MotoGP Mandalika 2023 Bakal Digoyang Konser Musisi Internasional

ITDC siapkan infrastruktur dasar kawasan di Mandalika

Mataram, IDN Times - Perhelatan balap motor bergengsi di dunia, MotoGP Mandalika 2023, sekitar dua bulan lagi. MotoGP 2023 seri Indonesia akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, pada 13 - 15 Oktober mendatang.

Berbagai persiapan dilakukan penyelenggara untuk menyukseskan ajang balap motor bergengsi di dunia yang kedua kalinya digelar di Sirkuit Mandalika. Di antaranya, menghadirkan beragam side event MotoGP Madalika 2023. Co-promotor, Dyandra & Co akan menghadirkan beragam side event yang menarik, antara lain program Mandalika Beats yakni konser musik dari artis atau musisi internasional.

Tidak hanya itu, program acara lain seperti Bikers Lot disiapkan turut memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung dan penggemar otomotif.

"Kami menyaksikan pertumbuhan yang luar biasa dalam destinasi ini. Dampak positif yang dihasilkan oleh MotoGP tidak terbatas pada satu sektor saja, tetapi berbagai industri yang berdampak langsung pada perekonomian lokal. Kami juga memahami pentingnya elemen hiburan dan kenyamanan dalam sebuah event balap," kata Direktur Utama Dyandra & Co, Daswar Marpaung dalam keterangan yang diterima IDN Times, Kamis (24/8/2023).

1. Hadirkan acara pendukung tambahan di sekitar arena balap

MotoGP Mandalika 2023 Bakal Digoyang Konser Musisi InternasionalDirektur Utama MGPA Priandhi Satria. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Daswar mengatakan pihaknya akan mengelola acara pendukung tambahan di sekitar arena balap. Seperti test ride area, entertainment stage dan food & beverages area. MotoGP seri Indonesia atau IndonesianGP akan menjadi seri ke-15 dari 20 seri yang dijadwalkan pada musim 2023, yang akan mempertandingkan tiga kelas yaitu Moto2, Moto3 dan MotoGP.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan, pihaknya menyelenggarakan brand gathering MotoGP 2023 di Jakarta, Rabu (23/8/2023). Tujuannya untuk menggalang dukungan bagi penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023.

Sebagai promotor event, MGPA memiliki tanggung jawab besar dalam melaksanakan ajang balap bergengsi ini. "Kami bersinergi dengan Dyandra & Co. untuk menyuguhkan rangkaian MotoGP menjadi sebuah atraksi yang menarik, bukan hanya aspek race namun juga non-race, yang akan memberikan multiplier effect bagi berbagai pihak," ujar Priandhi.

MGPA berharap ajang kedua IndonesianGP 2023 mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak. Ia mengatakan keberhasilan acara ini tidak mungkin tercapai tanpa peran serta berbagai pihak.

"Mari jadikan IndonesianGP sebagai event kebanggaan Indonesia, yang akan memperkenalkan pariwisata Indonesia secara lebih luas kepada dunia," ajak Priandhi.

Baca Juga: Jadwal Kapal Rute Lombok - Banyuwangi Tanggal 24 - 25 Agustus 2023

2. Ketum IMI ajak ramaikan MotoGP Mandalika 2023

MotoGP Mandalika 2023 Bakal Digoyang Konser Musisi InternasionalIDN Times/Marisa Safitri

Sementara, Ketua Umum (Ketum) IMI Bambang Soesatyo menyatakan dukungan bagi pagelaran MotoGP 2023 mendatang. Ia mengatakan MotoGP merupakan satu olahraga yang paling bergengsi di dunia, dan patut untuk didukung, dan disosialisasikan.

"Kita harus hadir semua ke sana (Mandalika) sebagai bentuk dukungan kita sebagai anak bangsa, bahwa kita mampu mengadakan pertunjukan perlombaan otomotif kelas dunia,” ucap Bamsoet.

Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memperkuat ikon The Mandalika sebagai sport tourism di NTB. Penyelenggaraan MotoGP di KEK Mandalika membawa peluang besar bagi NTB dan bangsa Indonesia untuk membuktikan kesiapan sebagai tuan rumah event balap motor internasional yang bergengsi dan spektakuler.

Untuk mendukung kesiapan kawasan The Mandalika menyambut penyelenggaraan MOTOGP 2023, ITDC telah melakukan kesiapan infrastruktur dasar kawasan. Seperti akses jalan kawasan, trotoar, penerangan jalan umum (PJU), area parkir, jaringan utilitas (listrik, air bersih dan internet), bazaar the mandalika yang menjadi area usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kemudian traffic management, sistem pengamanan, manajemen pemadam kebakaran, penanganan sosial dan pengendali satwa, hingga waste management dan penyediaan transportasi kawasan.

3. Harga tiket MotoGP Mandalika 2023

MotoGP Mandalika 2023 Bakal Digoyang Konser Musisi InternasionalIlustrasi penukaran tiket MotoGP Mandalika 2022. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Tiket MotoGP Mandalika 2023 telah dijual mulai 17 Juli lalu. Tiket MotoGP Mandalika 2023 dijual dalam lima kategori, general admission, regular grandstand, premium grandstand, premiere class, dan deluxe class. Untuk tiket Weekend Pass (Jumat, Sabtu, Minggu) dimulai dengan harga Rp700.000 - Rp2.300.000.

Sementara Daily Pass (Sabtu) dengan harga Rp250.000 - Rp1.000.000, Daily Pass (Minggu) dengan harga Rp500.000 - Rp1.500.000. Sedangkan untuk tiket Premiere Class dengan harga Rp20.000.000 dan Deluxe Class Rp15.000.000.

Baca Juga: Jadwal dan Harga Tiket Penyeberangan Lombok - Bali 24 Agustus 2023

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya