Ajang Pacuan Kuda Tradisional akan Digelar di Sirkuit Sasake Loteng

Hadiahnya mencapai Rp500 juta

Lombok Tengah, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah bersama Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menggelar ajang atraksi budaya pacuan kuda tradisional di sirkuit balapan kuda di Kelurahan Sasake, Kecamatan Praya Tengah.

"Ajang ini berlangsung mulai 10 Juli hingga 23 Juli 2023," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaludin seperti diberitakan Antara pada Kamis (8/6/2023).

Kegiatan ajang balap kuda tersebut bertujuan untuk melestarikan warisan budaya dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, karena peserta yang datang mencapai ratusan orang.

"Peserta ajang ini sekitar 500 orang," katanya.

1. Pemprov NTB siapkan hadiah

Ajang Pacuan Kuda Tradisional akan Digelar di Sirkuit Sasake LotengRapat persiapan kegiatan pacuan kuda di Lombok Tengah (Antara)

Pemerintah Provinsi NTB telah menyediakan dana sebesar setengah miliar untuk hadiah dalam acara tersebut. Selain itu Ia berharap bahwa acara ini dapat menjadikan Sirkuit Sasake akan menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat NTB.

“Kami berharap kegiatan ini akan terus berlanjut karena Sirkuit Sasake memiliki lokasi yang strategis dan panjang yang ideal. Kami berharap Sirkuit ini akan menjadi tempat penyelenggaraan ajang nasional dan internasional di masa depan, di antaranya kita harapkan menjadi venue Pekan Olahraga Nasional (PON) NTB dan NTT pada tahun 2028 mendatang," katanya.

Baca Juga: Dijanjikan Kerja di Turki Gaji Rp7 Juta, TKW NTB Malah Dijual ke Irak 

2. Libatkan pelaku UMKM

Ajang Pacuan Kuda Tradisional akan Digelar di Sirkuit Sasake LotengIlustrasi pedagang kaki lima (PKL) . (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Sementara itu, Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri meminta kepala OPD terkait untuk mengidentifikasi kebutuhan yang diperlukan dalam pelaksanaan ajang balap kuda 2023 ini. Ia menekankan pentingnya melibatkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam setiap kegiatan olahraga yang diselenggarakan.

Selain itu, ia menginformasikan pentas seni panggung untuk ajang ini sudah tersedia dan menekankan perlunya mengidentifikasi segala hal yang masih kurang guna memastikan kelancaran acara.

“Saya perintahkan asisten, kepala OPD terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU), Satpol PP, Perkim (Perumahan dan Kawasan Permukiman) dan dinas lainnya, untuk memberikan perhatian khusus terhadap kebutuhan ajang tersebut” katanya.

3. Pemda Loteng siap

Ajang Pacuan Kuda Tradisional akan Digelar di Sirkuit Sasake LotengBupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri IDN Times/Ahmad

Bupati Lombok Tengah menyatakan kesiapan untuk membantu dalam rangka menjalankan arahan dari Gubernur dan bersama-sama memastikan kesuksesan acara ini.

"Pentingnya dampak yang diharapkan dari acara ini terutama bagi UMKM di daerah tersebut," katanya.

Baca Juga: NTB Mall Ekspansi ke Jakarta, Gubernur: Sejarah Baru Bagi NTB 

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya