Comscore Tracker

Selain MotoGP, Ini Destinasi Olahraga Mandalika yang Patut Dicoba

Mandalika dicanangkan sebagai “Sport Tourism Destination”

Praya, IDN Times - Pembangunan area Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika menjadi Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) The Mandalika terus dikebut.

Dikelola oleh PT Tourism Development Corporation (ITDC), kawasan DPSP The Mandalika dicanangkan bisa menyemai The Nusa Dua Bali. 

Area KEK Mandalika terdapat paralayang Trip of Indonesia (TROI) di Kuta Beach Park, motor cross di area Pantai Seger, Mandalika Offroad Championship.

Selain itu, ajang kompetisi berselancar (surfing) internasional yang berlangsung di Pantai Seger juga siap meramaikan MotoGP Mandalika.

Baca Juga: Kunjungi Sirkuit Mandalika, Sandi: Rampung Agustus 2021

1. Beragam sport tourism destination disuguhkan di Mandalika

Selain MotoGP, Ini Destinasi Olahraga Mandalika yang Patut DicobaSuasana pantai Kuta Mandalika IDN Times/ Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Selain sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK). Kawaan Mandalika juga dicanangkan sebagai Destinasi Pariwisata Olahraga atau yang lebih dikenal dengan “Sport Tourism Destination”.

Direktur Utama PT. ITDC Abdulbar M. Mansoer menyebutkan, selain melakukan pengembangan pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika, pihaknya juga berencana melakukan mengembangkan KEK Mandalika sebagai destinasi olahraga.

"Seluruh infrastruktur MotoGP Mandalika agar diselesaikan tepat waktu. Event ini sebisa mungkin bisa diselenggarakan dengan menerapkan protokol COVID-19 yang ketat," kata Mansoer, Rabu (27/1/2021) pekan ini.

2. Pengunjung bisa berolahraga renang dan lari di KEK Mandalika

Selain MotoGP, Ini Destinasi Olahraga Mandalika yang Patut DicobaSuasana spot Wisata di KEK Mandalika IDN Times/dok. Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Dikatakan Mansoer, pengunjung di The Mandalika juga bisa menikmati Triathlon Trial di kawasan The Mandalika dengan melakukan kegiatan olahraga renang di Pantai Tanjung Aan sepanjang 500 meter, lalu dilanjutkan dengan bersepeda sepanjang 7 kilometer ke arah West Gate The Mandalika.

"Arena running juga kita siapakan dengan jarak tempuh sepanjang 2,5 kilometer sampai Kuta Beach Park," kata Mansoer.

3. Kawasan KEK Mandalika memiliki jalur sepeda

Selain MotoGP, Ini Destinasi Olahraga Mandalika yang Patut DicobaKemenparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Lombok NTB menggunakan Sepeda Listrik di KEK MandalikaIDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Selain itu, The Mandalika juga didesain sebagai tempat sport tourism. Karena, selain bisa berenang di Pantai Kuta dan Tanjung Aan Mandalika, pengunjung juga bisa mencoba bersepeda dan berlari di KEK Mandalika.

"Bagi pengunjung yang gemar gowes atau bersepeda, bisa menikmati track yang telah disediakan sepanjang area KEK Mandalika," jelasnya.

The Mandalika pun kata Mansoer disiapkan untuk arena olahraga apapun dan siap menjadi destinasi wisata olahraga unggulan di Indonesia.

4. ITDC menyiapkan Spot Paragliding di Bukit Prabu dan Are Guling

Selain MotoGP, Ini Destinasi Olahraga Mandalika yang Patut DicobaSpot paragliding di KEK Mandalika Lombok/Dok. LombokKita.com

Selain menggelar Event MotoGP dan Motul Superbike World Championship, kawasan The Mandalika juga bakal disuguhi dengan 5 pantai, bukit dan gunung.

Area perbukitan di Kawasan The Mandalika kata Mansoer bisa digunakan untuk treking serta kegiatan olahraga paralayang atau paragliding. 

Khusus Spot paralayang, pengunjung bisa menikmati di Bukit Pantai Are Guling. Selain itu, spot paralayang juga bisa dinikmati di Bukit Prabu Kuta Mandalika.

"Jadi, kami sangat welcome sekali apabila Kemenparekraf dan komunitas olahraga lainnya ingin memanfaatkan fasilitas kami," kata Mansoer.

Ia pun berharap agar komunitas olahraga yang ada di NTB dan seluruh Indonesia bisa berkoordinasi dan berkolaborasi dengan ITDC untuk mulai menyusun eventnya sepanjang tahun 2021 menjelang Event MotoGP 2021 digelar.

Sesuai target, kata Mansoer, MotoGP Mandalika diperkirakan dapat menarik penonton hingga mencapai 160 ribu orang.

"Ini kita lakukan supaya bisa meningkatkan semangat dan motivasi serta agar gaung MotoGP ini bisa terasa di seluruh wilayah Nusantara," pungkas Mansoer.

Baca Juga: MotoGP Kembali Rilis Kalender Sementara, Mandalika Masih Cadangan 

Topic:

  • Ahmad Viqi
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya