Profil Irjen Johanis Asadoma, Bintang Tinju yang Jadi Kapolda NTT 

Irjen Johanis Asadoma gantikan Irjen Setya Budianto

Mataram, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi terhadap 14 Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda). Salah satunya adalah Kepala Divisi Hubungan Internasional (Div Hubinter) Mabes Polri Irjen Johanis Asadoma yang dimutasi menjadi Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT).

Irjen Johanis Asadoma menggantikan posisi Irjen Setyo Budianto yang dimutasi menjadi Kapolda Sulawesi Utara (Sulut). Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/2224/X/KEP./2022 tertanggal 14 Oktober 2022 yang ditandatangani AS SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada dan surat Keputusan Kapolri nomor KEP/1386/X/2022.

1. Bintang tinju di SEA Games XII Singapura

Profil Irjen Johanis Asadoma, Bintang Tinju yang Jadi Kapolda NTT ilustrasi olahraga tinju (pexels.com/cottonbro)

Irjen Johanis merupakan seorang atlet tinju. Ia pernah berkiprah di tingkat nasional, SEA Games hingga Olimpiade. Pada tahun 1982, Johanis meraih medali perunggu kelas layang Kejuaraan Sarung Tinju Emas ke-7 di Denpasar, Bali mewakili provinsi NTT.
Kemudian pada tahun 1983, Johanis ikut dalam SEA Games XII di Singapura. Dalam ajang pesta olahraga Asia Tenggara itu, Johanis meraih medali emas kelas layang SEA Games XII Singapura.

Ia juga pernah meraih medali emas pada kejuaraan tinju Nasional Piala Presiden VII di Jakarta pada tahun 1984. Dalam kiprahnya di dunia tinju, Johanis juga pernah mewakili Indonesia dalam Olimpiade XXII di Los Angeles, Amerika Serikat tahun 1984.

Baca Juga: 1.000 Kru dan Pembalap WSBK akan Hadir, Disambut Karnaval Budaya NTB 

2. Pimpinan kontingen pasukan perdamaian PBB di Sudan

Profil Irjen Johanis Asadoma, Bintang Tinju yang Jadi Kapolda NTT (Ilustrasi satgas TNI yang bergabung di Pasukan Perdamaian PBB) ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa

Johanis Asadoma merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1989. Suami dari Vera Christina Sirait ini berpengalaman dalam bidang Brigade Mobil (Brimob).

Johanis Asadoma pernah memimpin Kontingen Garuda Bhayangkara FPU Indonesia pertama yang bergabung dalam Pasukan Perdamaian PBB di Darfur, Sudan. Kontingen tersebut berangkat pada 11 Oktober 2008.

3. Perjalanan karir Irjen Johanis Asadoma

Profil Irjen Johanis Asadoma, Bintang Tinju yang Jadi Kapolda NTT Internet

Ayah dari Veronica Gabriela Margareth Asadoma dan Deaniel Benjamin Asadoma ini mengawali karir di kepolisian sebagai Komandan Peleton Brimob Polda Sulut. Ia juga pernah menjadi Komandan Kompi Mako Brimob dan Kepala Sub Bidang Gegana Polri.

Pada 2002 - 2003, ia menjadi Danyon Brimob Bogor Polda Jabar. Kemudian menjadi Komandan Brimob Binjai Polda Sumut tahun 2003—2005. Johanis Asadoma juga pernah menjadi Kapolresta Binjai Polda Sumut tahun 2005—2007.

Selanjutnya, ia dimutasi ke Mabes Polri sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Akpol Lemdiklat Polri. Ia kemudian menjabat sebagai Kabagkembangtas Romisinter Divhubinter Polri tahun 2013, Karomisinter Divhubinter Polri tahun 2016, Wakapolda Sulawesi Utara tahun 2017, Wakapolda NTT tahun 2018 dan Kadiv Hubinter Polri tahun 2020.

Baca Juga: 10.000 Tiket Sudah Terjual, Pejabat Diminta Ramaikan WSBK Mandalika  

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya