Warga Mataram Serbu Vaksinasi Booster di Lombok Epicentum Mal

Mataram targetkan 80 persen vaksinasi booster pada Februari

Mataram, IDN Times - Ratusan warga Kota Mataram mendatangi salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), yaitu Lombok Epicentum Mall, Sabtu (29/1/2022). Untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster, warga sudah mulai datang sebelum mal dibuka sejak pukul 08.00 WITA.

Vaksinasi booster di Lombok Epicentrum Mal digelar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram bersama Polresta Mataram. Pada hari pertama pembukaan layanan vaksinasi booster di Lombok Epicentrum Mal, ditargetkan kepada 1.000 orang sasaran lebih.

1. Gelar vaksinasi di tempat keramaian

Warga Mataram Serbu Vaksinasi Booster di Lombok Epicentum MalDirektur RSUD Kota Mataram dr. Eka Nurhayati (IDN Times/Muhammad Nasir)

Direktur RSUD Kota Mataram, dr. Eka Nurhayati menjelaskan pihaknya membuka layanan vaksinasi booster di tempat-tempat keramaian seperti Lombok Epicentrum Mal. Selain itu, layanan vaksinasi booster juga akan dibuka nantinya di arena car free day Taman Udayana Kota Mataram, Mataram Mall dan tempat-tempat keramaian lainnya.

"Kegiatan vaksinasi di Lombok Epicentrum Mal sering kita lakukan dari dulu. Karena respons pengunjung di sini bagus dan pengunjungnya banyak di sini," kata dr. Eka dikonfirmasi disela-sela memantau kegiatan vaksinasi booster di Lombok Epicentrum Mal, Sabtu siang (29/1/2022).

Baca Juga: Agus Alendra, Petani dan Pelatih Karate Milenial Keturunan Tionghoa

2. Ditargetkan 1.000 sasaran

Warga Mataram Serbu Vaksinasi Booster di Lombok Epicentum MalSalah seorang warga menerima suntikan dosis ketiga atau vaksin booster di layanan vaksinasi booster bertempat di Lombok Epicentum Mal, Sabtu (29/1/2022) (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pelayanan vaksinasi booster di Lombok Epicentrum Mal pada hari pertama ini ditargetkan kepada lebih dari 1.000 orang sasaran. Sampai siang, lebih dari 300 warga Kota Mataram sudah divaksinasi booster. Selain vaksinasi booster dilaksanakan di tempat-tempat keramaian, dr. Eka mengatakan pelayanan vaksinasi di RSUD Kota Mataram tetap jalan.

"Pelayanan vaksinasi di rumah sakit tetap jalan dan kita juga lapangan. Salah satunya vaksinasi di lapangan pada hari pertama di sini," terangnya.

Rencananya pada Rabu pekan depan, Pemerintah Kota Mataram akan melakukan kick off vaksinasi booster di Pendopo Wali Kota Mataram. Untuk seluruh pegawai lingkup Sekretariat Daerah Kota Mataram.

"Areal vaksinasi lainnya kita mengikuti pola seperti yang dulu. Kita turun di car free day, Mataram Mal dan tempat-tempat keramaian," ujarnya.

3. Targetkan vaksinasi booster capai 80 persen bulan Februari

Warga Mataram Serbu Vaksinasi Booster di Lombok Epicentum MalMasyarakat antre menunggu giliran vaksinasi booster (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ia mengungkapkan vaaksinasi booster di Kota Mataram ditargetkan mencapai 80 persen pada bulan Februari mendatang. Jumlah sasaran vaksinasi booster di Kota Mataram sekitar 280.000 orang.

"Kita dikasi waktu sampai Februari harus selesai, bisa mencapai 80 persen. Waktunya singkat sekali. Jadi kita harus bergerak masif untuk mencari sasaran yang divaksin," kata dr. Eka.

Sejauh ini kata dr. Eka, belum ada kendala terkait vaksinasi booster. Bahkan awalnya banyak warga di bawah 60 tahun yang ditolak untuk vaksinasi booster. Karena sebelumnya Dinas Kesehatan mengatakan vaksinasi booster diutamakan untuk lansia.

"Padahal banyak warga yang datang di bawah umur 60 tahun. Artinya, antusiasme masyarakat bagus untuk vaksinasi booster ini," ungkapnya.

4. Warga luar Kota Mataram juga dilayani vaksinasi booster.

Warga Mataram Serbu Vaksinasi Booster di Lombok Epicentum MalSalah seorang warga menerima suntikan vaksin booster (IDN Times/Muhammad Nasir)

Istri Direktur RSUD Provinsi NTB ini menambahkan vaksinasi booster di Kota Mataram bukan saja untuk masyarakat yang berdomisili di Kota Mataram. Tetapi warga luar Kota Mataram juga akan dilayani untuk mendapatkan vaaksinasi booster.

"Kita melayani siapa saja yang datang. Warga luar Kota Mataram tetap kita layani. Warga Kota Mataram kita prioritaskan. Tetapi warga luar Kota Mataram tetap kita layani," tandas dr. Eka.

Baca Juga: Produk UMKM Menyesuaikan dengan Momentum Balapan MotoGP 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya