Toprak Juara WSBK 2021 Mandalika Usai Unggul 25 Poin dari Jonathan Rea

Toprak vs Rea berhasil membuat penonton histeris

Lombok Tengah, IDN Times - Race 1 balap motor Internasional World Superbike (WorldSBK) berlangsung dramatis di Sirkuit Pertamina Mandalika Minggu (21/11/2021). Pembalap PATA Yamaha Toprak Razgatlioglu berhasil mengakhiri tren juara Jonathan Rea selama lima tahun terakhir.

Toprak berhasil keluar sebagai Juara Dunia WSBK setelah pertarungan luar biasa sejak lap pertama berlangsung.

1. Rebut juara dunia

Toprak Juara WSBK 2021 Mandalika Usai Unggul 25 Poin dari Jonathan ReaToprak berhasil keluar sebagai juara dunia di Pertamina Mandalika/dok. WorldSBK.com

Dilansir laman WorldSBK.com Toprak keluar sebagai juara baru. Dia telah dinobatkan dalam juara pada Kejuaraan Dunia Superbike MOTUL FIM di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Pembalap asal Turki ini bersama Tim Brixx WorldSBK merebut gelar setelah Race 1 yang dramatis dan intens di Sirkuit Pertamina Mandalika bersama Jonathan Rea dari pabrikan Kawasaki Racing Team WorldSBK.

Race 1 memang dimenangkan Jonathan Rea. Namun mendapat posisi kedua, poin  Toprak sudah cukup untuk menjadikannya sebagai juara dunia.

2. Balapan berlangsung sengit

Toprak Juara WSBK 2021 Mandalika Usai Unggul 25 Poin dari Jonathan ReaRea, Toprak dan Redding berebut posisi IDN Times/Ahmad Viqi

Sejak lap pertama berjalan, Toprak kehilangan pijakan saat lampu padam pada balapan 20 putaran itu. Tetapi berjuang kembali untuk memimpin balapan di awal Lap 3 setelah menyalip Jonathan Rea.

Di belakang, Axel Bassani Motocorsa Racing melewati lapangan untuk memimpin balapan setelah melewati Rea di Lap 4 di Tikungan 12 dan kemudian Razgatlioglu di Lap 5 di Tikungan 10.

Di akhir Lap 5, Rea memaksa menerobos Bassani di pintu keluar Turn 16 sebelum Toprak melanjutkan di Turn 1 di awal Lap 16. Rea dan Toprak bertukar tempat pertama sepanjang Lap 6. 

Rea akhirnya merebut kembali memimpin dan mulai memukul sekitar dengan sisa 6 lap terakhir. Padahal pada Lap 9, Toprak memimpin dengan memindahkan Rea di Turn 10. Namun pada Lap 10 Rea melewati Toprak di Turn 16.

Toprak juga sempat kesulitan melewati Scott Redding pada 7 lap terakhir. Namun akhirnya Toprak menempati posisi kedua dari Rea pada 5 Lap terakhir.

Rea terus memimpin balapan pada Lap 16. Sebelum Redding kehilangan posisi mencoba untuk menanggapi langkah Rea yang memungkinkan Razgatlioglu untuk menutup jarak.  Toprak berhasil mengunci gelar juara pada Lap 18 di Tikungan 1. 

3. Selisih 25 poin

Toprak Juara WSBK 2021 Mandalika Usai Unggul 25 Poin dari Jonathan ReaToprak selebrasi usai juara di Mandalika/dok. WorldSBK.com

Toprak akhirnya menutup celah raihan juara Rea sepanjang dua lap terakhir. Kendati di posisi kedua di belakang Rea untuk merebut 2021 dengan selisih 25 poin.

Posisi poin Toprak telah memenangkan lebih banyak balapan full-length daripada Rea dengan Tissot Superpole Races tidak dihitung jika seri. 

"Tiga teratas di Kejuaraan sekarang terkunci di tempatnya Toprak di posisi pertama, Rea di posisi kedua dan Redding di posisi ketiga," tulisnya.

Dengan selisih 25 poin Toprak juga berhasil mengumpulkan 551 poin disusul Rea dengan 526 poin dan posisi ketiga ditempati oleh Redding 481 poin.

4. Gelar juara pertama sejak 2009

Toprak Juara WSBK 2021 Mandalika Usai Unggul 25 Poin dari Jonathan ReaToprak dan Rea adu sengit di Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Dengan hasil balapan Race 1 WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika, Toprak telah memegang erat gelar pertama Yamaha sejak musim 2009.

Bintang Turki ini berhasil juara WSBK di Mandalika pada usia 25 tahun. Selain itu, kemenangan Rea di Mandalika berhasil  menjadi kemenangannya di 21 sirkuit berbeda.

"Itu berarti Toprak telah mengklaim gelar pertama Yamaha sejak musim 2009," katanya.

Berikut enam besar berikut WorldSBK Race 1 di Mandalika: 

1. Jonathan Rea

2. Toprak Razgatlioglu +0.670s 

3. Scott Redding +2.155s 

4. Andrea Locatelli +7.644 detik 

5. Axel Bassani +8.133 detik

6. Michael van der Mark +9.809 detik.

5. Penonton terhibur

Toprak Juara WSBK 2021 Mandalika Usai Unggul 25 Poin dari Jonathan ReaPenonton WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Saat Race 1 WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika berlangsung semua penonton histeris. Apalagi saat Toprak beradu tangkas dengan Rea. 

"Ini seru. Apalagi Toprak dan Rea ini rebut juara. Semoga Rea menang," ujar penonton asal Madura, Ibank di Tribun depan Garis Start atau Premiere Grandstand C SEC.1.

Siapa pun yang menjadi juara nanti kata Ibank, ia merasa terhibur melihat keseruan event balap motor Internasional World Superbike di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya