Cukup Bayar Rp50 Ribu, Bisa Rasakan Sensasi Keliling Sirkuit Mandalika

Bisa rasakan sensasi keliling sirkuit pakai mobil balap

Mataram, IDN Times - Mulai 2024, Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dibuka untuk para wisatawan dan masyarakat umum. Cukup dengan membayar tiket Rp50 ribu per orang, wisatawan bisa merasakan sensasi keliling Sirkuit Mandalika menggunakan mobil bus terbuka yang dipakai parade pembalap MotoGP.

"Sekarang ke Sirkuit Mandalika tidak seperti dulu. Mulai Januari 2024, sudah bisa dibuka untuk umum. Siapapun boleh masuk ke Sirkuit Mandalika dengan cukup membeli tiket Rp50 ribu," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Maladi di Mataram, Rabu (21/2/2024).

1. Keliling Sirkuit Mandalika pakai mobil parade pembalap MotoGP

Cukup Bayar Rp50 Ribu, Bisa Rasakan Sensasi Keliling Sirkuit MandalikaKepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Maladi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Jamaluddin menjelaskan nantinya wisatawan atau masyarakat yang sudah membeli tiket akan keliling secara rombongan sebanyak 25 orang menggunakan mobil bus terbuka yang biasa digunakan parade oleh para pembalap MotoGP.

Untuk masuk areal sirkuit, wisatawan dikenakan biaya parkir Rp5 ribu untuk sepeda motor, mobil Rp10 ribu dan bus Rp20 ribu. Menurut Jamaluddin, Sirkuit Mandalika dibuka untuk umum setiap hari, bukan saja hari Sabtu dan Minggu.

"Bagi yang kepingin merasakan sensasi keliling sirkuit Mandalika, boleh sekarang. Sekali jalan 25 orang rombongan, bisa sambil foto selfie," terang Jamaluddin.

Baca Juga: Pertamina Merasa Dikambinghitamkan Soal Mahalnya Harga Tiket Pesawat

2. Bisa keliling sirkuit pakai mobil balap

Cukup Bayar Rp50 Ribu, Bisa Rasakan Sensasi Keliling Sirkuit MandalikaSirkuit Mandalika dengan pemandangan Pantai Seger. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain itu, kata Jamaluddin, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai pengelola sirkuit juga menyiapkan fasilitas penyewaan sepeda, motor dan mobil balap. Untuk warga NTB, diberikan diskon sebesar 50 persen bagi yang ingin merasakan sensasi Sirkuit Mandalika menggunakan mobil balap.

"Bagi warga lokal untuk sewa mobil selama satu jam, seharusnya Rp2 juta tapi diskon 50 persen bagi warga NTB jadi Rp1 juta bayarnya," ucap Jamaluddin.

3. Sirkuit Mandalika dijadikan destinasi wisata

Cukup Bayar Rp50 Ribu, Bisa Rasakan Sensasi Keliling Sirkuit MandalikaSirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Komandan MotoGP Mandalika 2023 ini, menambahkan bahwa Sirkuit Mandalika kini dijadikan destinasi wisata. Sirkuit yang megah dan indah itu sayang jika tidak dimanfaatkan dan hanya menunggu ketika ada event balap masyarakat boleh masuk.

Setelah dibuka, kata Jamaluddin, berdasarkan informasi MGPA banyak kunjungan wisatawan. Selama ini, wisatawan dari luar daerah banyak yang menghubungi Dinas Pariwisata NTB. Mereka ingin masuk ke dalam Sirkuit Mandalika tetapi tidak tahu bagaimana akses masuknya.

"Selama ini kita harus bersurat ke MGPA untuk difasilitasi untuk masuk sirkuit. Tetapi sekarang ITDC dan MGPA membuat aturan baru dengan cara siapa pun boleh masuk ke sana sekarang dengan cukup mengeluarkan duit Rp50 ribu," pungkas Jamaluddin.

Baca Juga: Jadwal Kapal DLU Lombok-Surabaya pada 21-25 Februari 2024

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya