Marc Marquez Diangkut Pakai Helikopter Basarnas ke Rumah Sakit

Marc akan mendapatkan perawatan di RSUD Provinsi NTB

Lombok Tengah, IDN Times - Pembalap Tim Repsol Honda Marc Marquez kembali mengalami crash di Sirkuit Mandalika pada sesi warm up atau pemanasan balapan MotoGP 2022, Minggu (20/3/2022). Marquez jatuh pada tikungan 7 Sirkuit Mandalika dan kini diangkut menggunakan helikopter untuk mendapatkan perawatan.

Usai insiden tersebut,  Marquez dibawa ke Medical Center Sirkuit Mandalika. The Baby Alien diangkut menggunakan helikopter milik Basarnas sekitar pukul 11:20 WITA menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Diketahui bahwa RSUD Provinsi NTB yang menjadi rumah sakit rujukan pembalap MotoGP, Moto2, Moto3 dan Asia Talent Cup (ATC) yang mengalami kecelakaan.

1. Naik helikopter tanpa digotong

Marc Marquez Diangkut Pakai Helikopter Basarnas ke Rumah SakitMarc Marquez dikawal menuju helikopter di Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pantauan IDN Times di Helipad Sirkuit Mandalika, Marquez naik ke helikopter Basarnas tanpa digotong. Tetapi pembalap asal Spanyol tersebut berjalan dengan dikawal petugas Basarnas.

Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH yang dikonfirmasi di lokasi mengatakan memang ada satu pembalap yang dievakuasi ke RSUD Provinsi NTB. Namun Nanang menolak menyebutkan identitas pembalap tersebut karena alasan etika.

"Yang jelas ada pembalap yang mengalami kecelakaan kemudian kita angkut, ditangani di RSUD Provinsi NTB. Kami tak bisa menyebutkan nama siapa yang dibawa. Memang etikanya seperti itu. Satu orang yang dievakuasi adalah pembalap ke RSUD Provinsi NTB," tandasnya.

Baca Juga: Marc Marquez Terpental Dua Kali di Tanah Sengketa Sirkuit Mandalika

2. Waktu tempuh ke rumah sakit selama 12 menit

Marc Marquez Diangkut Pakai Helikopter Basarnas ke Rumah SakitIlustrasi rumah sakit. (IDN Times/Arief Rahmat)

Nanang menyebutkan waktu yang dibutuhkan dari Mandalika ke RSUD Provinsi NTB sekitar 12 menit. Setelah itu, helikopter yang mengevakuasi pembalap tersebut akan kembali ke Mandalika.

Terpisah, Direktur RSUD NTB, dr. Lalu Herman Mahaputra yang dikonfirmasi IDN Times masih belum memberikan tanggapan. Namun terlihat di Medical Center Sirkuit Mandalika petugas kesehatan cukup sibuk saat dilakukan evakuasi menuju helikopter Basarnas.

3. Marc terpental saat lakukan sesi warm up atau pemanasan

Marc Marquez Diangkut Pakai Helikopter Basarnas ke Rumah SakitMarc Marquez terpental di Sirkuit Mandalika pada saat Warm Up MotoGP (Motogp)

Tepat pada pukul 10:40 WITA, Minggu (20/3/2022) 24 rider MotoGP mulai memanaskan mesin pra race pamungkas MotoGP digelar.

Beberapa rider mulai baradu cepat. Rider tim Repsol Honda Marc Marquez kembali mendapat insiden parah di T7 Lintasan Sirkuit Mandalika.

Setelah memasuki menit ke 15 Warm Up yang dilakukan selama 20 menit, Marc Marquez terpental ke luar lintasan yang menyebabkan motor RC213V miliknya hancur.

Marc Marquez sempat terjungkal karena kecepatan sebelum akhirnya terpental ke luar lintasan tepat ke bawah bukit 360 di tikungan ke-7 Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Sesi Warm Up: Motor Marquez Hancur di Tikungan ke-7 Sirkuit Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya