Petani Tembakau di Lombok Tengah Tak Dapat Pupuk Subsidi Tahun 2023

Hal ini sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah

Lombok Tengah, IDN Times - Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan, pada musim tanam 2023 mendatang, para petani tembakau tidak lagi mendapatkan pupuk bersubsidi. Hal ini sesuai dengan ketentuan dari pemerintah pusat.

"Sekarang sudah tidak ada lagi pupuk bersubsidi bagi petani tembakau," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, Taufikurahman seperti dilansir dari ANTARA pada Selasa (29/11/2022).

1. Sembilan komoditas yang dapat pupuk subsidi

Petani Tembakau di Lombok Tengah Tak Dapat Pupuk Subsidi Tahun 2023ilustrasi tanaman tembakau (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Ia mengatakan, Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2022 Tentang Tata Cara Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian yang ditetapkan pada 6 Juli 2022, pupuk bersubsidi hanya untuk jenis Urea dan NPK.

Kedua jenis pupuk bersubsidi ini diperuntukkan pada sembilan komoditas tanaman yang mempunyai inflasi tinggi meliputi padi, jagung, kedelai, cabe, bawang merah, bawang putih, tebu, kakao dan kopi.

"Di luar jenis komoditas tersebut termasuk komoditi tembakau tidak boleh menggunakan pupuk bersubsidi," katanya.

2. Harus pakai pupuk nonsubsidi

Petani Tembakau di Lombok Tengah Tak Dapat Pupuk Subsidi Tahun 2023Doc.Pribadi

Dengan adanya kebijakan tersebut, para petani tembakau harus menggunakan pupuk nonsubsidi di 2023 atau petani tembakau tidak lagi bisa mendapatkan pupuk bersubsidi seperti di musim tanam 2022.

"Ini kebijakan dari pemerintah pusat," katanya.

Oleh sebab itu, pihaknya mengimbau kepada para petani tembakau untuk bisa menggunakan pupuk alternatif seperti pupuk organik atau dengan mengurangi dosis pupuk dari sebelumnya saat mendapatkan pupuk bersubsidi.

"Alokasi pupuk bersubsidi itu saat ini cukup terbatas," katanya.

3. Luas 9 ribu hektare

Petani Tembakau di Lombok Tengah Tak Dapat Pupuk Subsidi Tahun 2023ilustrasi tanaman tembakau (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Ia mengatakan, luas tanam tembakau di Lombok Tengah saat ini hampir 9 ribu hektare dengan jumlah petani tembakau mencapai 24 persen dari jumlah petani di Lombok Tengah sebanyak 162 ribu jiwa.

"Petani tembakau di Lombok Tengah juga cukup banyak. Ini menjadi PR besar pemerintah daerah ke depannya," katanya.

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya