang gempa bumi dan tsunami serta pengayaan materi sekolah terhadap suatu mata studi yang berhubungan dengan itu," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Geofisika Kupang, Sholakhudin Noor Falah ketika dihubungi dari Labuan Bajo. 

3. Belum ada laporan terbaru situasi di NTT

Hingga sekarang ini, belum diketahui dampak gempa bumi bagi masyarakat NTT dan sekitarnya. Pihak BMKG sendiri sudah memastikan gempa bumi yang tidak berpotensi terjadinya tsunami bagi masyarakat setempat.

Baca Juga: Penyidik Kejati NTB Geledah Kantor ESDM NTB dan PT AMG

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya