Total Investasi Pembangunan Sirkuit Mandalika Mencapai Rp3,6 Triliun

Erick Thohior minta masyarakat lokal dilibatkan

Lombok Tengah, IDN Times - Pemerintah Indonesia berhasil memboyong kembali event MotoGP setelah vakum 25 tahun silam. Untuk menggelar kembali event MotoGP di Sirkuit Peramina Mandalika, Indonesia membutuhkan dana yang tak sedikit.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan total anggaran investasi pada pembangunan seluruh infrastruktur Sirkuit Mandalika mencapai Rp3,6 triliun. Hal itu disampaikan setelah memeriksa kesiapan event MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, Jumat (11/3/2022) sore. 

1. Ada catatan untuk event MotoGP di Mandalika

Total Investasi Pembangunan Sirkuit Mandalika Mencapai Rp3,6 TriliunMenteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Erick Thohir memberi catatan khusus kepada pengelola Sirkuit Pertamina Mandalika. Baik dari PT Indonesia Tourism Development Corporation, Mandalika Grand Prix Association dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara selaku tuan rumah penyelenggara event MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika.

"Marcendise MotoGP harus dipermak lebih bagus. Harus memiliki khas yang menggambarkan Sirkuit Pertamina Mandalika," kata Erick saat memberi arahan di tribun VIP Deluxe Class bersama Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah dan seluruh jajaran PT ITDC.

Erick juga mengevaluasi masalah tribun penonton di sejumlah titik area Sirkuit Mandalika. Khusus di Tribun Premium Granstand, kata Erick, kursi penonton harus ditata lebih rapi.

"Saya rasa kursinya disamakan ini warnanya. Ini sudah sesuai dengan desain, kedepan nanti kita samakan," kata Erick.

Baca Juga: Peserta: Lombok Writers Festival 2022 Sangat Berkesan!

2. Minta pelibatan masyarakat lokal

Total Investasi Pembangunan Sirkuit Mandalika Mencapai Rp3,6 TriliunSituasi di luar Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Menurut Erick, dengan dibangunnya Sirkuit Pertamina Mandalika, pengelola kawasan harus melibatkan warga lokal selama gelaran event MotoGP. 

Dia meminta agar Pemda NTB dan pengelola Sirkuit Mandalika dalam hal ini PT ITDC dan MGPA memberikan ruang lebih bagi masyarakat lokal yang tinggal di Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Selain itu, mantan ketua tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf ini juga meminta kepada pengelola kawasan Sirkuit Mandalika untuk selalu menjaga tata kelola Sirkuit Mandalika. 

"Saat event jangan sampai ada sampah di mana-mana. Ketika banyak pengunjung yang hadir, jangan sampai tidak maksimal. Namanya (Sirkuit Pertamina Mandalika, red) tujuan wisata ya penting ada support penduduk lokal," ujar Erick.

3. Investasi cukup besar

Total Investasi Pembangunan Sirkuit Mandalika Mencapai Rp3,6 TriliunMenteri BUMN Erick Thohir bersama Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah dan Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo nikmat kursi tribun kelas Premium granstand Zona A IDN Times/Ahmad Viqi

Erick menjelaskan total investasi pembangunan seluruh infrastruktur di Sirkuit Mandalika capai Rp3,6 triliun. Dana yang cukup besar  dari Pemerintah itu untuk merapikan pembangunan side event dan semua infrastruktur di Sirkuit Pertamina Mandalika. Seperti jalan Bypass Kuta-Kruak, BIL-Mandalika dan seluruh fasilitas penunjang di area Sirkuit Mandalika.

Erick mengatakan progress pembangunan infrastruktur di Mandalika sepekan sebelum event MotoGP hanya menyisakan beberapa poin pembangunan. Seperti tiga blok tribun VIP di atas bukit 360 dalam area Sirikuit Pertamina Mandalika. 

"Untuk bukit 360 itu saya yakin bisa selesai. Indonesia ini kan, kalau kerja Rorojonggrang kan paling jago kan," pungkas Erick.

Dia juga memberikan warning terkait ketersediaan jumlah toilet umum selama event MotoGP.

"Jangan sampai saat event itu membawa isu toilet. Kita juga pastikan tidak ada kegiatan sebelum sesi balapan selesai. Kita juga minta agar waktu ada balapan tidak ada yang macam-macam," pungkasnya.

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik tentang Sirkuit Mandalika di Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya