Comscore Tracker

Sirkuit Mandalika Siap Gelar World Superbike November Ini

Pengaspalan lintasan sudah rampung

Lombok Tengah, IDN Times – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok, NTB, telah menyelesaikan pengaspalan trek utama Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok.

Pengaspalan sepanjang 4,31 KM Jalan Kawasan Khusus (JKK) The Mandalika Mandalika International Street Circuit rampung pada, Minggu (15/8/2021) kemarin.

Baca Juga: 10 Pembalap yang Pernah jadi Juara di MotoGP dan Superbike

1. Gubernur NTB: Ini hadiah HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia

Sirkuit Mandalika Siap Gelar World Superbike November IniGubenur NTB saat meresmikan Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok/Dok. Pemprov NTB

Penyelesaian pekerjaan pengaspalan pada trek utama ditandai dengan seremoni yang digelar di area tikungan 2 dan 3 Mandalika International Street Circuit.

Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H Zulkieflimansyah mengatakan dua tahun lalu, semua tidak akan percaya sirkuit bisa selesai.

Dengan selesainya pengaspalan Sirkuit MotoGP Mandalika, kata Zul, sekaligus memberikan hadiah kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

"Kita bisa membuktikan kepada audiens Indonesia dan dunia bahwa dari tempat yang tidak ada sebelumnya, kita mampu membangun sirkuit dengan kualitas yang tidak kalah dari sirkuit lain di dunia," kata Zul.

Ia pun meminta jajaran Pemprov NTB, Pemkab Lombok Tengah dan semua pihak untuk membantu ITDC dalam mensukseskan penyelenggaraan MotoGP di Mandalika Lombok. 

2. Sirkuit Mandalika Lombok siap gelar WSBK Superbike November

Sirkuit Mandalika Siap Gelar World Superbike November Initwitter.com/ducaticorse

Dikatakan Gubernur melihat progres pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika sebisa mungkin jajaran Pejabat Provinsi NTB untuk bergandengan tangan menyiapkan event motor internasional FIM WSBK

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada ITDC yang telah bekerja keras mewujudkan semua ini. Semoga dua bulan lagi, kita kembali berdiri di sini untuk membuka balapan WSBK," kata Zul.

3. Sejarah bagi dunia otomotif Indonesia

Sirkuit Mandalika Siap Gelar World Superbike November IniGubernur NTB H Zulkieflimansyah resmikan pengaspalan Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok/dok. Pemprov NTB

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan hari merupakan hari bersejarah bagi Indonesia.

"Alhamdulillah, Kami telah menyelesaikan pengerjaan pengaspalan Main Track Mandalika International Street Circuit," katanya.

Penyelesaian Sirkuit Mandalika dengan 17 tikungan merupakan kado atau persembahan kami untuk Indonesia dalam menyambut HUT ke 76 Republik Indonesia yang diperingati pada 17 Agustus. 

"Penyelesaian pengaspalan ini juga menunjukkan hasil dari kerja keras dan kerja sama kita semua dalam mewujudkan mimpi kita untuk menghadirkan Sirkuit kelas dunia," katanya.

4. Sirkuit MotoGP Mandalika bisa dilalui kecepatan di atas 300 KM per jam

Sirkuit Mandalika Siap Gelar World Superbike November IniPeresmian aspal Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Abdulbar menambahkan, pekerjaan penghamparan aspal pada main track menggunakan 3 unit alat finisher dengan teknologi satelit yang menjamin kualitas permukaan dan kemiringan sesuai desain.

Serta kata dia, pengerjaan diawasi langsung oleh tenaga profesional.

Hal ini pun menjadikan Mandalika International Street Circuit sebagai salah satu sirkuit yang bisa menawarkan kecepatan hingga 330 km per jam.

Ia pun memastikan kemanan pebalap di Sirkuit MotoGP Mandalika memiliki tingkat keamanan yang tinggi bagi pembalap.

"Yang jelas kami sekarang fokus untuk meningkatkan fasilitas pendukung untuk menyambut pelaksanaan event balap motor Internasional FIM WSBK pada 12-14 November 2021 mendatang,” terang Abdulbar.

Secara keseluruhan, pekerjaan konstruksi pembangunan Mandalika International Street Circuit capai sekitar 92 persen.

Baca Juga: Pengaspalan Sirkuit Mandalika Tuntas, Kado HUT ke-76 Indonesia

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya