21.274 Debitur BRI KC Mataram Terima KUR Senilai Rp734 Miliar

Jumlah pinjaman KUR masing-masing nasabah berbeda

Mataram, IDN Times – Pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang (KC) Mataram cukup tinggi. Selama 2022, BRI KC Mataram menyalurkan Rp734 miliar kepada 21.274 debitur. Sementara itu, selama Januari hingga Maret 2023, BRI menyalurkan Rp112,8 miliar kepada 2.905 debitur yang merupakan pelaku usaha mikro, kecil dan menangah (UMKM).

BRI KC Mataram menyalurkan KUR di tiga wilayah, yaitu Kota Mataram, Lombok Barat dan Lombok Utara. Jumlah yang diterima oleh debitur cukup beragam, mulai dari Rp25 juta hingga Rp50 juta.

“Penerima paling banyak itu di sektor perdagangan,” kata Pemimpin Cabang BRI KC Mataram, Yoggi Pramudianto Sukendro kepada IDN Times, Jumat (19/5/2023).

Salah satu penerima KUR BRI di Kota Mataram adalah Parhiatun. Dia mengucapkan rasa terima kasihnya kepada BRI karena sudah diberikan pinjaman melalui KUR. Uang itu digunakan untuk mengembangkan bisnisnya berupa usaha penjualan sembako.

Parhiatun mendapatkan pinjaman sebesar Rp25 juta. Uang itu digunakan untuk membeli barang untuk dijual kembali. Sejauh ini, usahanya itu berjalan dengan lancar. Pembayaran kredit juga berjalan lancar tanpa adanya kendala.

Dia mengaku untuk mendapatkan KUR itu tidak sulit. Dirinya hanya perlu menyiapkan sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi. Menurutnya, jika memang benar nasabah itu membuka usaha, maka sejumlah persyaratan itu tidaklah sulit untuk dilengkapi.

Beberapa persyaratan umum dari BRI kepada nasabah yang ingin mengajukan KUR, antara lain dapat membuktikan bahwa usahanya itu sudah berjalan lebih dari enam bulan dan hingga saat ini masih produktif. Selain itu, nasabah juga harus memastikan bahwa dirinya belum menerima KUR atau tidak sedang menjadi penerima dari bank lain. Usaha itu juga harus memiliki surat izin dari pemerintah desa atau pemerintah daerah setempat.

Berikut ini cara mengajukan KUR BRI secara daring:

  1. Buka portal https://kur.bri.co.id/ lewat browser
  2. Tekan menu ‘Ajukan Pinjaman KUR’
  3. Login dengan email dan kata sandi. Jika belum memiliki akun, tekan opsi ‘Daftar’ dan aktivasi dengan klik tautan
  4. Baca S&K dan apabila yakin, tekan kotak ‘Saya adalah nasabah BRI’ dan ‘Setuju dan Ajukan Pinjaman’
  5. Centang bagian CAPTCHA ‘I’m not a Robot’
  6. Isi formulir identitas yang terdiri atas jenis usaha, penghasilan, biaya usaha, nomor rekening BRI, serta lainnya
  7. Tekan tombol ‘Selanjutnya’
  8. Lengkapi informasi pengajuan berupa jangka waktu pembayaran dan nominal pengajuan
  9. Tekan menu ‘Hitung Angsuran’ untuk mengetahui jumlah angsuran.
  10. Tekan tombol ‘Ajukan Pinjaman’
  11. Tunggu proses verifikasi dan survei oleh petugas KUR BRI

Selain cara di atas, nasabah juga bisa mengajukan pinjaman KUR dengan langsung mendatangi kantor unit atau kantor cabang BRI terdekat. Cara lainnya adalah dengan mengajukan melalui agen BRILink di wilayah setempat.

Baca Juga: 8.406 Pelaku Usaha di Kota Mataram Gunakan QRIS BRI

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya