Perputaran Uang Selama WSBK Masih Dihitung, Untung atau Buntung?

Pemprov NTB tunggu hasil kajian BPS soal perputaran uang

Mataram, IDN Times - Perhelatan World Superbike (WSBK) Mandalika sukses digelar pada 11 - 13 November 2022. WSBK Mandalika 2022 dihadiri sebanyak 51.629 penonton. Jumlah penonton itu melampaui jumlah penonton di Sirkuit Donington Park Inggris yang hanya 42.000 orang.

Lalu seberapa banyak perputaran uang selama gelaran WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB)? Komandan Lapangan WSBK Mandalika 2022, Jamaluddin Maladi mengatakan jumlah perputaran uang selama gelaran event internasional itu akan dihitung oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

"Kalau terkait perputaran uang selama perhelatan WSBK Mandalika, nanti BPS yang akan merilis. Biasanya satu bulan atau dua minggu setelah event berlangsung akan keluar hasil kajian BPS," kata Jamaluddin dikonfirmasi di Mataram, Senin (14/11/2022).

1. Lebih banyak UMKM lokal terlibat

Perputaran Uang Selama WSBK Masih Dihitung, Untung atau Buntung?Deretan booth UMKM di Pertamina Mandalika International Street Circuit (instagram.com/itdc_id)

Jamaluddin mengatakan pada gelaran WSBK Mandalika 2022, jumlah UMKM lokal yang terlibat jauh lebih banyak dibandingkan 2021. Sehingga, hal ini akan memberikan dampak ekonomi bagi NTB. Pada gelaran WSBK Mandalika 2021, hanya sekitar 50 UMKM yang terlibat, sedangkan tahun ini sebanyak 400 UMKM yang jualan di dalam area Sirkuit Mandalika.

Pemprov NTB akan menunggu hasil kajian BPS terkait jumlah perputaran uang selama gelaran WSBK Mandalika 2022. Sebelumnya, pada gelaran MotoGP Mandalika 2022 dan MXGP Samota 2022, BPS melakukan kajian jumlah perputaran uang selama gelaran dua event internasional itu.

Pada perhelatan MotoGP Mandalika, 18 - 20 Maret 2022, berdampak besar pada kegiatan ekonomi di NTB. Berdasarkan perhitungan BPS Provinsi NTB, perputaran uang selama gelaran MotoGP Mandalika sebesar Rp606,7 miliar. Perhitungan BPS berdasarkan analisa 10 hari jelang dan pascagelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika yang berdampak pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) NTB.

Sedangkan pada saat gelaran MXGP Samota, Sumbawa, BPS menyebutkan perputaran uang mencapai Rp154 miliar. Sektor akomodasi dan makan minum mendapatkan dampak ekonomi terbesar mencapai Rp35 miliar lebih. Kemudian sektor konstruksi mencapai Rp34 miliar, dan sisanya sektor transportasi, pertanian dan lainnya. Khusus untuk sektor pertanian, perputaran uang mencapai Rp12 miliar lebih.

Baca Juga: WSBK 2023, Xplorin Gaet 3 Agensi Tarik Penonton Asia dan Eropa

2. WSBK dan MotoGP Mandalika berikan kontribusi Rp5,8 triliun

Perputaran Uang Selama WSBK Masih Dihitung, Untung atau Buntung?Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyerahkan tropi juara race 1 WSBK Mandalika kepada pembalap Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu di Podium Paddock Show Sirkuit Mandalika, Sabtu (12/11/2022). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan perhelatan WSBK 2021 dan MotoGP Mandalika 2022 memberikan kontribusi sebesar Rp5,8 triliun. Selain itu, WSBK 2021 dan MotoGP 2022 menciptakan 55.000 lapangan kerja.

Kontribusi perhelatan WSBK dan MotoGP Mandalika sebesar Rp5,8 triliun merupakan hasil studi yang dilakukan Kemenparekraf bersama Universitas Indonesia (UI). Untuk itu, Kemenparekraf akan fokus mengembangan sport tourism atau wisata olahraga melihat kontribusi yang disumbangkan cukup besar bagi perekonomian di NTB.

3. Event fee WSBK 2022 sebesar Rp49,2 miliar

Perputaran Uang Selama WSBK Masih Dihitung, Untung atau Buntung?Tim Monev KEK Kemenparekraf, Taufan Rahmadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebelumnya, Tim Monev Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kemenparekraf, Taufan Rahmadi mengungkapkan Kemenparekraf menggelentorkan uang sebesar 3,15 juta euro atau sekitar Rp49,2 miliar untuk event fee WSBK Mandalika 2022. Selain membayar event fee WSBK 2022, Kemparekraf juga akan memobilisasi aparatur sipil negara (ASN) kementerian/lembaga untuk membeli tiket WSBK 2022.

Selain itu, kata Taufan, Kemparekraf juga menggelar The Weekly Brief with Sandiaga Uno untuk mempromosikan pelaksanaan WSBK 2022 pada 10 Oktober 2022 lalu. Kemudian publikasi event WSBK Mandalika 2022 dalam bentuk poster dan videotron.

Kemparekraf juga memberikan dukungan saat Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB bersama Hotel Sales Marketing Association (HSMA) NTB melaksanakan sales mission penjualan tiket WSBK Mandalika 2022 di 4 kota besar di Pulau Jawa.

Baca Juga: Jumlah Penonton WSBK di Mandalika Melampaui Donington Park Inggris 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya