Kehujanan, Puluhan Kotak Suara Pemilu 2024 di Lombok Timur Rusak

Bilik suara juga ada yang rusak

Lombok Timur, IDN Times - Puluhan kotak suara untuk pemilihan umum (pemilu) 2024 di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) rusak karena basah terkena hujan. Surat suara itu rusak saat didistribusikan ke Kecamatan Sembalun pada Jumat (9/2/2024).

Beruntung tidak ada surat suara yang rusak. Diduga pendistribusian logistik ini tidak sesuai dengan prosedur.

Meskipun sempat terganggu, distribusi logistik pemilu terus digenjot ke masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Ditargetkan pada 13 Februari ini logistik Pemilu sudah tersalurkan ke masing-masing TPS.

1. Distribusi diduga tidak sesuai SOP

Kehujanan, Puluhan Kotak Suara Pemilu 2024 di Lombok Timur RusakLogistik pemilu saat didistribusikan ke PPK (IDN Times/Ruhaili)

Total sebanyak 28 kotak suara yang rusak. Terdiri dari 5 kotak suara calon presiden-wakil presiden, 4 kotak suara calon DPR RI, 5 kotak suara calon DPRD NTB, dan 7 kotak suara calon DPRD Lombok Timur. Namun kerusakan cukup parah terjadi pada kotak suara calon presiden-wakil presiden, calon DPR RI, dan calon DPRD NTB.

Selain itu, sebanyak 8 unit bilik suara yang didistribusikan di Desa Sembalun Bumbung juga basah karena air hujan. Basahnya sejumlah logistik itu diduga akibat proses penyaluran yang tidak sesuai SOP. Karena saat itu, sebanyak 355 kotak logistik diangkut menggunakan truk beratap terpal.

Peristiwa itu pun dibenarkan oleh Ketua KPU Lombok Timur, Junaidi. Ia menyebut terdapat kelalaian prosedur keamanan dalam penyaluran logistik Pemilu tersebut. Di mana masih terdapat celah pada bak truk tersebut meski sudah ditutupi dua lapis terpal.

"Ini kan swakelola, kami sudah ingatkan kepada PPK agar lebih diperketat. Bila perlu pakai tiga sampai empat lapis terpal," kata Junaidi.

Sebetulnya, lanjut Junaidi, penggunaan mobil boks besi lebih diutamakan. Namun terkendala waktu saat pencarian angkutan tersebut.

"Truk yang berkapasitas 120 boks itu tidak didapat, jadilah pakai truk yang diatapi terpal. Tapi sekarang sudah aman, kotak yang rusak sudah diganti," ucapnya.

Baca Juga: Bawaslu NTB Temukan Pengiriman Surat Suara Nyasar ke Daerah Lain

2. Telah lakukan penggantian

Kehujanan, Puluhan Kotak Suara Pemilu 2024 di Lombok Timur RusakPengawas Bawaslu saat memantau pelipatan surat suara (IDN Times/Ruhaili)

Ketua KPU Lombok Timur, Junadi mengatakan pihaknya langsung melakukan penggantian kotak suara yang rusak. Harapannya, tak ada kendala hingga hari pencoblosan.

"Tanggal 10 Februari malam kita langsung lakukan pleno bersama Panwas. Setelah itu langsung dikembalikan ke gudang KPU untuk dipak ulang,  setelah itu langsung diantar dikawal Panwascam dan Kepolisian Sektor Sembalun," terangnya.

Junaidi mengatakan bahwa saat ini pendistribusian surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Lombok Timur terus digenjot. Pendistribusian surat suara sudah mencapai 80,79 persen atau menyasar 17 kecamatan pada Senin (12/2/2024) pukul 10.00 WITA. Saat ini tinggal tersisa empat kecamatan.

"Empat kecamatan yang belum adalah Kecamatan Suralaga, Sukamulia, Labuhan Haji, dan Selong," kata Junaidi.

Ia menjelaskan, dari 17 kecamatan tersebut, surat suara yang sudah disalurkan sebanyak 16.236 kotak suara. Pihaknya pun menargetkan, pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke tiap kecamatan dapat tuntas hari ini. Sehingga semua logistik Pemilu 2024 harus siap di TPS pada 13 Februari 2024.

"Tanggal 13 itu semua logistik harus siap di TPS," tutupnya.

3. Bawaslu atensi kelalaian distribusi

Kehujanan, Puluhan Kotak Suara Pemilu 2024 di Lombok Timur RusakBawaslu Lotim saat melakukan sosialisasi pengawasan Pemilu (IDN Times/Ruhaili)

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lombok Timur, Suaidi Mahsun, menyebut pihaknya telah memberikan atensi terhadap kelalaian pendistribusian logistik tersebut. Ia meminta pihak KPU untuk melakukan perbaikan saat melakukan distribusi agar persoalan yang sama tidak terulang.

"Bawaslu sudah melakukan pengawasan dan ditemukan kotak suara yang rusak karena basah. Bawaslu merekomendasikan saran perbaikan terhadap kotak suara yang rusak," kata Suaidi.

Baca Juga: KPU NTB Temukan 812 TPS Blank Spot dan Lemah Sinyal pada Pemilu 2024

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya