Kafe di Bima ini Gelar Fashion Show Waria Berbusana Seksi

Videonya viral, kafe ditutup paksa oleh aparat terkait

Kota Bima, IDN Times - Kafe Falcao di Kota Bima ditutup oleh Camat Rasana'e Barat, Jumat (20/1/2022). Penutupan tempat hiburan ini dibantu aparat gabungan TNI dan Satpol PP dan disaksikan langsung oleh Camat Rasana'e Barat, Suharni.

Sebelumnya, diketahui bahwa beberapa transpuan atau waria menggelar fashion show dengan tampilan seksi di kafe tersebut pada Sabtu malam. Kini video itu tengah viral di media sosial dengan mendapatkan komentar kecaman dari berbagai pihak.

1. Sebagai pelajaran bagi kafe yang lain

Kafe di Bima ini Gelar Fashion Show Waria Berbusana SeksiFoto kondisi Cafe Falcao di Kota Bima pasca ditutup pemerintah (IDN Times/Juliadin)

Dalam memimpin apel, Suharni mengatakan, pihaknya melakukan penyegelan terhadap Kafe Falcao karena meresahkan masyarakat.  Pihaknya telah mengizinkan transpuan menggelar fashion show akhir pekan lalu.

Penyegelan ini sebagai bentuk tindakan tegas pemerintah atas dilaksanakannya kegiatan LGBT. Termasuk sebagai pelajaran bagi kafe lain, agar tidak memberikan izin kegiatan serupa yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat.

"Ini pembelajaran bagi kafe-kafe dan tempat hiburan yang lain agar tidak melaksanakan kegiatan yang mengganggu kenyamanan dan kamtibmas," jelasnya.

Harusnya setiap ada kegiatan, pemilik cafe melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah sebelum membuat kegiatan malam. Sehingga bisa diketahui, apakah kegiatan yang dilaksanakan dapat mengganggu kenyamanan atau tidak.

"Biar keamanan wilayah terjamin," tegasnya.

Baca Juga: Polda NTB Dalami Bukti Aliran Dana Hasil TPPU Anggaran di STKIP Bima 

2. Fashion show berbusana seksi

Kafe di Bima ini Gelar Fashion Show Waria Berbusana Seksiilustrasi dokumen-dokumen kertas (pexels.com/pixabay)

Kepala Kesbangpol Muhammad Hasyim mengatakan, tindakan ini sudah dibahas dalam rapat koordinasi yang sebelumnya digelar. Bahkan pihaknya telah mengklarifikasi beberapa pihak, termasuk pemilik Cafe Falcao terkait video fashion show sekelompok waria yang viral. 

"Dari hasil klarifikasi itu, pemilik cafe mengetahui jika acara yang digelar merupakan perayaan ulang tahun seorang pemilik salon," terangnya.

Sayangnya pada saat acara dilaksanakan, ada aktivitas fashion show waria dengan pakaian seksi. Ironisnya, aktivitas fashion show itu divideokan dan diunggah di media sosial hingga viral di media sosial.

Menurut dia, aktivitas mereka sangat merusak tatanan sosial. Pakaian yang digunakan tidak sesuai dengan norma-norma agama yang dianut.

3. Pemilik kafe akui kesalahan

Kafe di Bima ini Gelar Fashion Show Waria Berbusana SeksiIlustrasi Cafe

Sementara itu, pemilik Cafe Falcao, M Yanuar, yang dikonfirmasi menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas kejadian tersebut. Pihaknya telah lalai dan  mengizinkan kegiatan tersebut.

"Sebenarnya acara permohonan izin ulang tahun. Saya gak tahu diselipkan acara game show seperti dalam video viral itu," katanya.

Meski begitu, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya sebelum penutupan cafe miliknya tersebut. Mulai dari koordinasi dengan pihak DPMPTS terkait perizinan hingga membuat surat pernyataan ke kantor polisi.

"Kami terima penyegelan ini. Tapi jangan sampai mematikan usaha kami," pungkasnya.

4. Pihak Pol PP bungkam

Kafe di Bima ini Gelar Fashion Show Waria Berbusana Seksigambaraneka1.blogspot.com

Kasatpol Kota Bima, M Noer yang dikonfirmasi siang ini tidak menampik ikut menyegal Cafe Falcao pada Jumat kemarin. Namun dia enggan berkomentar banyak perihal batas waktu penyegelan tempat hiburan malam tersebut.

"Dari kami pihak Pol PP no komen. Nanti kami akan koordinasi dengan Kesbangpol soal batas waktu penyegelan. Ma'af ya," katanya dikonfirmasi, Sabtu (21/1/2022).

Pantauan langsung di lokasi,  tampak situasi di Cafe Falcao siang ini sepi dari pengunjung. Kemudian di sejumlah dinding dan tiang bangunan tertulis surat edaran penutupan Cafe Falcao oleh Pemkot Bima.

Baca Juga: Kasus DBD di Bima Melonjak, Pasien Rebutan Ranjang Perawatan di RS

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya