NTB Usulkan Pembalap dan Kru MotoGP Tes PCR Setiap Dua Hari 

Pemerintah berencana terapkan travel bubble

Mataram, IDN Times - Pemerintah berencana menerapkan skema travel bubble bagi kru dan pembalap MotoGP yang akan berlaga di Sirkuit Mandalika pada 18 - 20 Maret mendatang. Sementara itu, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengusulkan agar kru dan pembalap MotoGP melakukan tes PCR setiap dua hari sekali untuk mengantisipasi penyebaran dan penularan COVID-19.

Travel bubble adalah skema yang diterapkan ketika dua negara atau lebih yang sudah berhasil mengontrol sebaran covid-19 menciptakan sebuah koridor perjalanan. Dalam kata lain, pengunjung dari negara itu dapat lebih bebas dan bisa menghindari ketentuan karantina mandiri dalam jangka waktu tertentu.

1. Skema travel bubble masih diusulkan

NTB Usulkan Pembalap dan Kru MotoGP Tes PCR Setiap Dua Hari Ilustrasi travel bubble (freepik.com)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi NTB, dr. Lalu Hamzi Fikri mengungkapkan pihaknya sudah diundang rapat oleh Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika 2022, Hadi Tjahjanto membahas tentang karantina pembalap dan kru MotoGP. Penerapan skema travel bubble ini masih diusulkan.

"Minggu lalu rapat membicarakan hal ini dengan Kementerian Kesehatan dan Satgas COVID-19 tentang rencana pemberlakuan travel bubble. Dan ini dalam proses diusulkan," kata Fikri dikonfirmasi di Mataram, Senin (17/1/2022).

Dengan penerapan sistem travel bubble, penyelenggara MotoGP Mandalika akan menyiapkan ruang khusus untuk tes PCR kru dan pembalap MotoGP atau pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Kemudian semua pembalap, ofisial dan kru MotoGP akan dikarantina selama 1×24 jam sambil menunggu hasil swab PCR negatif. Setelah dinyatakan hasil PCR negatif, maka semua pembalap dan kru dapat memasuki area sirkuit.

Baca Juga: Target 100.000 Penonton MotoGP, Penginapan di NTB Hanya 22.038 Kamar

2. Tes PCR setiap dua hari

NTB Usulkan Pembalap dan Kru MotoGP Tes PCR Setiap Dua Hari Delegasi NTB saat melakukan studi banding ke Sirkuit Misano sebelum perhelatan WSBK Mandalika 2021 lalu. (Foto : Istimewa)

Fikri mengatakan bahwa pihaknya mengusulkan agar perlakuan kepada pembalap dan kru seperti penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Misano Italia. Sebelum pada perhelatan World Superbike (WSBK) Mandalika 2021 lalu, Pemerintah Provinsi NTB bersama Polda NTB telah melakukan studi banding ke Italia untuk mempelajari sistem pengamanan dan penerapan protokol kesehatan pada penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Misano Italia.

"Usulan awal bahkan kemarin kami usulkan seperti di Italia. Tim kita yang pernah berangkat ke Italia itu, dia setiap dua hari diperiksa PCR. Kalau negatif baru bisa beraktivitas," ujarnya.

Dua skenario ini, kata Fikri, baru sebatas usulan. Usulan ini sedang dibicarakan dengan Satgas COVID-19. Nantinya, kata Fikri, akan keluar aturan khusus terkait dengan penyelenggaraan MotoGP Mandalika dalam upaya mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 varian Omicron.

3. Pola penerapan travel bubble

NTB Usulkan Pembalap dan Kru MotoGP Tes PCR Setiap Dua Hari Balapan WSBK di Sirkuit Mandalika, November 2021. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Fikri menjelaskan secara khusus terkait dengan pola penerapan travel bubble bagi kru dan pembalap MotoGP. Setibanya di Bandara Internasional Lombok, pembalap dan kru dijemput kemudian menuju hotel yang telah ditunjuk.

Kemudian kru dan pembalap yang merupakan PPLN melakukan karantina selama 1×24 jam sambil menunggu hasil swab PCR keluar. Setelah hasil PCR menyatakan negatif, kru dan pembalap dapat memasuki area sirkuit.Ketika ada kru atau pembalap yang positif COVID-19, hotel menyiapkan tempat khusus untuk isolasi.

"Jadi dia tak kemana-mana. Travel bubble itu sifatnya masih dalam bandara, hotel dan sirkuit. Di sirkuit pun harapannya dia tak ke mana-mana," terangnya.

Untuk penanganan PPLN saat gelaran MotoGP Maandalika akan dipimpin oleh dr. Ben Yura Rimba. Karena sudah berpengalaman menangani karantina di Wisma Atlet Jakarta.

"Kita sudah koordinasi secara intensif untuk menunjang kegiatan travel bubble," tandasnya.

Baca Juga: MotoGP Mandalika Terancam Akibat Aturan Karantina

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya